Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Prancis vs Denmark, Les Bleus Semakin Percaya Diri

Sabtu, 26 November 2022 | 09:20 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Preview Prancis vs Denmark.

Doha, Beritasatu.com – Para pemain timnas Prancis sedang dalam rasa kepercayaan diri yang tinggi, setelah mereka mampu melewati ujian pertama di Piala Dunia Qatar dengan status juara bertahan. Pada pertandingan pertamanya di Grup D, Les Bleus menggasak Australia 4-1.

Berkat kemenangan itu, Prancis menjadi juara bertahan pertama yang memenangkan pertandingan pembukaan Piala Dunia sejak Brasil pada 2006. Tiga juara bertahan Piala Dunia sebelumnya, Jerman, Italia dan Spanyol gagal meraih kemenangan di pertandingan pertama mereka.

Hanya empat juara bertahan sebelumnya yang memenangkan dua pertandingan pembukaan kampanye Piala Dunia mereka. Prancis akan bergabung dengan mereka di Piala Dunia 2022 ini jika mampu mengalahkan Denmark di Stadion 974 di Doha, Sabtu (26/11/2022) malam nanti pukul 23.00 WIB.

Prancis juga sedang berusaha untuk memenangkan enam pertandingan berturut-turut di putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Tim yang terakhir mencapai prestasi seperti itu adalah generasi emas Spanyol pada tahun 2010.

Kemenangan atas Denmark bisa memastikan Prancis lolos dari babak grup menuju sistem gugur (16 Besar). Juara bertahan ini bisa duduk manis di puncak Grup D dan dijamin tiket ke babak sistem gugur dengan kemenangan, dan pertarungan Tunisia dengan Australia di grup yang sama berakhir imbang.

Sebelum memulai kampanyenya di Piala Dunia Qatar ini, pelatih Prancis Didier Deschamps telah dibuat pusing akibat cedera pemain andalannya, seperti N'Golo Kante, Paul Pogba dan kemudian Christopher Nkunku yang semuanya absen. Pukulan terbesar untuk Didier Deschamps terjadi menjelang turnamen, ketika pemenang Ballon d'Or Karim Benzema menderita cedera paha depan.

Selebrasi Timnas Prancis.

Namun jika ada tim yang mampu menghadapi berbagai pukulan, dan tetap tegar bertahan, itulah Prancis.

Pada pertandingan pertama menghadapi Australia, Olivier Giroud mencetak dua gol untuk menyamai rekor gol Thierry Henry sebagai pencetak gol terbanyak Les Bleus, sementara Kylian Mbappe, Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele semuanya tampil tajam.

Sedangkan Denmark hanya bermain imbang 0-0 dengan Tunisia. Meski peluang untuk lolos sebagai posisi dua grup masih ada, namun situasi Denmark terbilang sulit. Pasukan Merah Putih belum bisa memperlihatkan ketajaman mereka untuk mencetak gol.

Namun Denmark punya rekor mampu mengatasi Prancis di sejumlah pertemuan, Pertandingan terakhir mereka sebelum Piala Dunia membuat mereka menang 2-0 atas Prancis di ajang Liga Bangsa Eropa, juga mengklaim kemenangan 2-1 pada bulan Juni, dan mereka juga mengalahkan Les Bleus 2-0 di babak penyisihan grup, Piala Dunia 2002, saat Prancis menjadi juara bertahan.

Bek Denmark Andreas Christensen mengaku, tidak takut melawan juara dunia Prancis, meskipun Les Bleus memiliki banyak bakat menyerang.

“Kami tahu pemain lain. Kami sudah tahu cukup banyak. Tapi menurut saya tipikal orang Prancis, mereka selalu percaya pada kemampuan mereka dan dengan nalar”.

Laga penyisihan Grup D Piala Dunia Qatar 2022 antara Denmark menghadapi Tunisia di Stadion Kota Pendidikan, Al-Rayyan, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Kondisi Tim
Prancis kehilangan bek kiri Lucas Hernandez yang robek ligamen anteriornya saat pertandingan menghadapi Australia. Pemain klub Bayern Muenchen ini harus berhenti di Piala Dunia Qatar karena akan menjalani rehabilitasi berbulan-bulan. Perannya akan digantikan sang adik Theo Hernandez.

Deschamps juga tidak diperkuat Kingsley Coman, karena dalam sesi latihan hari Jumat ia bermasalah di bagian pinggul, tetapi Raphael Varane bisa dimainkan sejak awal di belakang didampingi Dayot Upamecano dan Jules Kounde.

Untuk lini depan, Deschamps sepertinya masih akan mempercayakan kuartet pemenang, Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Olivier Giroud.

Di tim Dinamit Denmark, cedera berat juga dialami gelandang klub Sevilla Thomas Delaney, yang ditarik keluar karena cedera lutut saat melawan Tunisia dan juga terpaksa mundur dari turnamen saat ia bersiap untuk masa pemulihan selama sebulan.

Pelatih timnas Denmar Kasper Hjulmand harus mempertimbangkan untuk menurunkan Christian Eriksen ke peran yang lebih dalam bersama Pierre-Emile Hojbjerg setelah cedera Delaney. Dan, memungkinkan juga untuk Mikkel Damsgaard atau Jesper Lindstrom untuk bergabung dalam serangan.

Andreas Cornelius menghasilkan salah satu kesalahan terburuk dalam sejarah Piala Dunia setelah membentur tiang gawang dari jarak satu yard saat melawan Tunisia, dan pemain berusia 29 tahun itu seharusnya hanya dipertimbangkan untuk pemain pengganti.

Perkiraan Pemain
Prancis: Lloris (GK), Kounde, Varane, Upamecano, T. Hernandez, Tchouameni, Rabiot; Dembele, Griezmann, Mbappe, Giroud.

Denmark: Schmeichel (GK), Andersen, Christensen, Kjaer, Kristensen, Hojbjerg, Eriksen, Maehle, Skov Olsen, Dolberg, Damsgaard.

Pemain yang Diawasi
Olivier Giroud (Prancis)
Giroud, tengah memburu gol internasional ke-52 untuk memecahkan rekor gol Thierry Henry sebagai pencetak gol terbanyak Les Bleus. Ia hanya bisa menjadi pemain kedua berusia 36 tahun yang mencetak gol dalam penampilan Piala Dunia berturut-turut, setelah Tom Finney untuk Inggris pada 1958.

Prancis telah mencetak empat gol dalam dua pertandingan Piala Dunia terakhir mereka, termasuk saat final 2018 melawan Kroasia dan tahun ini melawan Australia. Jadi Giroud seharusnya memiliki banyak peluang, meskipun Denmark mencatatkan gawang tak kebobolan dalam tiga dari lima pertandingan Piala Dunia terakhir mereka.

Olivier Giroud.

Christian Eriksen (Denmark)
Butuh beberapa saat bagi Eriksen untuk beradaptasi saat melawan Tunisia, tetapi ketika dia menekan di babak kedua, Denmark meningkatkan tekanan.

Pengatur serangan ini menciptakan lebih banyak menciptakan peluang daripada pemain lain di Denmark dalam permainannya (5 kali). Memang, hanya Michael Laudrup (6 kali saat melawan Nigeria pada 1998) yang pernah menciptakan lebih banyak peluang dalam satu pertandingan Piala Dunia untuk Denmark.

Christian Eriksen.

Peluang Menang
Denmark telah memenangkan dua pertemuan terakhir mereka melawan Prancis di Liga Bangsa Eropa 2022. Tetapi Opta tetap menjadikan Les Bleus sebagai favorit, dengan memberikan peluang kemenangan 52,7% untuk sang juara dunia.

Sedangkan tim Dinamit Denmark menang hanya diprediksi 22,8% saja, dan 24,5% pertandingan berakhir imbang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI