Logo BeritaSatu

Piala Dunia 2022: Amerika Serikat Redam Nama Besar Inggris

Sabtu, 26 November 2022 | 03:43 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Doha, Beritasatu.com - Amerika Serikat (AS) mampu meredam nama besar Inggris dan memaksa salah satu favorit juara itu bermain imbang tanpa gol pada partai penyisihan Grup B Piala Dunia 2022, Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB.

Meski dianggap underdog, AS membuat Inggris kesulitan. Berulang kali, Weston McKennie dan kawan-kawan mampu membuat lini pertahanan Inggris kewalahan.

Advertisement

Dengan hasil ini Inggris pun batal memastikan tiker 16 besar lebih dini. Mereka masih harus memainkan laga ketiga melawan Wales untuk memastikan diri melaju ke putaran kedua Piala Dunia 2022.

Inggris memang masih bertengger di puncak klasemen Grup B dengan raihan dengan 4 poin. Posisi kedua diisi Iran yang sukses menundukkan Wales dalam partai sebelumnya. Sementara AS berada di urutan ketiga dengan koleksi 2 poin. Sementara Wales berada di urutan terbawah dengan raihan 1 poin.

Permainan menekan yang diterapkan AS membuat Inggris kesulitan mengembangkan permainan. Inggris memang dominan dalam penguasaan bola namun hanya mampu membuat tendangan satu tepat ke gawang pada babak pertama ini.

Demi meraih kemenangan kedua setelah menundukkan Iran, 6-2, pelatih Inggris Gareth Southgate mengusung formasi 4-2-3-1. Harry Kane, yang sebelumnya sempat dikabarkan cedera, menjadi andalan sebagai striker tunggal.

Inggris masih memimpin klasemen Grup B dengan raihan 3 poin hasil menaklukkan Iran, 6-2, pada pertandingan pertama. Iran berada di posisi kedua setelah menang 2-0 atas Wales dalam pertandingan sebelumnya.

Sementara AS bertengger di urutan ketiga setelah bermain imbang 1-1 pada pertandingan pertama. Wales menempati urutan keempat usai imbang lawan AS dan ditaklukkan Iran.

Melawan AS, striker Harry Kane didukung trio Bukayo Saka, Mason Mount, dan Raheem Sterling. Jude Bellingham dan
Declan Rice berduet di depan empat bek yang diisi Kieran Trippier, John Stones, Harry Maguire, dan Luke Shaw. Keempatnya mengawal kiper Jordan Pickford.

Sementara di kubu AS, pelatih Gregg Berhalter memasang formasi 4-3-3. Dia memasang Timothy Weah, Haji Wright, dan Christian Pulisic sebagai barisan penyerang.

Mereka didukung tiga pemain Weston McKennie, Tyler Adams, dan Yunus Musah. Walker Zimmerman dan Tim Ream berduet menjaga jantung pertahanan. Keduanya didampingi Sergino Dest di kanan dan Antonee Robinson di kiri. Posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Matt Turner.

Inggris membuka peluang mencetak gol pada menit ke-10 melalui aksi Harry Kane. Mendapat sodoran bola dari Kieran Trippier, Bukayo Saka kemudian melepaskan umpan dari sisi kanan. Kane memanfaatkan umpan itu dan berhasil melepaskan tendangan tepat ke arah gawang. Namun aksinya gagal membuahkan gol lantaran bola diblok kiper Matt Turner.

AS mendapat peluang pada menit ke-26. Menyusul serangan dengan variasi operan dari kaki ke kaki, Weston McKennie mendapat umpan dan memanfaatkannya untuk melepaskan tendangan keras. Namun bola hasil eksekusi pemain Juventus ini melayang di atas mistar.

AS kembali menekan dua menit kemudian. Yunus Musah melepaskan tendangan keras yang sempat berbelok terkena pemain belakang Inggris. Namun bola yang mengarah ke gawang bisa ditangkap dengan baik oleh Jordan Pickord.

Menit ke-46 giliran Inggris yang membahayakan gawang AS. Sebuah tendangan keras sempat membuat kiper Matt Turner harus bekerja keras untuk menghalaunya dari mulut gawang.

Di awal babak kedua, AS langsung menggebrak lini belakang Inggris. Haji Wright merangsek ke kotak penalti namun tendangannya diblok John Stones. Bola kemudian mengarah ke Weston McKennie yang langsung menyambutnya dengan tendangan dari luar kotak penalti. Namun bola tembakannya melambung jauh di atas mistar.

Inggris sempat memasukkan dua tenaga baru Jack Grealish dan Jordan Henderson untuk meningkatkan daya dobrak. Namun masuknya pemain Manchester City dan Liverpool ini tak memberi pengaruh banyak pada permainan pasukan Gareth Southgate.

Inggris memiliki peluang ketika di pengujung laga mendapat sepak pojok. Harry KAne melepaskan sundulan menyambut umpan Kieran Trippier dari sepak pojok. Namun bola tandukkannya mampu ditangkap Matt Turner. Dalam kesempatan selanjutnya Kane juga menyundul bola tendangan bebas. Namun bola melambung jauh dari sasaran.

Susunan pemain:

Inggris (4-2-3-1): 1 Jordan Pickford; 12 Kieran Trippier, 5 John Stones, 6 Harry Maguire, 3 Luke Shaw; 22 Jude Bellingham (8 Jordan Henderson 69), 4 Declan Rice; 17 Bukayo Saka, 19 Mason Mount, 10 Raheem Sterling (7 Jack Grealish 68); 9 Harry Kane

Amerika Serikat (4-3-3): 1 Matt Turner; 2 Sergino Dest (18 Shaquell Moore 78), 3 Walker Zimmerman, 13 Tim Ream, 5 Antonee Robinson; 8 Weston McKennie (11 Brenden Aaronson 77), 4 Tyler Adams, 6 Yunus Musah; 21 Timothy Weah (24 Josh Sargent 83), 19 Haji Wright (7 Giovanni Reyna 83), 10 Christian Pulisic

Wasit: Jesus Velanzuela (Venezuela)
Stadion: Al Bayt, Al Khor



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: FIFA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Girona vs Barcelona: Semua Pilih Barca Menang

Bukan menganggap remeh, tapi rasa-rasanya hampir semua orang akan memilih Barcelona yang jadi pemenang ketika melawan Girona.

BOLA | 28 Januari 2023

Insiden di Piala Dunia: FIFA Skors 4 Pemain Uruguay, Salah Satunya Cavani

FIFA menjatuhkan skors empat pemain Uruguay terkait insiden di Piala Dunia 2022, salah satunya striker Edinson Cavani yang meninju monitor VAR.

BOLA | 28 Januari 2023

Hasil Piala FA: Manchester City Singkirkan Arsenal

Manchester City menyingkirkan Arsenal pada putaran keempat Piala FA di Stadion Etihad. Gol tunggal dicetak bek Nathan Ake.

BOLA | 28 Januari 2023

Hasil Liga Spanyol: Almeria Kembali ke Jalur Kemenangan

Almeria kembali ke jalur kemenangan setelah mengalahkan Espanyol 3-1 dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Power Horse, Almeria.

BOLA | 28 Januari 2023

Kalahkan Spezia, Bologna Naik Peringkat Klasemen Liga Italia

Bologna naik peringkat klasemen Liga Italia dengan mengalahkan Spezia 2-0, di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna.

BOLA | 28 Januari 2023

Klasemen Serie A: Tundukkan Lecce, Salernitana Akhiri Puasa Kemenangan

Salernitana mengakhiri puasa kemenangan selama 7 laga berturutan setelah menundukkan Lecce 2-1. Salernitana naik di klasemen Serie A.

BOLA | 28 Januari 2023

Asnawi Mangkualam Resmi Gabung Klub Liga 2 Korea Jeonnam Dragons

Asnawi Mangkualam diangkut Jeonnam Dragons karena dinilai memiliki kecepatan dan teknik yang bagus.

BOLA | 27 Januari 2023

Inter Milan Bidik Firmino Gantikan Lukaku

Presiden Inter Milan Steven Zhang mempertimbangkan untuk tidak meneruskan opsi permanen Lukaku dan berpaling ke Firmino sebagai alternatif.

BOLA | 28 Januari 2023

Shin Tae-yong Panggil 30 Pemain Ikuti Pelatnas Timnas U-20, Ini Daftarnya

Rencananya pemusatan latihan Timnas U-20 akan digelar pada 1-28 Februari di Jakarta sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023.

BOLA | 27 Januari 2023

Sean Dyche Jadi Kandidat Kuat Pelatih Baru Everton

Nama Sean Dyche mencuat setelah kandidat kuat sebelumnya yakni Marcelo Bielsa yang telah melakukan pembicaraan akhirnya menolak tawaran melatih Everton.

BOLA | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Februari, DPR Disebut Bakal Tetapkan Harga Final Biaya Haji

Februari, DPR Disebut Bakal Tetapkan Harga Final Biaya Haji

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE