Bhinneka.Com Ajak UMKM dan Korporasi Gerakkan Ekonomi

Bhinneka.Com Ajak UMKM dan Korporasi Gerakkan Ekonomi
Bhinneka.Com meluncurkan gerakan #BangkitLagi yang melibatkan para pelaku bisnis baik UMKM dan korporasi dari lintas sektor. (Foto: Dok )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Rabu, 3 Juni 2020 | 08:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bhinneka.Com mengajak para pelaku bisnis baik usaha mikro kecil menangah (UMKM) dan korporasi untuk menggerakkan perekonomian Indonesia menghadapi era tatanan hidup baru (new normal) pascapandemi virus corona (Covid-19).

“Kolaborasi #BangkitLagi ini merupakan komitmen Bhinneka.Com untuk menjadi inisiator dalam ekosistem ekonomi digital untuk menyambut new normal," kata CEO & Founder Bhinneka.Com, Hendrik Tio dalam paparannya secara virtual Selasa (2/6/2020).

Melalui kampanye ini, kata dia, Bhinneka.Com ingin terlibat dalam gotong-royong memulihkan perekonomian di Indonesia. "Kami berharap dapat memfasilitasi UMKM untuk membuka kesempatan lebih luas guna menjaring pasar yang sebelumnya belum tersentuh,” ujar Hendrik Tio.

Bhinneka.Com sebagai business super-ecosystem mengajak para produsen terutama UMKM dapat kembali berproduksi secara efisien lewat dukungan modal ringan, akses bahan baku, dan peningkatan skala bisnis saat memulai produktivitas di era kenormalan baru ini. Ditambah lagi, akses perluasan pasar untuk menghasilkan produk berkualitas yang dibutuhkan masyarakat.

Lebih lanjut lagi, penjualan produk-produk tersebut dapat dimaksimalkan tak hanya di Bhinneka.Com. Pelaku UMKM bisa mengelola toko-toko online mereka di berbagai marketplace Tanah Air lewat satu panel terintegrasi buatan Bhinneka.Com. Sementara bagi korporasi, Hendrik Tio mengatakan, roda bisnis dan perputaran barang dapat terus bergulir, dan diserap pasar sesuai kebutuhan. Selain itu, menghadirkan peluang-peluang yang lebih luas.

Gerakan yang berlangsung 1 Juni hingga 31 Agustus 2020 ini, diikuti pelaku bisnis, pemilik brand lokal dan global, lembaga pembiayaan dan perbankan, hingga perusahaan logistik. Bhinneka.Com juga akan memperkuat lewat program pemasaran untuk pelaku usaha dan konsumen. Dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan brand lokal, Bhinneka.Com memberi akses set up gratis untuk Crinoid, sebuah dasbor multistore management di berbagai marketplace sepanjang Juni 2020.

Sebagai bagian awal program #BangkitLagi, Bhinneka.Com lewat Selasar Nusantara, menghadirkan etalase digital barang kebutuhan sehari-hari hingga produk siap saji brand lokal terpilih Indonesia berkonsep marketplace. Produk itu di antaranya Kreskros (fashion aksesoris dari daur ulang plastik dan pemberdayaan perempuan sebagai perajin), Timor Morenga (produk olahan daun kelor dari NTT), Patricia Andriani (terapan kreasi batik tulis Lasem), Kulina (pemberdayaan dapur untuk kebutuhan katering retail maupun perusahaan), Payung Geulis Tasikmalaya, GoUKM Training Center, dan banyak lagi lainnya.

Sebagai gambaran, sejak fasilitas penjualan oleh partner dibuka awal tahun lalu, Bhinneka.Com telah mencatat lonjakan jumlah merchant sebesar tiga digit, dan penambahannya terus digalakkan lewat kurasi ketat.

Merujuk pada data Kemkominfo tercatat 9,4 juta UMKM yang sudah masuk ke ranah digital di awal 2020. Bhinneka.Com yakin para UMKM di Indonesia bisa didorong untuk terus bertumbuh melalui platform digital. Terlebih UMKM merupakan faktor besar penyumbang kemajuan perekonomian di Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com