Inilah Ferdie Darmawan, Pelaku Industri Keuangan Milenial

Inilah Ferdie Darmawan, Pelaku Industri Keuangan Milenial
Ferdie Darmawan. ( Foto: dok )
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 18 Maret 2020 | 10:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Di usianya yang baru kepala tiga, Ferdie Darmawan, yang akrab disapa Ferdie, telah memiliki aset dan penghasilan miliaran rupiah. Ini semua bukanlah sebuah kebetulan melainkan hasil dari kerja kerasnya sejak di bangku kuliah.

“Jika ingin sukses di usia muda, Anda harus paham ilmu investasi & perencanaan keuangan”, itulah prinsip hidup dari Ferdie Darmawan, CFP®, QWP®, AEPP®, seorang entrepreneur, perencana keuangan, dan penulis buku investasi best seller Investor Sibuk.

Perkenalannya dengan industri keuangan dimulai tahun 2007 saat ia duduk di bangku kuliah. Saat itu, Ferdie kuliah di jurusan Teknik Kimia ITB (Institut Teknologi Bandung). Alasan memilih jurusan ini sangat sederhana karena pada saat lulus SMA di tahun 2006, ia menjadikan tantenya yang jebolan lulusan Teknik Kimia sebagai role model kehidupannya karena pada saat itu tantenya telah memiliki mobil mewah dan supir pribadi serta kehidupan yang nyaman.

“Selepas lulus SMA, saya bingung mau memilih jurusan apa, makanya saya cari role model kira-kira siapa yang lifestyle kehidupannya sesuai dengan yang saya mau. Kebetulan tante saya menduduki jabatan tinggi di sebuah perusahaan manufaktur dan ia lulusan Teknik Kimia” ujar Ferdie.

Tak disangka-sangka, di tahun 2007 pada saat Ferdie berkunjung kembali ke rumah sang tante, ia pun kaget karena mobil & supir pribadinya sudah tidak ada lagi karena ditarik perusahaan tempat tantenya bekerja.

“Ternyata, semuanya adalah fasilitas kantor dan pada saat itu tante saya berpindah tempat kerja & mengajukan pensiun.” timpal Ferdie.

Momen itulah yang membuatnya sadar untuk mempelajari hal lain di luar ilmu teknik dan bergabung dengan komunitas pasar modal di kampusnya. Ia pun memulai investasinya di pasar modal dan mendapatkan profit yang luar biasa.

Ia pun merasa bahwa passionnya justru di industri keuangan. Modal investasinya ia dapatkan dari tabungan pribadi hasil berjualan. Kebetulan sejak di bangku sekolah dasar, Ferdie sudah gemar berjualan, mulai dari berjualan makanan, pakaian, hingga CD lagu.

Di tahun 2010, Ferdie membaca buku Secret of Self Made Millionaire karya Adam Khoo dan Multiple Stream of Income karya Robert G. Allen.

Buku ini menjelaskan bahwa untuk mencapai kebebasan finansial, seseorang tidak boleh hanya bergantung pada satu sumber penghasilan. Ada empat jenis sumber penghasilan pasif yang dapat dibangun, yakni melalui investasi, bisnis, royalti intelektual, dan komisi penjualan.

“Keempat sumber penghasilan inilah yang mau saya bangun dan kebetulan pada saat itu saya masih kuliah dan hanya punya sedikit waktu, makanya yang saya kerjakan berikutnya selain investasi adalah menulis buku & menyusun produk digital (penghasilan dari royalti intelektual)” ujar Ferdie menambahkan.

Sekedar informasi, Ferdie Darmawan adalah penulis buku investasi best seller Investor Sibuk yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan terjual lebih dari 12.000 eksemplar pada tahun 2010. Pada saat yang sama, ia juga meluncurkan online course Investor Sibuk yang memiliki lebih dari 3.000 member aktif.

Di tahun 2012, Ia mulai investasi di sektor properti dan di tahun 2013 ia mulai membangun bisnis jaringan distribusi produk keuangan lewat bendera Power of One Network dengan ribuan partner bisnis di seluruh Indonesia.

Power of One Network atau lebih akrab dikenal sebagai PO1 Network adalah salah satu komunitas jaringan distribusi produk asuransi terbesar di Indonesia yang berpartner dengan salah satu perusahaan jasa keuangan terkemuka di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan.

Lewat PO1 Network, Ferdie menghadirkan terobosan baru di industri asuransi dengan meluncurkan digital support system pertama dan satu-satunya di Indonesia bernama PO1 Network Affiliate Partnership Program.

Menurutnya, kunci dari membangun jaringan bisnis distribusi produk asuransi adalah ‘duplikasi’. Lewat program PO1 Affiliate ini, setiap partner bisnis akan diberikan tools duplikasi canggih berupa online academy, personal website, social media post template, hingga mobile apps di Android dan iOs.

Tidak hanya itu, fokus utama dari program ini adalah memberikan edukasi finansial kepada calon nasabah dan juga partner bisnis.

“Selain program partnership, PO1 Network juga memiliki program edukasi keuangan online yang tidak hanya membahas mengenai asuransi melainkan seputar investasi & perencanaan keuangan bernama Income Mastery Academy”, ujar Ferdie selaku Chairman dari Power of One Network.

 



Sumber: PR