Logo BeritaSatu

Taremi Bantah Timnas Iran Ditekan Pemerintah Akibat Insiden Lagu Kebangsaan

Jumat, 25 November 2022 | 02:59 WIB
Oleh : JAS

Doha, Beritasatu.com - Striker Iran Mehdi Taremi membantah timnya berada "di bawah tekanan" pemerintah setelah memilih tidak menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan Piala Dunia pertama mereka.

Pemain-pemain Iran berdiri tanpa ekspresi saat lagu kebangsaan mereka diperdengarkan sebelum mereka kalah 2-6 dari Inggris pada Senin sebagai solidaritas kepada pengunjuk rasa anti-pemerintah di negaranya.

Advertisement

Iran diguncang oleh demonstrasi yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun setelah ditangkap September lalu karena dugaan melanggar aturan mengenakan pakaian sesuai syariat Islam.

"Saya tidak suka membahas masalah politik tetapi kami tidak berada di bawah tekanan apa pun," kata Taremi dalam konferensi pers menjelang pertandingan keduanya di Grup B melawan Wales hari ini.

"Saya tahu pertanyaan semacam ini akan diajukan tetapi apa pun yang saya katakan, itu tidak masalah karena sejumlah orang akan menulis apa pun yang ingin mereka tulis," tambah dia seperti dikutip AFP.

"Jadi saya lebih suka membicarakan masalah politik secara pribadi atau di media sosial saya sendiri."

Taremi yang mencetak kedua gol Iran saat kalah telak dari Inggris itu melanjutkan, "Kami datang untuk bermain sepak bola, bukan hanya kami tetapi semua pemain di sini di Qatar."

"Saya dan ribuan orang seperti saya memiliki kekuatan untuk mengubah banyak hal," sambung dia.

Pelatih Iran Carlos Queiroz juga mengaku tidak percaya olahraga dan politik harus dicampuradukkan. "Kami tidak ingin mencampuradukkan isu-isu semacam itu saat kami bermain sepak bola," kata pelatih berpengalaman asal Portugal itu.

"Yang saya anggap aneh, sebagai warga dunia yang rendah hati, adalah Anda tidak mengajukan pertanyaan yang sama kepada pelatih lain dari tim nasional lain. Menurut saya ini tidak adil."

Pihak berwenang Iran pada Kamis menangkap seorang mantan pemain timnas asal Kurdi yang sangat mendukung protes tersebut.

Voria Ghafouri yang 28 kali membela timnas Iran hingga 2019, ditahan atas tuduhan menyebarkan "propaganda" melawan Iran, lapor kantor berita Fars.

Kepala HAM PBB Volker Turk mengatakan Kamis bahwa sekitar 14.000 orang, termasuk anak-anak, ditangkap atas protes tersebut dan mencela fakta bahwa setidaknya enam pengunjuk rasa dijatuhi hukuman mati.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA/AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Arsenal Ikat Kontrak Gabriel Martinelli Hingga 2027

Penyerang Arsenal asal Brazil Gabriel Martinelli memperpanjang kontraknya di klub London Utara tersebut hingga musim panas 2027 mendatang.

BOLA | 3 Februari 2023

Lionel Messi Buka Peluang Main di Piala Dunia 2026

Lionel Messi mengungkapkan bahwa dirinya masih terbuka untuk kemungkinan bermain di Piala Dunia 2026 yang akan diselenggarakan di AS, Kanada dan Meksiko.

BOLA | 3 Februari 2023

Manchester United Harus Maksimalkan Kondisi Labil Crystal Palace

Manchester United harus memaksimalkan kondisi labil lawannya Crystal Palace untuk memetik tiga poin saat kedua tim bertemu di Liga Inggris.

BOLA | 4 Februari 2023

Chelsea vs Fulham: Masuk Skuad, Enzo Fernandez Jadi Perhatian

Laga Chelsea kali ini akan mendapat perhatian lantaran klub asal London itu baru mendatangkan pemain termahal Inggris, Enzo Fernandez.

BOLA | 3 Februari 2023

Arema FC Kini Bermarkas di Stadion PTIK

Keputusan untuk menjadikan Stadion PTIK kandang Arema FC tersebut sesuai dengan surat dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

BOLA | 3 Februari 2023

Persipura dan Pelatih Ricky Nelson Sepakat Berpisah

Ketidakpastian kelanjutan Liga 2 musim 2022/2022 membuat Persipura  dan Ricky Nelson sepakat mengakhiri kerja sama.

BOLA | 3 Februari 2023

PSM Makassar Perpanjang Kontrak Pelatih Bernardo Tavares

Dengan perpanjangan kontrak ini maka Pelatih Bernardo Tavares akan menangani PSM Makassar hingga musim kompetisi musim 2025/2026.

BOLA | 3 Februari 2023

Lionel Messi Pesimistis Bisa Main di Piala Dunia 2026

Dikatakan Messi usianya yang akan 39 tahun saat digelarnya Piala Dunia 2026 akan membuatnya sulit untuk tampil di event akbar tersebut.

BOLA | 3 Februari 2023

Mbappe Absen Bela PSG Lawan Bayern di Liga Champions

Kylian Mbappe mengalami masalah otot di paruh pertama saat PSG mengalahkan Montpellier 3-1 di Ligue 1 pada hari Rabu (1/2/2023).

BOLA | 3 Februari 2023

Persebaya vs Borneo FC: Aji Minta Pemainnya Waspadai Permainan Keras

Dari pengalaman, pertemuan Persebaya dengan Borneo FC di Liga 1 kerap berjalan keras dan sering memakan korban.

BOLA | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasto: Keluarnya 5 Nama Capres dari PDIP Itu Tidak Benar

Hasto: Keluarnya 5 Nama Capres dari PDIP Itu Tidak Benar

BERSATU KAWAL PEMILU | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE