Kadin Laksanakan 2 Program Kemanusiaan Penanganan Covid-19

Kadin Laksanakan 2 Program Kemanusiaan Penanganan Covid-19
Kadin Indonesia. (Foto: Istimewa)
maediana Makmun / EHD Sabtu, 23 Mei 2020 | 18:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam kurun waktu April hingga Mei 2020, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia telah melaksanakan dua program kemanusiaan untuk membantu penanganan Covid -19 bagi garda terdepan dengan pemberian alat bantu kesehatan dan program “Ayo Saling Peduli” berupa pemberian paket sembako kepada masyarakat.

Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani, dalam siaran persnya, Sabtu (23/5/2020), mengatakan, selain untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, program “Ayo Saling Peduli” juga dilaksanakan untuk menghidupkan kegiatan ekonomi dengan melibatkan partisipasi UMKM untuk pengadaan dan pengiriman paket sembako kepada orang yang membutuhkan.

“Program pemberian sembako “Ayo Saling Peduli” yang melibatkan partisipasi masyarakat telah membangun kepedulian untuk membantu orang-orang disekitar mereka. Program seperti ini dapat menjadi social movement (gerakan sosial), sehingga pada akhirnya akan memperkuat rasa gotong royong dan bersatu melawan Covid-19,” ungkap Rosan.

Dia menyebut, pelaksanaan program dari 17 April – 14 Mei 2020, total paket sembako yang dikirimkan hampir ke 34 provinsi di Indonesia mencapai 5.966 paket. Penerima bantuan mencakup kaum dhuafa, pekerja informal, mereka yang kehilangan pekerjaan (korban PHK), hingga nelayan di Pamekasan dan Lamongan.

Sementara itu, program Pemberian Bantuan Alat Kesehatan yang diberikan melalui Kementerian Kesehatan RI dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Kadin Indonesia bersama Yayasan Tzu Chi telah menyalurkannya ke Rumah Sakit di seluruh Indonesia.

Selain itu, Tzu Chi bersama kantor pengubungnya juga telah menyalurkan bantuan kepada 166 institusi dan 829 rumah sakit dan puskesmas yang tersebar di Jabodetabek dan 25 Provinsi lainnya di Indonesia.

Menurut data pemberian bantuan sampai dengan 21 Mei 2020, bantuan yang telah disalurkan antara lain 2.323.300 surgical mask, 40.080 masker N 95, 1.000.000 covid rapid test, 70.527 APD Set (baju pelindung / Coverall Hazmat ), 115 ventilator, 11.840 liter cairan disinfektan dan 1.631 disinfektan sprayer.

Rosan mengatakan, lebaran kali ini sangat berbeda, karena silahturami dan ucapan tidak bisa langsung diberikan dengan berjabat tangan dan tatap muka, juga tidak ada open house. Namun dia berharap ada hikmah besar dari kondisi ini.

“Semoga momen Lebaran kali ini memberi hikmah kemenangan yang hakiki, karena kita tidak hanya menang menahan hawa nafsu, menahan lapar, menahan ego tetapi bisa menjalankan ibadah lebih khusyuk, membentuk kita menjadi pribadi yang lebih sabar, disiplin untuk menjaga kesehatan, peduli sesama dengan menjaga kebersihan agar tidak tertular wabah Covid-19 dan tidak menulari orang-orang disekitar kita dan terlebih dari itu memperkuat jati diri sebagai bangsa yang bergotong royong untuk membantu sesama dalam menghadapi situasi pandemi ini,” terang Rosan.

Pihaknya pun menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri bagi semua umat muslim yang merayakan, utamanya bagi kalangan dunia usaha, pemerintah dan pelaku UMKM. “Mohon maaf lahir dan batin, semoga kita semua diberikan kondisi kesehatan, ekonomi dan kehidupan bersosial yang akan lebih kondusif lagi,” pungkas dia.

 



Sumber: BeritaSatu.com