Lion Air Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 10 Juni

Lion Air Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 10 Juni
Sejumlah pesawat terparkir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: Antara / Muhammad Iqbal)
Thresa Sandra Desfika / Chairul Fikri / FER Selasa, 9 Juni 2020 | 17:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lion Air Group akan memulai operasional penerbangan penumpang berjadwal domestik pada 10 Juni 2020. Sebelumnya, kelompok usaha berlogo kepala singa itu menyetop sementara layanan penerbangan sejak 5 Juni 2020.

Baca Juga: Penumpang Pesawat Tujuan Domestik Turun 82%

Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, sesuai perkembangan bahwa calon penumpang pesawat udara sudah semakin memahami serta akan dapat memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan pesawat udara yang ditetapkan selama masa waspada pandemi Covid-19.

"Telah diterbitkan dan diedarkan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang mengatur kembali syarat yang harus dipenuhi oleh setiap calon penumpang pesawat bila akan melakukan bepergian dengan menggunakan pesawat, dimana lebih sederhana," kata Danang dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Selasa (9/6/2020).

Danang menambahkan, menurut surat edaran tersebut, calon penumpang pesawat hanya membutuhkan bukti tes kesehatan, seperti PCR atau rapid test atau surat keterangan kesehatan.

Baca Juga: Lion Air Group Setop Sementara Penerbangan

Karena itu, bagi calon penumpang Lion Air Group yang akan bepergian mulai 10 Juni 2020 agar memperhatikan beberapa hal, antara lain jika tes kesehatan yang digunakan rapid test, maka masa berlaku adalah 3 hari,atau jika tes kesehatan yang digunakan PCR, maka masa berlaku ialah 7 hari, atau apabila kedua metode tes di atas tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) dari dokter rumah sakit/puskesmas.

"Untuk itu, calon penumpang pesawat Lion Air Group harus mencermati masa berlaku dari dokumen kesehatan yang digunakan," terang Danang.

Lebih lanjut, Danang menyampaikan, Lion Air Group mewajibkan dan meminta bagi calon penumpang agar mematuhi ketentuan penerbangan Lion Air Group, yakni tiba lebih awal di terminal keberangkatan, yaitu empat jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Penumpang Pesawat Jalani 3 Pemeriksaan

"Selain itu, penerbangan Lion Air Group domestik tetap di Terminal 2E dan internasional di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Untuk bandar udara lainnya yang beroperasi tetap di terminal yang sama," imbuh Danang.



Sumber: BeritaSatu.com