Bantu Pedagang Kelontong, Sandiaga Luncurkan Startup Sembakpur

Bantu Pedagang Kelontong, Sandiaga Luncurkan Startup Sembakpur
Sandiaga Uno. (Foto: Antara / Hafidz Mubarak A)
Robertus Wardi / WBP Jumat, 12 Juni 2020 | 17:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sandiaga Salahuddin Uno berencana meluncurkan startup bernama 'Sembakpur' alias Sembilan Bahan Pokok (Sembako) untuk dapur. Startup itu khusus membantu pedagang kelontong, terutama yang terkena dampak wabah corona atau Covid 19.

"Ini sebuah startup untuk menyentuh dan merevitalisasi warung kelontong rumahan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta, di Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Startup ini akan bekerja sama dengan para pedagang kelontong yang membantu mengamankan pasokan dan menekan harga bahan pokok. “Mereka ini sekarang omzetnya turun, dan biaya usahanya meningkat. Kita akan ada satu kerja sama untuk menjaga mereka,” jelas mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini.

Pengagas Rumah Siap Kerja ini melihat pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada masyarakat miskin, tetapi juga pemilik toko kelontong yang menjual bahan pokok.

"Untuk sembako memang konsepnya berubah karena toko kelontong tidak didesain untuk mendapatkan guliran dari paket sembako. Karena yang ditolong ini adalah warga miskin, yang sudah tidak bisa beli di toko sembako,” jelas Sandiaga.

Dia menegaskan berbagai program bantuan sosial (bansos), baik dari pemerintah maupun pihak lain ditujukan untuk warga tidak mampu. Sementara untuk mendukung usaha toko kelontong, diperlukan program lain, salah satunya Sembakpur.



Sumber: BeritaSatu.com