Kemhub Ajak Belanda Ikut Proyek Kerja Sama Bandara

Kemhub Ajak Belanda Ikut Proyek Kerja Sama Bandara
Ilustrasi Bandara. ( Foto: Istimewa )
Thresa Sandra Desfika / WBP Selasa, 10 Maret 2020 | 12:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah mengharapkan perusahaan-perusahaan Belanda bisa berpartisipasi dalam proyek kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) dalam pengembangan dan pengelolaan bandara di Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) Novie Riyanto menyampaikan, pemerintah mengadakan Forum Penerbangan Sipil Indonesia-Belanda di Jakarta, Selasa (10/3/2020). Forum tersebut membahas sejumlah potensi penguatan kerja sama penerbangan, termasuk kemungkinan kerja sama pengelolaan bandara.

Baca juga: Pengelolaan 3 Bandara di Sekitar Ibu Kota Baru Akan Digabung

"Mereka (Belanda) bisa joint kelola bandara kita. Mereka juga bisa untuk konsultasi ke kita terkait teknologi, capacity building, training. Jadi memang (potensi kerja sama) lebih untuk kebandarudaraan," kata Novie Riyanto di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Baca juga: Konstruksi Bandara Singkawang Ditargetkan Mulai Tahun Depan

Novie menambahkan, pihaknya sangat mengharapkan Belanda turut berpartisipasi dalam proyek KPBU pengembangan dan pengelolaan bandara. Dengan demikian, jaringan konektivitas bandara-bandara nasional bisa lebih luas lagi di kancah internasional.

"Harapan kita, mereka (Belanda) bisa partisipasi untuk PPP (public private partnership) kelola airport misalnya. Harapannya itu jadinya nanti jaringan airport kita besarnya lebih terkoneksi," terang Novie Riyanto.



Sumber: BeritaSatu.com