Jokowi Ajak HKTI Budidaya Durian Berkualitas

Jokowi Ajak HKTI Budidaya Durian Berkualitas
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Novy Lumanauw / WBP Kamis, 12 Maret 2020 | 12:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak jajaran Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) turut berpartisipasi aktif dalam pembudidayaan buah durian berkualitas di Tanah Air.

“Permintaan buah durian dari Tiongkok, bukan besar, tapi buesaaaar sekali. Tapi kita tidak bisa mensuplai dengan kualitas yang diinginkan oleh mereka,” kata Presiden Jokowi pada pembukaan The 2nd Asian Agriculture & Food Forum (ASAFF) Tahun 2020 Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Bangkitkan Pertanian, HKTI Dukung Kemtan Hadirkan Kostratani

Ia mengatakan, durian asal Indonesia, ada yang enak rasanya dan ada juga yang tidak enak. Saat ini, banyak daerah di Tanah Air yang mulai membudidayakan durian. “Campur-campur rasanya. Saya pernah membeli durian harganya mahal, barangnya saya lihat bagus, saya pakai untuk hadiah ulang tahun Ibu Jokowi. Saya beli satu saja. Ketika sampai di rumah dibuka, ternyata tidak enak,” kata Presiden Jokowi. 

Baca juga: Jokowi: Sektor Pertanian Berkontribusi Tingkatkan Ekspor

Ia berharap, HKTI sebagai salah satu induk organisasi pertanian dapat menciptakan sebuah manajemen pembibitan yang berdaya saing sehingga penanaman durian dapat menghasilkan buah durian yang enak. “Barang yang berasal dari kebun itu enak-enak semuanya karena ada manajemen pembibitan yang bagus, spesies durian yang memang betul-betul baik. Saya yakin HKTI bisa,” ujar Presiden Jokowi.

Hadir dalam acara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Ketua Umum HKTI Moeldoko.



Sumber: BeritaSatu.com