Logo BeritaSatu

Piala Dunia 2022: Tundukkan Tunisia, Australia Buka Peluang ke 16 Besar

Sabtu, 26 November 2022 | 18:58 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Al Wakrah, Beritasatu.com - Australia membuka peluang lolos ke 16 besar setelah menundukkan Tunisia dengan skor tipis, 1-0, pada pertandingan penyisihan Grup D Piala Dunia 2022, di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Sabtu (26/11/2022).

Gol yang membawa Tim Kanguru memetik tiga poin dilesakkan Mitchell Duke pada menit ke-23.

Advertisement

Kemenangan ini membawa Australia menempati urutan kedua klasemen Grup D dengan raihan tiga poin sama dengan Prancis yang memimpin klasemen setelah kemenangan 4-1 atas Australia pada pertandingan pertama. Sementara Tunisia harus puas berada di posisi juru kunci karena baru mendapat 1 poin.

Pada babak pertama Australia memang mendominasi penguasaan bola. Namun Tunisia berulang kali mendapat peluang menjebol gawang lawan. Tunisia ganti mendominasi penguasaan bola pada babak kedua. Mereka memiliki beberapa peluang namun gagal mencetak gol.

Partai lain di Grup D Piala Dunia 2022 ini akan mempertemukan Prancis melawan Denmark di Stadion 974, Doha, dalam pertandingan lebih larut yakni mulai 23.00 WIB.

Demi ambisi memetik kemenangan dalam partai kedua mereka dalam pertandingan ini, pelatih Tunisia Jalel Kadri menurunkan formasi 3-4-3. Dia menampilkan Naim Sliti, Issam Jebali, dan Youssef Msakni sebagai andalan di lini depan.

Trio ini ditopang barisan tengah yang terdiri dari Mohamed Drager, Ellyes Skhiri, Aissa Laidouni, serta Ali Abdi. Kadri menampilkan tiga bek di lini pertahanan yang terdiri dari Dylan Bronn, Yassine Meriah, dan Montassar Talbi. Ketiganya mengawal kiper Aymen Dahmen.

Sementara di kubu Australia, pelath Graham Arnold mengusung formasi 4-3-3. Tiga pemain di lini depan dipercayakan kepada Mathew Leckie, Mitchell Duke, dan Craig Goodwin. Sementara trio lini tengah diisi Riley McGree, Aaron Mooy, dan Jackson Irvine.

Harry Souttar dan Kye Rowles berduet menggalang lini belakang didampingi Fran Karacic di kanan serta Aziz Behich di kiri. Mereka mengawal kiper Mat Ryan.

Australia menekan pada menit keenam ketika bek Australia Fran Karacic melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti namun diblok.

Tunisia mendapat peluang pada menit ke-20. Issam Jebali berhasil melepaskan umpan ke kotak penalti. Namun Youssef Msakni gagal mengeksekusi bola dengan baik lantaran terlalu deras.

Australia memecah kebuntuan pada menit ke-23 berkat gol yang dicetak Mitchell Duke. Gol berawal dari serangan balik. Craig Goodwin menusuk melalui sayap kiri. Dia melepaskan umpan yang sempat terkena badan salah satu pemain Tunisia. Namun Mitchell Duke tetap berhasil menyundul bola dan melesak ke gawang Aymen Dahmen.

Tunisia mendapat peluang pada menit ke-37 ketika Youssef Msakni berhasil menerobos kotak penalti Australia. Namun tendangan pemain Al Arabi ini diblok pemain belakang Australia.

Beberapa saat kemudian, Tunisia kembali mendapat kesempatan mencetak gol. Kali serangan berawal dari keberhasilan Issam Jebali merangsek ke kotak penalti lawan. Bola diumpankan Youssef Msakni ke sisi kanan dan Mohamed Drager menyambutnya dengan melepaskan tendangan kaki kanan namun diblok pemain Australia.

Tunisia kembali mendapat peluang emas pada menit ke-48. Issam Jebali melepaskan umpan dari sisi kanan yang langsung disambut Youssef Msakni. Namun tenadangan pemain nomor punggung 7 ini melenceng dari sasaran.

Tunisia memasukkan pemain baru Ferjani Sassi menggantikan gelandang Mohamed Drager saat babak kedua dimulai.

Tunisia mendapat dua peluang pada 10 menit pertama babak kedua dari tendangan bebas. Namun semua umpan tendangan bebas yang dikirim ke kotak penalti disapu dengan sundulan oleh pemain Australia.

Tunisia ganti mendominasi penguasaan bola pada babak kedua ini. Beberapa peluang mereka ciptakan untuk menyamakan kedudukan termasuk pada menit ke-83, ketika Montassar Talbi melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun kiper Mat Ryan mampu menyelamatkan gawangnya.

Pada menit ke-89, Tunisia kembali mendapat peluang. Wahbi Khazri melepaskan tendangan ke gawang menyambut umpan Wajdi Kechrida dari sisi kanan. Namun tendangannya tepat di pelukan Mat Ryan.

Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan usai. Australia pun membuka peluang ke 16 besar.

Susunan pemain:

Tunisia (3-4-3): 16 Aymen Dahmen; 6 Dylan Bronn (21 Wajdi Kechrida 73), 4 Yassine Meriah, 3 Montassar Talbi; 20 Mohamed Drager (13 Ferjani Sassi 46), 17 Ellyes Skhiri, 14 Aissa Laidouni (10 Wahbi Khazri 67), 24 Ali Abdi; 23 Naim Sliti, 9 Issam Jebali (11 Taha Yassine Khenissi 73), 7 Youssef Msakni

Australia (4-3-3): 1 Mat Ryan; 5 Fran Karacic (2 Milos Degenek 75), 19 Harry Souttar, 4 Kye Rowles, 16 Aziz Behich; 14 Riley McGree (10 Ajdin Hrustic 64), 13 Aaron Mooy, 22 Jackson Irvine; 7 Mathew Leckie, 15 Mitchell Duke (9 Jamie Maclaren 64), 23 Craig Goodwin



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: FIFA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

MU Pinjam Marcel Sabitzer dari Bayern Muenchen

Marcel Sabitzer, pemain internasional Austria berusia 28 tahun itu telah setuju untuk bergabung dengan tim Erik ten Hag hingga akhir musim.

BOLA | 1 Februari 2023

Pecah Rekor, Chelsea Akhirnya Dapatkan Enzo Fernandez

Enzo kini menjadi pemain termahal dalam sejarah sepak bola Inggris, melampaui £100 juta yang dibayarkan Manchester City untuk Jack Grealish pada 2021.

BOLA | 1 Februari 2023

Arsenal Angkut Jorginho dari Chelsea

Arsenal membeli Jorginho yang telah mencatatkan 143 penampilan di Liga Inggris  dengan nilai transfer sebesar 12 juta pound.

BOLA | 1 Februari 2023

Union Berlin Melenggang ke Perempat Final Piala Jerman

Sempat tertinggal terlebih dahulu, Unio Berlin berhasil membalas dua gol ke gawang Wolfsburg lewat gol Robin Knoche dan Kevin Behrens.

BOLA | 1 Februari 2023

Kalahkan Atalanta, Inter Milan ke Semifinal Coppa Italia

Kemenangan Inter Milan atas Atalanta di perempat final Coppa Italia ditentukan melalui gol yang dicetak Matteo Darmian di babak kedua.

BOLA | 1 Februari 2023

Christian Eriksen Absen 3 Bulan, Ten Hag yakin MU Tak Perlu Pemain Baru

Erik ten Hag menegaskan MU tak perlu mencari pemain baru meski akan kehilangan Christian Eriksen selama tiga bulan karena cedera.

BOLA | 31 Januari 2023

Ini Daftar Lengkap Sementara Calon Ketum, Waketum, dan Exco PSSI yang Lolos

Komite Pemilihan resmi mengumumkan daftar nama calon sementara ketua umum, wakil ketua umum, dan Exco PSSI periode 2023-2027.

BOLA | 31 Januari 2023

Muenchen Pinjam Joao Cancelo dari Man City hingga Akhir Musim

Bayern Muenchen resmi mendatangkan bek Manchester City Joao Cancelo dengan status pinjaman hingga akhir musim.

BOLA | 31 Januari 2023

Indra Sjafri Jadi Pelatih Timnas U-22 untuk SEA Games 2023

Kursi pelatih tersebut diberikan kepada Indra Sjafri lantaran PSSI melepaskan Shin Tae-yong dari tanggung jawab menangani timnas U-22 Indonesia untuk SEA Games 2023.

BOLA | 31 Januari 2023

Lima Calon Ketua Umum PSSI Lolos Verifikasi

Komite Pemilihan mengumumkan lima calon ketua umum PSSI periode 2023-2027 yang mendaftar, semuanya lolos verifikasi dan memenuhi persayaratan.

BOLA | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MU Pinjam Marcel Sabitzer dari Bayern Muenchen

MU Pinjam Marcel Sabitzer dari Bayern Muenchen

BOLA | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE