Imbas WFH, Penggunaan Internet di Jatim Naik 13%

Imbas WFH, Penggunaan Internet di Jatim Naik 13%
General Manager Network Operation and Quality Management Region Jawa Timur Telkomsel Permata Jaya Simarmata (kiri) dan General Manager Consumer Sales Region Jawa Timur Telkomsel, Erick Noviantoro (kanan) saat video conference untuk mendukung program pemerintah physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, Jumat (3/4/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Amrozi Amenan / FER Jumat, 3 April 2020 | 18:30 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Telkomsel Region Jawa Timur mencatat selama pemberlakukan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) telah meningkatkan penggunaan data seluler di Jawa Timur sekitar 13 persen.

Baca Juga: Telkomsel Gandeng Kemdikbud Bebaskan Akses E-Learning

General Manager Network Operation and Quality Management Region Jawa Timur Telkomsel, Permata Jaya Simarmata mengatakan, sejak awal periode WFH yang dimulai 15 Maret lalu di Jawa Timur, penggunaan data Telkomsel meningkat sekitar 13 persen dengan intensitas penggunaan internet oleh setiap pelanggan selama sekitar 6-8 jam per hari.

"Peningkatan trafik penggunaan data paling banyak di perumahan, terutama perumahan dosen serta beberapa rumah sakit,” kata Permata Jaya Simarmata, Jumat (3/4/2020).

"Jika dikategorikan berdasarkan daerah, secara berurutan Mojokerto, Malang, Surabaya, dan Jombang mengalami peningkatan penggunaan data tertinggi di Jawa Timur," imbuhnya.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Jamin Pekerja Berstatus WFH

General Manager Consumer Sales Region Jawa Timur Telkomsel, Erick Noviantoro Erick menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi masyarakat, Telkomsel telah melakukan upaya pengamanan akses jaringan dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimilikinya, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.

"Telkomsel juga telah melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan Covid-19, seperti kantor pemerintahan terkait dan rumah sakit," kata Erick.

Dalam mendukung sistem kerja WFH, jelas Erick, Telkomsel juga memberikan kemudahan kepada pelanggan, seperti bebas biaya berlangganan dan kuota internet selama satu bulan untuk mengakses layanan cloudX meeting sebesar 60GB khusus untuk pelanggan corporate yang menjadi host meeting, serta 30GB bagi semua pelanggan yang menjadi peserta meeting dengan hanya Rp 10.

Baca Juga: Pencuri Kuota Ancam Kebebasan Anak Belajar Secara Daring

"Telkomsel meyakini bahwa kita dapat melewati ujian ini jika semua pihak turut berkontribusi untuk bersama-sama menjaga Indonesia,” tandas Erick.

 



Sumber: BeritaSatu.com