AP I Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan di Seluruh Bandara

AP I Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan di Seluruh Bandara
Penumpang pesawat di bandara. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Thresa Sandra Desfika / FER Jumat, 15 Mei 2020 | 17:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memastikan penerapan physical distancing di seluruh bandara kelolaan selama masa pandemi Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan.

Hal tersebut juga sejalan dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) Nomor 32 tahun 2020 tentang Petunjuk Operasional Transportasi Udara untuk Pelaksanaan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19.

Vice President Corporate Secretary AP I, Handy Heryudhitiawan menjelaskan, berdasarkan edaran tersebut AP I bertugas membentuk posko pengamanan dan pemeriksaan di bandara yang dilengkapi dengan fasilitas penyelenggaraan protokol kesehatan. Selain itu, AP I juga memberikan dan melaksanakan rekomendasi slot time apabila terdapat maskapai yang mengajukan perubahan jadwal penerbangan sesuai dengan jam operasional masing-masing bandara.

"Kami I sangat memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya penerapan physical distancing, dalam melakukan pelayanan kebandarudaraan di 15 bandara kelolaan," ujar Handy Heryudhitiawan dalam keterangannya, Jumat (15/5/2020).

Handy menyebutkan, Angkasa Pura I juga senantiasa berkoordinasi intens dengan pihak maskapai terkait jumlah frekuensi penerbangan sehingga dapat meminimalisir potensi penumpukan penumpang di bandara.

Lebih lanjut, kata Handy, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara sesuai dengan kriteria Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4/2020 , untuk menyiapkan seluruh dokumen syarat keberangkatan sebelum tiba di bandara, termasuk surat keterangan negatif Covid-19 dan hadir 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Hal ini diperlukan karena proses pemeriksaan dokumen di bandara pada masa larangan mudik ini cukup panjang sehingga proses pemeriksaan tersebut berjalan lancar dan prinsip physical distancing dapat diterapkan dengan baik di bandara," kata Handy.



Sumber: BeritaSatu.com