STP Catat Total Penyewa Menara 11.534 di Kuartal Pertama

STP Catat Total Penyewa Menara 11.534 di Kuartal Pertama
Solusi Tunas Pratama (STP) (Foto: Istimewa)
Lona Olavia / FMB Rabu, 22 Juli 2020 | 16:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Solusi Tunas Pratama Tbk (STP) per kuartal I 2020 mencatatkan peningkatan total penyewa di menara menjadi 11.534, sehingga rasio sewa perusahaan dengan kode emiten SUPR tersebut menjadi 1,80 kali.

Presiden Direktur STP Nobel Tanihaha mengatakan, pelanggan utama perseroan terdiri dari empat operator telekomunikasi seluler terbesar dan paling layak kredit di Indonesia, yaitu XL Axiata, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Group), PT Indosat Tbk, dan PT Hutchison 3 Indonesia. “Di mana empat perusahaan tersebut menyumbang sekitar 87% dari pendapatan triwulan pertama tahun 2020 kami,” ujarnya dalam paparan publik secara virtual, Rabu (22/7/2020).

Perjanjian jangka panjang STP dengan operator telekomunikasi, menghasilkan pendapatan yang dikontrak berdasarkan perjanjian jangka panjang dengan pelanggan sekitar Rp 8,7 triliun. Sementara, total pendapatan sebesar Rp 463,7 miliar, naik 4,3% YoY dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Lalu EBITDA sebesar Rp 385,5 miliar, mewakili margin EBITDA sebesar 83,1%. Per 31 Maret 2020, perusahaan mengoperasikan 6.400 menara, 38 situs penguat sinyal dalam ruangan dan total 4.724 km jaringan serat optik.

Perseroan, sambung Nobel, akan terus berinvestasi dalam layanan jaringan data untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi data dan digitalisasi ekonomi Indonesia. STP juga memfokuskan pertumbuhan portofolio situs menara dan kapasitas backhaul serat optik untuk memenuhi peningkatan permintaan kapasitas jaringan di daerah perkotaan di antara operator telekomunikasi seluler Indonesia yang terbesar dan paling layak mendapatkan kredit, termasuk XL Axiata, Telkom Group, Indosat dan Hutchison. STP saat ini mengoperasikan situs menara di 31 provinsi, mayoritas di provinsi berpenduduk padat di Jawa, Bali, dan Sumatera. 



Sumber: BeritaSatu.com