Pemerintah Diharapkan Setujui Tujuh Butir Insentif Bisnis Media

Pemerintah Diharapkan Setujui Tujuh Butir Insentif Bisnis Media
Ilustrasi media cetak (Foto: Istimewa)
Carlos KY Paath / YUD Kamis, 14 Mei 2020 | 16:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Forum Pemimpin Redaksi, Kemal Gani berharap pemerintah dapat menyetujui tujuh butir insentif bisnis media. Tujuannya agar industri media tetap dapat beroperasi dengan wajar.

“Tujuh poin aspirasi ini kami ajukan kepada pemerintah yang mengelola dana-dana negara. Kami mohon pemerintah yang memiliki wewenang di bidang-bidang yang kami ajukan usulannya, mudah-mudahan bisa menangkap aspirasi ini supaya bisa disetujui,” kata Kemal.

Baca juga: Industri Terdampak Covid-19 yang Dapat Insentif Pajak Diperluas

Hal itu disampaikan Kemal dalam diskusi virtual bertajuk “Selamatkan Warga, UMKM, Dunia Usaha, dan Pers Indonesia”, Kamis (14/5/2020). “Usulan yang kami minta kepada pemerintah yang penting bagaimana pers tetap beroperasi dengan wajar dan baik,” ujar Kemal.

Kemal menegaskan pihaknya juga memperjuangkan sektor industri lain. “Kami juga tidak egois. Selain perjuangkan pers, kami minta pemerintah perjuangkan industri lain. Kami mendorong UMKM harus diselamatkan, dunia usaha diselamatkan,” tegas Kemal.

Kemal mengakui situasi pandemi Covid-19 membuat semua bidang serba dilematis. Akibat pandemi dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar, lanjut Kemal, kegiatan perekonomian nyaris berhenti total.

Baca juga: Terdampak Covid-19, Perusahaan Pers Diberi Insentif Pajak

“Salah satu yang utama masalah perekonomian dan bisnis yang juga menimpa banyak perusahaan, termasuk media. Kalau media terdampak, ini akan berakibat cukup serius buat masyarakat. Tidak ada informasi-informasi kredibel sampai ke masyarakat,” kata Kemal.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mirza Zulhadi menyatakan, pihaknya dari awal mendukung tujuh insentif bisnis media. Secara organisasi, Mirza menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan koordinasi dengan pengurus di daerah.

“Bersama mungkin akan lebih kuat menekannya. Kami dukung penuh karena efek dari ini para pekerja bisa terus bekerja, mengabarkan hal-hal positif dan faktual kepada publik,” kata Mirza.

Baca juga: Atasi Dampak Covid-19, MPR Minta Pemerintah Beri Insentif Fiskal untuk UMKM

Menurut Mirza, industri pers di beberapa daerah sudah sangat riskan. “Kalau kami boleh usul, harus ada tekanan yang lebih besar kepada pimpinan-pimpinan daerah atau anggaran pusat langsung ke daerah untuk memberi iklan sosialisasi apapun bentuknya,” ungkap Mirza.

Mirza pun menyebut, “Kami sudah mengumpulkan pendapat dari 34 ketua provinsi, sebanyak 28 ketua mengatakan mereka sudah agak kepayahan, kecuali Jawa. Sumatera Utara sudah ada terobosan bertemu gubernur.”

Seperti diketahui, Dewan Pers bersama Asosiasi Perusahaan Media dan Asosiasi Profesi Media mengeluarkan tujuh butir insentif bisnis industris media. Salah satunya mendorong negara untuk tetap mengalokasikan dana sosialiasi kebijakan, program, atau kampanye penanggulangan Covid-19 baik di tingkat pusat maupun daerah untuk perusahaan pers.



Sumber: BeritaSatu.com