Juni, Pemerintah Akan Resmikan 4 Ruas Jalan Tol

Juni, Pemerintah Akan Resmikan 4 Ruas Jalan Tol
Jalan Tol Layang Andi Pangeran (AP) Pettarani Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)
Lenny Tristia Tambun / CAH Jumat, 29 Mei 2020 | 17:00 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan empat ruas jalan tol sudah rampung dan akan segera diresmikan pada Juni 2020 mendatang. Keempat ruas jalan tol tersebut adalah Banda Aceh-Sigli seksi IV, Pekanbaru-Dumai, Balikpapan-Samarinda, dan salah satu bagian di ruas Tol Manado-Bitung.

“Untuk progres pembangunan jalan tol yang total nilai investasinya ada sekitar Rp 396 triliun, progresnya sampai Juni ini yang bisa diresmikan adalah Banda Aceh-Sigli Seksi IV sepanjang 14 km, sekarang sedang uji layak untuk diresmikan pengoperasiannya,” kata Basuki Hadimuljono saat konferensi pers seusai menghadiri rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (29/5/2020).

Kemudian ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km, yang merupakan bagian dari Trans Sumatra Toll Road. “Sekarang sedang uji layak fungsi,” ujar Basuki Hadimuljono.

Baca JugaPandemi Covid-19, Pengerjaan Jalan Tol Japek II Selatan Ditunda

Berikutnya, ruas jalan tol sepanjang 21 km yang merupakan bagian dari ruas tol Manado Bitung, dan ruas jalan tol Balikpapan-Samarina seksi I dan V sepanjang 33 km juga sudah siap diresmikan.

Selain itu, ada beberapa tol yang akan diresmikan pada akhir tahun 2020 ini, yakni ruas jalan tol Pettarani-Makassar, Cibitung-Cilincing, dan Kriyan-Legundi-Bunder Manyar.

“Kemudian, yang mungkin sampai akhir tahun Pettarani-Makassar yang baru saja kita selesaikan topping off -nya. Kemudian Cibitung Cilincing di JORR dan Kriyan-Legundi-Bunder Manyar di Jawa Timur. Itu yang siap diresmikan,” terang Basuki Hadimuljono.

Sementara untuk pembangunan 10 ruas jalan tol lainnya, lanjut Basuki Hadimuljono, pihaknya sudah melakukan market sounding kepada para investor. Kesepuluh ruas jalan tol yang akan dibangun diantaranya, ruas jalan tol Solo-Jogja.

Baca JugaKempupera Pastikan Trans Sumatera Dukung Jalur Logistik

“Jadi Kulon Progo-Jogja-Solo sepanjang 76 km ini proses lelangnya sudah mulai, dan tanggal 4 Juni nanti akan proses pemasukan penawarannya. Mudah-mudahan sekitar September, Oktober, kalau bisa sudah mulai konstruksinya, dengan pembebasan lahan dulu,” ungkap Basuki Hadimulyono.

Ruas jalan tol lainnya adalah, Cileunyi-Garus-Tasikmalaya (Cigatas), akses Patimban, Bogor-Serpong, Sentul Selatan-Karawang Barat, Tol Pelabuhan Semarang, Semarang-Balaraja, Cikunir-Karawaci, dan Cikunir-Ulujami.

“Sembilan paket ruas jalan tol ini akan dimulai prakualifikasinya pada bulan ini juga,” ujar Basuki Hadimuljono.

Selain membangun jalan tol, Kementerian PUPR juga membangun 65 bendungan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60 bendungan telah rampung pembangunannya sepanjang tahun 2015-2016. Sehingga pada tahun 2020 ini, pihaknya tinggal menyelesaikan pembangunan lima bendungan lagi.

“Ini sudah dimulai di Bendungan Tiu Suntuk di NTB, bendungan Jragung di Jateng, bendungan Amarelo di Sulteng, bendungan Sepaku Semoi di Kaltim, bendungan di Gorontalo. “Sekarang sedang proses lelang dan konstruksi,” tambahnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com