ASDP Hanya Layani Angkutan Logistik

ASDP Hanya Layani Angkutan Logistik
Anak buah kapal saat mempersiapkan lepas jangkar kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, baru-baru ini. PT ASDP Indonesia Ferry megajak setiap penumpang yang akan menyeberang untuk membeli tiket secara online mulai 1 Maret 2020, namun pembelin tiket sacara manual juga masih bisa dilakukan di pelabuhan penyeberangan. (Foto: Beritasatu Photo / Ruht Semiono)
Thresa Sandra Desfika / Lona Olavia / MPA Selasa, 19 Mei 2020 | 11:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com-PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meminta masyarakat mematuhi larangan pemerintah untuk menunda perjalanan mudik dengan kapal ferry dan tetap berada di rumah demi menekan penyebaran Covid-19 lebih meluas lagi.

"Kami tegaskan lagi, ASDP hanya melayani angkutan logistik saja. Untuk pejalan kaki, sepeda motor, dan mobil pribadi dilarang menyeberang untuk sementara ini," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini dalam keterangannya, Selasa (19/5/2020).

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, ASDP hanya membuka layanan bagi angkutan logistik dengan penjualan tiket melalui www.ferizy.com. Sedangkan penjualan tiket bagi penumpang pejalan kaki dan kendaraan golongan I - IVA, VA ,dan VIA ditutup sementara. Penghentian sementara penjualan tiket ini telah dilakukan sejak 28 April 2020 dan akan diperbarui terus sesuai dengan keputusan pemerintah.

Mulai 1 Mei 2020, reservasi atau pembelian tiket ferry wajib dilakukan secara online melalui www.ferizy.com dan tak ada go show di pelabuhan, khususnya untuk 4 pelabuhan utama yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Layanan Ferizy ini dipastikan akan sangat memudahkan pengguna jasa karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja menggunakan smartphone yang dimiliki.

"Penjualan tiket untuk truk logistik pun kini sudah 100 persen via online. Kami harapkan, pengguna jasa sektor logistik kini semakin mudah, cepat, dan nyaman saat membeli tiket ferry," ujar Imelda.

Kendati hanya melayani penyeberangan sektor logistik saat ini, terang Imelda, ASDP memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat baik di pelabuhan maupun di kapal, mulai dari desinfektan lingkungan, physical distancing saat kendaraan akan masuk, berada di kapal hingga keluar dari kapal, serta mewajibkan penggunaan masker bagi pengendara maupun petugaa saat berada di pelabuhan maupun di kapal.



Sumber: BeritaSatu.com