Baznas dan Shopee Kumpulkan Donasi Capai 200 Ton Beras

Baznas dan Shopee Kumpulkan Donasi Capai 200 Ton Beras
Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni dan Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Kyai Luthfi Fathullah memperlihatkan besaran donasi, disaksikan Wakil Gubernur Pemprov DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (kedua dari kiri) dan Sekda DKI, Saefullah (kanan), di Ruang Rapat Wagub, Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Mei 2020. (Foto: Istimewa)
Siprianus Edi Hardum / EHD Sabtu, 16 Mei 2020 | 18:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan e-commerce Shopee bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengumpulkan total donasi sebanyak 200 ton beras, atau jika dirupiahkan mencapai kurang lebih Rp 2 miliar. Jumlah donasi ini berasal dari kerja sama antara Baznas dan Shopee melalui in app game terbaru milik Shopee yakni, Shopee Tanam, yang digelar sejak akhir Februari 2020 dan masih berjalan hingga saat ini.

Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta menyampaikan apresiasinya kepada para pengguna atau donatur atas sumbangan yang mereka berikan melalui Shopee Tanam. Menurutnya hal ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, mengingat kondisi ekonomi negara saat ini yang sedang dalam kondisi krisis Covid-19.

“Sebuah kolaborasi yang baik antara Baznas dan Shopee mampu mengumpulkan donasi dari para donatur hingga 200 ton beras dalam upaya membantu saudara-saudara kita yang masih kekurangan. Terima kasih atas kemurahan hati para donatur yang bersedia menyumbang ke Baznas melalui Shopee. Baznas siap memegang amanah untuk mengelola sumbangan dari para donatur, untuk kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam kondisi pandemi ini,” tutur Arifin sebagainya dalam siaran persnya, Sabtu (16/5/2020).

Arifin menambahkan bantuan yang terkumpul akan segera disinergikan dengan program-program yang sudah berjalan di Baznas dalam upaya membantu pemerintah meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 lewat bantuan pangan.

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia mengatakan, Shopee selalu berupaya untuk terus memberikan inovasi dan layanan bertransaksi secara online yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

“Tahun ini, kami menghadirkan inovasi terbaru bagi pengguna dalam berdonasi melalui in-app game interaktif kami yaitu Shopee Tanam. Bekerja sama dengan Baznas, sebagai mitra pengelola dan penyalur zakat serta donasi terpercaya, melalui Shopee Tanam pengguna tidak hanya diajak untuk bermain, melainkan dapat memilih untuk memanen beras dan akan didonasikan oleh Baznas untuk para mustahik di Indonesia,” kata dia.

“Dalam kondisi pandemi Covid-19, Baznas telah menyalurkan bantuan program Paket Logistik Keluarga yang berisi logistik seperti beras, minyak goreng, gula, dan kebutuhan lainnya untuk membantu para keluarga miskin, pekerja informal, dan kelompok rentan memenuhi kebutuhan pangan hariannya. Semoga dengan tambahan donasi berwujud beras dari Program Shopee Tanam ini semakin banyak masyarakat yang kekurangan dapat terbantu lewat program Baznas,” ujarnya.

Permainan Shopee Tanam merupakan in app game interaktif yang memberikan kemudahan dengan mengirimkan hadiah secara langsung kepada pemenang. Cara menggunakan fitur in app game interaktif ini sangatlah mudah.

Pengguna Shopee dapat bermain dengan menanam buah-buahan ataupun beras pilihan dan menyiramnya secara rutin hingga buahnya siap dipanen. Setelah panen, pengguna bisa memilih untuk mendonasikannya ke Baznas melalui aplikasi Shopee.
Diharapkan kedepannya, sinergi Baznas dan Shopee dalam penggalangan bantuan di bidang kemanusiaan dapat terus berkembang agar dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga mengentaskan kemiskinan.

“Selain donasi berupa beras, semoga kedepannya masyarakat bisa mendonasikan barang yang disesuaikan dengan kebutuhan para mustahik. Di samping memberi kemudahan masyarakat untuk berdonasi cukup dengan aplikasi, para mustahik pun dapat tercukupi sesuai dengan kebutuhannya,”pungkas Arifin.

 



Sumber: BeritaSatu.com