Logo BeritaSatu

Mitra Grab Sumbang Rp 77,4 Triliun ke Perekonomian Indonesia

Sabtu, 27 Juni 2020 | 10:10 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Riset oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics memperlihatkan pekerja informal (gig worker) yang telah tergabung dalam ekosistem digital Grab mampu berkontribusi sebesar Rp 77,4 triliun pada perekonomian Indonesia di tahun 2019.

Survei ini dilakukan pada 5.008 mitra GrabBike, GrabCar, GrabFood dan GrabKios yang dipilih secara acak dan tersebar di 12 kota besar di Indonesia.

Menurut Yose Rizal Damuri selaku Kepala Departemen Ekonomi CSIS, mitra Grab mencatat kontribusi perekonomian sebesar Rp 48,9 triliun di tahun 2018. Dengan ini, terdapat kenaikan signifikan sebesar 58,3% di tahun 2019.

Riset membuktikan mitra GrabFood menyumbang kontribusi tertinggi dibandingkan dengan layanan Grab lainnya yakni sebesar Rp 37,2 triliun.

"Kami juga melihat adanya peningkatan kualitas hidup dan inklusi keuangan bagi para pekerja informal setelah bergabung dengan Grab. Sebagai contoh, 18% mitra GrabBike dan 12% pengemudi GrabCar mulai membuka rekening tabungan pertama mereka," ungkap Yose kepada Beritasatu.com melalui wawancara daring, Jumat (27/6/2020).

Sedangkan, salah satu faktor pemicu peningkatan kualitas hidup adalah adanya komunitas antar mitra Grab yang saling mendukung antara satu sama lain.

Yose menuturkan, digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga telah menciptakan lapangan kerja di luar ekosistem Grab. Sebanyak 27% mitra GrabFood dan 6% mitra GrabKios rata-rata menambah dua karyawan baru dari komunitas sekitar. Hal ini untuk mendukung permintaan pelanggan yang meningkat.

Digitalisasi, lanjut Yose, tentunya memiliki sejumlah tantangan. Misalnya, masyarakat yang cenderung gagap teknologi (gaptek) akan mengalami kesulitan.

"Namun, user interface aplikasi Grab yang intuitif dan mudah digunakan memudahkan para UMKM dan pekerja informal lainnya untuk beradaptasi secara digital," jelasnya.

Berdasarkan temuan CSIS, Yose meyakini konsep gig economy yang diusung dengan platform digital seperti Grab dapat membantu pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

"Hal ini dikarenakan di tengah pandemi, masyarakat cenderung mengandalkan layanan digital untuk memenuhi kebutuhannya seperti dalam hal pemesanan makanan," lanjut Yose.

Bahkan, sebelum mewabahnya virus corona, persepsi pelanggan terhadap GrabFood dapat dikatakan baik. Sebanyak 90% pelanggan menganggap merasa lebih nyaman ketika menggunakan layanan pesan antar tersebut.

Untuk memicu pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi, lanjut Yose, Grab dapat meningkatkan pelatihan protokol kesehatan bagi mitranya. Hal ini selaras dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dengan mewabahnya Covid-19.

Secara terpisah, pihak Grab mengumumkan telah memperkuat protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Misalnya, dengan mewajibkan pengecekan suhu tubuh karyawan mitra dan memastikan area penyiapan makanan steril.

Selain itu, Grab kerap meluncurkan layanan baru untuk mempercepat inklusi digital bagi UMKM.

Beberapa waktu lalu, aplikasi GrabMerchant telah diluncurkan untuk membantu pelaku usaha mendigitalisasi kegiatan operasional mereka secara menyeluruh dalam menyambut tatanan hidup baru (new normal).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings