Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika 40%

Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika 40%
Pantai Mandaika, NTB, satu dari lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas. (Foto: Kempupera)
Lona Olavia / WBP Rabu, 15 Juli 2020 | 14:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), fokus menyelesaikan pembangunan Mandalika Street Circuit (Sirkuit Mandalika) di Nusa Tenggara barat (NTB) guna menyambut penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang direncanakan berlangsung pada akhir tahun 2021. Untuk itu, ITDC menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT PP (Persero) Tbk (PTPP) senilai Rp 900 miliar. Selain itu, ITDC juga teken termsheet fasilitas sindikasi perbankan yang melibatkan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan sirkuit. Saat ini progres pekerjaan, termasuk persiapan dan ground work, serta proyek pembangunan sirkuit Mandalika telah mencapai 40 persen.

“Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia, sehingga kami akan memastikan pembangunan sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standar internasional. Sirkuit Mandalika memiliki keunikan karena akan menyusuri pinggir pantai yang indah, sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk mendorong industri pariwisata Indonesia,” ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam siaran pers, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: ITDC Siap Buka Kembali The Nusa Dua dan The Mandalika

Dia mengatakan, kolaborasi antar-BUMN ini menggunakan skema prefinanced project. Rencananya, pengembangan kawasan Sirkuit Mandalika berdiri di lahan seluas 52,5 hektare di dalam kawasan destinasi pariwisata super prioritas The Mandalika, NTB. Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 km merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun mulai tahap konsep serta menawarkan pemandangan indah ke bukit-bukit dan pantai yang menjadi kekayaan alami kawasan pariwisata di selatan Pulau Lombok ini.

“Dengan menggandeng PT PP yang merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi, kami yakin akan menghasilkan sebuah sirkuit jalan raya berkualitas internasional sesuai standar yang ditentukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) serta dapat selesai sesuai jadwal,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer.

Saat ini progres atas pekerjaan-pekerjaan awal, termasuk persiapan dan ground work proyek pembangunan sirkuit Mandalika telah mencapai 40 persen. Sementara proses pengaspalan dijadwalkan pada Januari 2021. Secara keseluruhan, pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan selesai pertengahan 2021.

Dia mengatakan penyelengaraan event MotoGP diyakini mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga 300.000 orang per tahun. Selain itu, memberikan positioning kuat bagi Indonesia sebagai negara tujuan hiburan olahraga unggulan di Asia.



Sumber: BeritaSatu.com