GrabMerchant Bantu UMKM Kembangkan Bisnis Secara Daring

GrabMerchant Bantu UMKM Kembangkan Bisnis Secara Daring
Ilustrasi Grab. (Foto: Dok )
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 17 Juni 2020 | 15:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Grab Indonesia telah meluncurkan platform all-in-one GrabMerchant yang ditunjukkan untuk membantu usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) mengelola bisnisnya secara daring dalam menghadapi tatanan hidup baru (new normal).

Aplikasi ini membantu mitra merchant untuk mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur penunjang bisnis mereka. Bahkan, GrabMerchant menyediakan fitur pemasaran untuk meningkatkan visibilitas usaha mereka bagi pelanggan. Cara ini bisa menjadi sebuah alternatif promosi selain menggunakan optimasi search engine optimization (SEO) dengan jasa backlink dari rajabacklink.com.

"Kami sadar UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Akan tetapi, sebagian besar dari mereka masih offline. Untuk mendukung misi kami yakni Grab For Good, kami berharap untuk dapat membantu para UMKM ini untuk transisi ke ranah digital," ungkap Neneng pada konferensi pers virtual, Kamis lalu (11/6/2020).

Baca juga: Percepat Digitalisasi UMKM, GrabMerchant Dipuji Teten Masduki

GrabMerchant ini dilengkapi dengan tiga profil pengguna yaitu profil pemilik, pengelola toko, dan kasir. Masing-masing profil memiliki tingkat akses yang berbeda untuk memberikan keamanan tambahan bagi pemilik usaha terkait informasi bisnis yang sensitif.

Misalnya, profil pemilik akan memeroleh akses penuh ke fitur Grab Merchant baik dari manajemen operasional, kampanye pemasaran hingga pengajuan fasilitas keuangan.

Sedangkan, akses profil pengelola toko hanya terbatas ke pengawasan dan pengelolaan operasional toko sehari-harinya. Profil kasir juga hanya bisa menggunakan fungsi pembayaran dan pengelolaan pesanan.

Grab Indonesia juga menyediakan fitur Grosir untuk membantu mitra merchant memenuhi kebutuhan bahan pokoknya. Pada layanan ini, Grab telah bekerja sama dengan SayurBox dan TaniHub.

Terdapat pula fitur pemasaran yang dilengkapi dengan pengaturan iklan, pengembangan iklan banner dan pencarian, memilih sasaran audiens. Fitur ini juga menyediakan laporan iklan secara real-time.

Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui kampanye promosi Grab, mitra merchant juga dapat memanfaatkan perangkat 'promo'.

Selain itu, tersedia pula laporan bisnis yang dapat memberikan gambaran bisnis mitra merchant dari sisi penjualan hingga kebiasaan belanja pelanggan mereka.

"Visi kami adalah menjawab kebutuhan mitra merchant kami. Laporan bisnis ini bisa memberikan insight bagi UMKM untuk mengatur strategi bisnis mereka ke depannya," tutup  Head of Marketing GrabFood Hadi Surya Koe.



Sumber: BeritaSatu.com