Presiden Bagikan Bantuan Modal Kerja Rp 2,4 Juta untuk Pedagang Kecil

Presiden Bagikan Bantuan Modal Kerja Rp 2,4 Juta untuk Pedagang Kecil
Presiden Joko Widodo. (Foto: Investor Daily/Novi Lumanauw)
Novy Lumanauw / CAH Rabu, 15 Juli 2020 | 16:41 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan modal kerja (BMK) masing-masing sebesar Rp 2,4 juta sebagai tambahan modal kerja kepada sekitar 12 juta pedagang kecil, yang terdiri atas pedagang kaki lima, pedagang keliling, pedagang rumahan, dan pedagang asongan.

Acara pembagian digelar di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020) disaksikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Baca Juga: Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja kepada 60 Pelaku UMKM

"Bapak dan Ibu, kita undang untuk diberikan modal kerja darurat. Ini tolong dipakai untuk tambahan modal kerja agar pada saat normal. Isinya, Rp 2,4juta. Tidak ada yang kurang satu rupiah pun," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi sempat bertanya apakah para penerima manfaat sudah mengetahui mengenai besaran BMK, namun dijawab belum diketahui.

"Tadi belum diberitahu isinya. Digunakan sebagai tambahan modal kerja. Ini akan dibagikan kepada 12 juta pedagang kecil di seluruh tanah air," katanya.

Baca Juga: Dampak Covid-19, Pendapatan UMKM di DIY Turun 80%

Presiden Jokowi mengatakan BMK diberikan untuk menyemangati para pedagang kecil tetap menekuni usahanya pada masa pandemi saat ini. Ia berharap para pedagang kecil tetap bertahan menekuni usahanya, meskipun omzet yang diperoleh menurun tajam.

 

"Saya tahu kondisi di lapangan seperti apa, yang biasanya mungkin sehari bisa berjualan sampai Rp 500.000 sampai Rp 800.000, sekarang mungkin hanya Rp 200.000, benar? Separuhnya atau sepertiganya, atau sekarang mulai kembali agak baik. Itulah kondisi yang kita alami. Harus tetap semangat bekerja keras, agar pada saat kondisi sudah normal, semuanya berjalan lebih baik. Yang kita harapkan itu," katanya.

 



Sumber: BeritaSatu.com