Matahari Lanjutkan Ekspansi Pembukaan Toko Baru

Matahari Lanjutkan Ekspansi Pembukaan Toko Baru
Sejumlah koleksi busana ditampilkan di gerai Matahari Department Store, Palu, Sulawesi Tengah, 7 Oktober 2018. ( Foto: Istimewa )
Herman / FER Kamis, 20 Februari 2020 | 16:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Matahari Department Store pada 2020 ini masih akan terus melanjutkan ekspansinya dengan membuka beberapa toko ritel di berbagai kota di Indonesia, di tengah enjamurnya tren belanja online.

Matahari Buka Gerai OVS Kids Mono Store

Wakil Komisaris Utama (Independen) Matahari Department Store, Roy N Mandey mengungkapkan, setiap tahunnya Matahari umumnya membuka antara empat hingga lima store baru.

"Dalam ritel itu, pertumbuhanya adalah berdasarkan ekspansi. Dalam hal ini, Matahari juga akan terus berekspansi dengan pembukaan store-store baru. Kami juga diperkuat dengan manajemen tim yang baru yang diharapkan dapat memberikan penyegaran terhadap Matahari untuk membangun suatu manajemen tim yang lebih kuat lagi untuk memanjukan Matahari,” kata Roy Mandey saat ditemui di acara CEO Power Breakfast yang digelar Beritasatu Media Holdings, di Hotel Arya Duta, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Dikatakan Roy, pertumbuhan store Matahari ini juga sangat bergantung pada pertumbuhan properti mal di daerah, serta melihat potensi pembukaan toko baru di kota-kota yang belum memiliki ritel modern atau department store. Hingga akhir 2019, Matahari sudah memiliki 159 store yang tersebar di 75 kota di seluruh Indonesia.

Dalam menjalankan bisnisnya, Matahari menyasar segmen masyarakat menegah ke atas. Menurut Roy, segmen masyarakat ini lebih stabil dalam membelanjakan uangnya, sehingga dalam menghadirkan produk dan layanan pun disesuaikan dengan kebutuhan segmen tersebut.

Matahari Buka Gerai Full-Format OVS Pertama

“Segmen menengah ke atas ini memiliki daya beli yang stabil dalam mengeluarkan uangnya untuk berbelanja, sehingga Matahari perlu mengikuti lifestyle mereka. Karena punya uang, tentunya mereka juga memiliki kemampuan untuk memilih tempat berbelanja. Jadi kita perlu menghadirkan produk-produk yang mendukung gaya hidup mereka dan memberikan pengalamn berbelanja yang menyenangkan. Produk yang ditawarkan juga tidak hanya murah, tetapi juga berkualitas,” kata Roy.

Matahari saat ini juga menjalankan strategi omni channel untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin tinggi. Strategi ini, menurutnya, penting dilakukan agar industri ritel modern tetap bertahan dan terus bertumbuh di tengah menjamurnya tren belanja online.

"Omni Channel merupakan substansi dasar dari setiap retail modern, termasuk Matahari. Konsep ini memberikan pengalaman berbelanja yang tidak hanya di toko fisik, tetapi juga secara online,” tambah Roy.



Sumber: BeritaSatu.com