Logo BeritaSatu

Piala Dunia 2022: Menang Tipis atas Ghana, Portugal Pimpin Grup H

Jumat, 25 November 2022 | 00:59 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Doha, Beritasatu.com - Portugal hanya menang tipis 3-2 saat bertemu Ghana dalam babak pertama penyisihan Grup H Piala Dunia 2022, di Stadion 974, Doha, Kamis (21/11/2022).

Portugal unggul 1-0 melalui tendangan penalti Cristiano Ronaldo. Ghana kemudian menyamakan kedudukan melalui Jordan Ayew. Namun Portugal memimpin melalui dua gol Joao Felix dan Rafael Leao. Ghana memperkecil ketinggalan berkat aksi Osman Bukari.

Advertisement

Hasil ini membuat Portugal memimpin klasemen Grup H dengan poin tiga. Posisi kedua dan ketiga diisi Uruguay dan Korea Selatan yang bermain imbang 0-0 dalam laga sebelumnya. Kekalahan ini membuat Ghana terpuruk di dasar klasemen.

Pelatih Portugal Fernando Santos tetap mengandalkan Cristiano Ronaldo sebagai pendobrak pertahanan lawan dalam laga ini. Dalam formasi 4-1-2-1-2, pemain yang baru saja diputus kontraknya di Manchester United ini berduet dengan Joao Felix di lini depan.

Dalam formasi berlian, duet striker Portugal ini ditopang penyerang lubang Bernardo Silva. Sementara di posisi kiper, pelatih mempercayakannya kepada Diogo Costa. Sementara duet Ruben Dias dan Danilo Pereira akan berkolaborasi menjaga jantung pertahanan. Mereka didampingi Joao Cancelo di kanan dan Raphael Guerreiro di kiri.

Sementara di kubu Ghana, pelatih Otto Addo mengusung formasi 5-4-1 dengan menurunkan Inaki Williams sebagai striker tunggal. Pemain kelahiran Spanyol itu ditopang Mohammed Kudus, Thomas Partey, Salis Abdul Samed, dan Andre Ayew.

Portugal mengandalkan operan pendek sejak pertandingan dimulai. Pasukan Fernando Santos langsung menggebrak pada menit ke-10 ketika Cristiano Ronaldo berhadapan langsung dengan kiper Ati Zigi. Keduanya sempat bertabrakan dan Zigi menggagalkan upaya Ronaldo. Namun wasit menuipkan peluit karena Ronaldo tertangkap offside.

Permainan kompak yang ditunjukkan Ghana membuat Portugal kesulitan membongkar lini pertahanan tim Afrika itu pada babak pertama. Cristiano Ronaldo menjebol gawang Ghana namun dianulir karena pelanggaran yang dilakukannya.

Hanya beberapa saat kemudian Portugal kembali mendapat peluang juga melalui Ronaldo. Pemain yang kini tak memiliki klub itu menyambut umpan dengan sundulan namun bola melebar dari sasaran.

Portugal kembali memiliki peluang pada menit ke-28, Joao Felix menerima umpan dari Bernardo Silva. Striker Atletico Madrid itu seharusnya mencetak gol. Namun tendangan kaki kirinya melambung.

Cristiano Ronaldo sebenarnya mencetak gol pada menit ke-31. Menerima bola dari Joao Felix, dia kemudian sukses melesakkan bola ke gawang. Namun wasit menganulir gol tersebut karena dianggap Ronaldo mendorong bek Ghana Alexander Djiku sebelum mengeksekusi bola.

Portugal mendominasi penguasaan bola hingga 70% dan melepaskan dua bola tepat ke gawang Ghana. Namun hingga babak pertama usai skor tetap imbang 0-0.

Ghana mengawali babak kedua dengan melakukan tekanan ke gawang Portugal. Lewat serangan balik, Mohammed Kudus melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti namun melenceng dari sasaran.

Portugal unggul 1-0 aberkat ol dilesakkan Cristiano Ronaldo dari titik penalti pada menit ke-65.

Gol bermula dari pelanggaran yang dilakukan M Salisu yang menjatukan Cristiano Ronaldo di kotak penalti. Wasit langsung menunjuk titik putih dan menghadiahkan penalti untuk Portugal.

Cristiano Ronaldo sendiri yang mengeksekusi penalti tersebut. Tendangan kerasnya ke tengah gawang tak mampu diantisipasi kiper Ati Zigi. Ronaldo pun menorehkan rekor karena selalu mencetak gol dalam lima penampilannya di Piala Dunia.

Tiga gol terjadi dalam tujuh menit membuat Portugal unggul 3-1 atas Ghana. Ghana sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-73 melalui Andre Ayew. Namun Prtugal kemudian membuat dua gol melalui Joao Felix pada menit ke-78 dan Rafael Leao pada menit ke-80.

Gol Ghana yang sempat menyamakan skor menjadi 1-1 berawal dari aksi Mohammed Kudus yang menciptakan peluang. Blunder di lini pertahanan yang dilakukan Danilo Pereira mampu dimanfaatkan maksimal oleh Andre Ayew. Dia mencetaj gol dengan mudah dengan melesakkan bola ke gawang Portugal.

Namun Portugal kembali memimpin melalui aksi Joao Felix yang mendapat uman terobosan dari Bruno Fernandes. Tembakan Felix dari sisi kanan sukses menembus gawang Ghana.

Hanya dua menit kemudian, Portugal menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui aksi Rafel Leao yang juga sukses memaksimalkan umpan dari Bruno Fernandes.

Ghana kemudian mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 melalui aksi Osman Bukari. Penyerang Red Star Belgrade ini menanduk bola sodoran Inaki Williams dan menggetarkan jala gawang Portugal.

Waktu pertandingan ditambah sembilan menit. Namun Ghana gagal mencetak gol penyama kedudukan. Skor 3-2 untuk Portugal bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain Portugal vs Ghana

Portugal (4-1-2-1-2): 22 Diogo Costa; 20 Joao Cancelo, 4 Rúben Dias, 13 Danilo Pereira, 5 Raphael Guerreiro; 25 Otavio; 10 Bernardo Silva, 18 Rúben Neves; 8 Bruno Fernandes; 7 Cristiano Ronaldo, 11 Joao Felix.

Ghana: Ghana (5-4-1): 1 Ati Zigi; 26 Alidu Seidu, 23 Alexander Djiku, 18 Daniel Amartey, 4 Mohammed Salisu, 17 Baba Rahman; 20 Mohammed Kudus, 5 Thomas Partey, 21 Salis Abdul Samed, 10 André Ayew; 19 Inaki Williams



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: FIFA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Asnawi Mangkualam Resmi Gabung Klub Liga 2 Korea Jeonnam Dragons

Asnawi Mangkualam diangkut Jeonnam Dragons karena dinilai memiliki kecepatan dan teknik yang bagus.

BOLA | 27 Januari 2023

Inter Milan Bidik Firmino Gantikan Lukaku

Presiden Inter Milan Steven Zhang mempertimbangkan untuk tidak meneruskan opsi permanen Lukaku dan berpaling ke Firmino sebagai alternatif.

BOLA | 28 Januari 2023

Shin Tae-yong Panggil 30 Pemain Ikuti Pelatnas Timnas U-20, Ini Daftarnya

Rencananya pemusatan latihan Timnas U-20 akan digelar pada 1-28 Februari di Jakarta sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023.

BOLA | 27 Januari 2023

Sean Dyche Jadi Kandidat Kuat Pelatih Baru Everton

Nama Sean Dyche mencuat setelah kandidat kuat sebelumnya yakni Marcelo Bielsa yang telah melakukan pembicaraan akhirnya menolak tawaran melatih Everton.

BOLA | 28 Januari 2023

Legenda Juventus Edgar Davids Akui Atmosfer Sepak Bola Indonesia Luar Biasa

Edgar Davids datang ke Indonesia untuk meramaikan acara Juventus Village yang digelar di Lippo Mall Kemang, dari 27 hingga 29 Januari 2023 mendatang.

BOLA | 27 Januari 2023

Maju Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Ingin Jadikan Sepak Bola Sarana Persatuan

Menurut Erick Thohir, sepak bola sangat potensial menjadi sarana persatuan asalkan bisa dikelola dengan baik sehingga bisa memberikan kegembiraan.

BOLA | 27 Januari 2023

Bus Arema FC Dilempari Batu, Asisten Pelatih dan Dua Pemain Terluka

Asisten pelatih Arema FC Kuncoro mengalami luka pada bagian lutut dan dua pemain Adilson Maringa serta Achmad Figo mengalami luka di bagian tangan.

BOLA | 27 Januari 2023

Pelatih Yakin The Minions Bisa Kembali ke Performa Puncak

Herry IP sangat bahwa The Minions bisa bangkit dari masalah cedera dan kembali menampilkan performa terbaik mereka pada turnamen mendatang.

BOLA | 27 Januari 2023

Pep Guardiola: Mikel Arteta Nyaris Jadi Pelatih Manchester City

Pep Guardiola mengungkapkan Mikel Arteta sebenarnya akan melatih Manchester City namun dia tak sabar dan akhirnya menangani Arsenal.

BOLA | 27 Januari 2023

AC Milan Akan Kembalikan Sergino Dest, Barcelona Ketakutan

Klub Italia, AC Milan, kemungkinan bakal melepas bek Sergino Dest ke Barcelona dan membuat raksasa Spanyol itu ketakutan. 

BOLA | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IBL Seri Kedua Digelar di Malang, Prosedur Keamanan Diperketat

IBL Seri Kedua Digelar di Malang, Prosedur Keamanan Diperketat

SPORT | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE