Dukung Social Distancing, PTPP Terapkan Partial Work From Home

Dukung Social Distancing, PTPP Terapkan Partial Work From Home
Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk, Lukman Hidayat, saat memberikan sambutan di acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 perseroan, Senin (26/8/2019). (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 19 Maret 2020 | 09:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT PP (Persero) Tbk (PTPP), mendukung program pemerintah dalam penerapan kebijakan social distancing akibat merebaknya wabah virus corona atau covid-19.

Baca Juga: PTPP Bersiap Buyback Saham

Kebijakan social distancing atau menjaga jarak sosial berupa bekerja, belajar dan beribadah dari rumah, harus dilakukan oleh segenap lapisan masyarakat agar penyebaran covid-19 tidak meluas.

Mendukung program tersebut, perseroan mulai memberlakukan partial work from home (WFH) dimana sebagian karyawan bekerja dari rumah dan sebagian lainnya bekerja di kantor sejak Rabu (18/3/2020).

Direktur utama PTPP, Lukman Hidayat, mengatakan, pencegahan penyebaran wabah virus corona atau covid-19 harus serius untuk ditanggulangi bersama dengan seluruh lapisan masyarakat.

"Demi mendukung program pemerintah, PTPP telah menerapkan partial work from home, dimana sebagian besar karyawan bekerja dari rumah dan sebagian lagi di kantor secara shift (bergantian) selama dua pekan kedepan," ujar Lukman Hidayat dalam keterangan resminya yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Baca Juga: Social Distancing Efektif Cegah Penularan Corona

Lukman mengatakan, langkah tersebut diambil oleh perseroan untuk mencegah para karyawan terkena dampak penyebaran virus covid-19. "Para karyawan dapat dengan mudah bekerja dari rumah dengan mengakses aplikasi teknologi yang dimiliki oleh PTPP," ujarnya.

PT PP (Persero) Tbk (PTPP), mendukung program pemerintah dalam penerapan kebijakan social distancing

Menurut Lukman, pelaksanaan WFH tersebut ditunjang oleh infrastruktur teknologi informasi yang telah dimiliki perseroan. Dimana dengan aplikasi tersebut, para karyawan dapat mengaksesnya dari rumah. "Aplikasi teknologi yang dimiliki perseroan dapat diakses oleh seluruh karyawan baik untuk aspek manajerial, komunikasi dan kolaborasi, serta operasi," jelasnya.

Dari aspek manajerial, manajemen dan karyawan dapat mengakses aplikasi corporate dashboard dan daily task controlling (menggunakan software Microsoft Planner).

Sedangkan untuk melakukan komunikasi dan kolaborasi untuk pihak internal maupun eksternal, manajemen dan karyawan perseroan dapat dilakukan dengan video conference (menggunakan software Microsoft Teams), corporate email (software Microsoft Exchange Online) dan ECM (software Micrososft Sharepoint).

Dari sisi operasi, manajemen dan karyawan dapat menggunakan program ERP SAP, SAP SuccessFactors (SiaPP) dan 17 aplikasi internal yang dimiliki oleh perseroan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kembali Resmikan Proyek PTPP

"Dengan infrastruktur teknologi informasi yang telah dimiliki oleh perseroan saat ini, akan memudahkan manajemen dan karyawan untuk melakukan pekerjaannya dari rumah dan dapat dengan mudah berkomunikasi serta melakukan koordinasi dengan karyawan lain yang bekerja di kantor," tandas Lukman Hidayat.



Sumber: BeritaSatu.com