PLN Alirkan Perdana GISTET di Tambun 2

PLN Alirkan Perdana GISTET di Tambun 2
Pekerja menyelesaikan pekerjaan jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Tangerang. (Foto: Beritasatu Photo / Ruht Semiono)
Carlos Roy Fajarta / BW Minggu, 17 Mei 2020 | 06:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PLN UIP JBB sukses mengalirkan pemberian tegangan pertama (energize) pada proyek gas insulated substation tegangan ekstra tinggi (GISTET) 500 kilovolt (kv) Tambun 2 dan transmisi saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 kv Tambun 2 Incomer, Sabtu (16/5/2020).

"GISTET 500 kv Tambun 2 dan SUTET 500 kv Tambun 2 Incomer ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional dan memiliki peran penting dalam meningkatkan keandalan kelistrikan di pulau Jawa, khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya," ujar Manager Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Barat 2 PLN, Rifki Santoso dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/5/2020).

GISTET 500 kv Tambun 2 dibangun dengan menggunakan teknologi gas insulated substation (GIS) untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan lahan di daerah padat penduduk. Di samping itu, untuk meningkatkan keandalan operasi dari gardu induk 500 kv. Senada dengan proyek GISTET, SUTET 500 kV Tambun 2 Incomer akan mendapatkan pasokan listrik dari SUTET 500 kV Muara Tawar arah Tambun 2 serta jalur Cibinong arah Tambun 2.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, tidak menyurutkan semangat kami untuk bisa menyelesaikan proyek ini dan menerangi negeri. Untuk GISTET 500 kV Tambun 2 dan GIS 150 kV Tambun 2 akan menjadi pasokan listrik pelanggan di wilayah Jakarta Timur, Bekasi, dan Tambun. Selain itu penyelesaian kedua proyek ini akan mendukung pengurangan BPP (biaya pokok produksi) serta akan mengevakuasi daya dari GITET 500 kV Bekasi yang saat ini sudah overload,” tambah Rifki.

PLN UIP JBB juga memberikan bantuan sembako kepada para pekerja yang berpartisipasi dalam penyelesaian kedua proyek ini. Pembagian ini dilaksanakan bertepatan dengan momen energize.

Bantuan paket sembako diberikan sebagai wujud kepedulian PLN kepada pekerja yang tidak kenal lelah dan tetap menyelesaikan proyek di tahun 2020 di tengah wabah pandemic Covid-19 yang melanda.



Sumber: BeritaSatu.com