Pandemi Corona, Perta Arun Pastikan Pasokan Gas Tetap Aman

Pandemi Corona, Perta Arun Pastikan Pasokan Gas Tetap Aman
Ilustrasi gas. ( Foto: istimewa / istimewa )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Sabtu, 4 April 2020 | 08:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Perta Arun Gas (PAG) memastikan pasokan gas melalui regasifikasi kepada konsumen tetap aman di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Komitmen ini merupakan upaya perusahaan memperkuat sektor energi nasional guna mendukung aktivitas ekonomi masyarakat tetap berjalan normal.

Adapun yang terbaru, PAG memfasilitasi pengiriman Liquefied Natural Gas (LNG) untuk PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), perusahaan yang memproduksi pupuk di wilayah Aceh Utara. LNG yang dikirim melalui kapal kargo tersebut sebanyak 136.000 m3.

“Ini merupakan kargo LNG pertama milik perusahaan pupuk yang didatangkan dari Bontang. LNG tersebut akan disimpan dan melalui proses regasifikasi di PAG," kata President Director PAG, Arief Widodo, di Jakarta, dalam keterangannya Sabtu (4/4/2020).

Pembelian LNG oleh PIM, lanjut Arief, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional PIM. LNG tersebut dibawa menggunakan kapal untuk di simpan di tanki LNG PAG. Dari LNG yang dikirim itu, PAG akan melakukan regas sekitar 22 BBTUD atau setara 22.000 MMBTUD untuk PIM.

Arief menyatakan, PAG senang dapat berkontribusi bagi masyarakat di tengah pandemi corona. Ia berharap, PAG dapat terus melayani kebutuhan pasokan energi kepada perusahaan maupun industri lainnya. Terkait besaran pasokan LNG akan disesuaikan dengan kebutuhan PIM.

Selain memiliki bisnis pengiriman kargo LNG, PAG memiliki bisnis jasa pendinginan (cooling down) tangki kapal LNG di Lhokseumawe, Aceh. Bisnis tersebut merupakan bagian pengembangan usaha regasifikasi dan LNG Hub yang dijalankan PAG.

Terkait pencegahan penyebaran Covid-19, PAG yang merupakan bagian PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Pertamina (Persero) juga terus melakukan berbagai upaya mengantisipasi persebaran virus ini terutama di lingkungan perusahaan beroperasi.

Sejumlah aktivitas telah dilakukan seperti penyemprotan disinfektan di seluruh area site, main office, perumahan karyawan PAG. Selain itu, PAG memberikan bantuan disinfektan di wilayah perusahaan beroperasi. Salah satunya untuk Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh yang sempat kesulitan mendapatkannya dari pasaran. “Sejak 16 Maret, para tamu dilarang masuk ke area kantor dan site, dan hanya dipersilakan mengubungi call center apabila ada keperluan penting," ujar Sekretaris Perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk, Rachmat Hutama.



Sumber: BeritaSatu.com