Logo BeritaSatu

Pemain Liga Luar Negeri Belum Pasti Tampil di Semua Laga Piala AFF

Jumat, 25 November 2022 | 22:40 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, para pemain tim nasional Indonesia yang berkarier di liga luar negeri belum pasti dapat bertanding di semua laga Piala AFF 2022 meskipun klub mereka memberikan izin untuk berpartisipasi di turnamen tersebut.

"Kami mengatur di pertandingan-pertandingan mana saja pemain-pemain yang di luar negeri itu bisa memperkuat timnas. Kami maklum karena Piala AFF, kan, bukan agenda FIFA," ujar Indra di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Advertisement

Pria asal Sumatera Barat itu melanjutkan, karena Piala AFF bukan turnamen FIFA, PSSI harus mengakomodasi kepentingan klub-klub luar negeri tersebut dan, secara bersamaan, memperhatikan pula kepentingan tim nasional.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022 yang rencananya berlangsung mulai 28 November 2022 di Bali.

Sebanyak delapan dari pemain-pemain itu merupakan pemain klub luar negeri yakni Sandy Walsh (klub KV Mechelen, Belgia), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim, Malaysia), Elkan Baggott (Gillingham FC, Inggris), Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan), Egy Maulana Vikri (FV Vion Zlate Moravce, Slovakia), Witan Sulaeman (AS Trencin, Slovakia) dan Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia).

Menurut Indra, dari antara pemain-pemain tersebut, baru Witan Sulaeman yang memastikan berpartisipasi dalam TC.

"Witan kalau tidak salah bergabung pada 4 Desember 2022. Untuk Egy, mungkin baru ada kabar besok. Kabar pemain lain termasuk Elkan Baggott nanti akan disampaikan oleh Shin Tae-yong," tutur Indra.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Di turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja pada laga perdana mereka di Grup A, 23 Desember 2022. Pertandingan itu diagendakan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, yang menjadi stadion kandang Indonesia di Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang untuk menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam. Lalu menjamu Thailand, 29 Desember 2022 serta, terakhir, menjajal kekuatan Filipina di rumahnya pada 2 Januari 2023.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad Garuda.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lagi, Striker Madrid Vinicius Jr Jadi Korban Perlakuan Rasis

Suporter Mallorca terdengar menyebut Vinicius Jr dengan panggilan monyet dalam video yang diterbitkan oleh perusahaan streaming DAZN di media sosial.

BOLA | 6 Februari 2023

Kocak, Skuad Persib Unggah Video Sindiran Balik ke PSS Sleman

Pelatih Persib Luis Milla duduk di bangku sopir dan di sampingnya ada Ciro Alves, Victor Igbonefo, Mark Klok, dan David da Silva merayakan kemenangan atas PSS Sleman.

BOLA | 6 Februari 2023

PSG Mulai Bahas Kontrak Baru Lionel Messi

Messi yang akan menjadi pemain bebas transfer di akhir musim ini telah dikaitkan dengan kepindahan ke sejumlah klub dalam beberapa bulan terakhir

BOLA | 6 Februari 2023

FIFA Cek Kesiapan Lapangan di Surabaya untuk Piala Dunia U-20

FIFA mengecek kondisi lapangan di Stadion Gelora 10 November, lalu dilanjutkan ke lapangan Thor, kemudian ke stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

BOLA | 6 Februari 2023

Harry Kane Kini Jadi Pemain Tersubur Tottenham Hotspur

Harry Kane kini menjadi pemain tersubur Tottenham Hotspur dengan torehan 267 gol, menyalip torehan gol Jimmy Greaves.

BOLA | 6 Februari 2023

Inter Menangi Derby Milan, Inzaghi: Kami Tampil Sempurna

Sundulan kapten Inter Milan, Lautaro Martinez di babak pertama menyebabkan kekalahan keempat beruntun bagi I Rossoneri di San Siro.

BOLA | 6 Februari 2023

Man City Dikalahkan Tottenham, Guardiola: Kami Tidak Pikirkan Gelar Juara

Kekalahan ini membuat Manchester City gagal memanfaatkan kesempatan untuk memangkas jarak dengan Arsenal yang sehari sebelumnya juga ditaklukkan Everton.

BOLA | 6 Februari 2023

Gebuk Sevilla, Barcelona Jauhi Kejaran Real Madrid

Tiga gol Barcelona di laga ini dicetak Jordi Alba pada menit ke-58, gol Gavi pada menit ke-70, dan ditutup oleh gol Raphinha pada menit ke-79.

BOLA | 6 Februari 2023

Inter Milan vs AC Milan: Lautaro Martinez Pastikan Kemenangan I Nerazzurri

Kemenangan atas AC Milan ini menjaga asa Inter Milan untuk tetap berada di jalur perebutan gelar juara.

BOLA | 6 Februari 2023

Bekuk Wolfsburg, Bayern Muenchen Kembali Rebut Puncak Klasemen

Tambahan tiga poin membuat Bayern Muenchen kini mengemas 40 poin, unggul satu poin dari Union Berlin.

BOLA | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Miris, Bocah 12 Tahun Dipukuli, Disiram Air Panas, dan Ditelantarkan Ibu

Miris, Bocah 12 Tahun Dipukuli, Disiram Air Panas, dan Ditelantarkan Ibu

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE