Logo BeritaSatu

Ini Fakta Menarik Kemenangan Maroko atas Belgia

Minggu, 27 November 2022 | 23:12 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Doha, Beritasatu.com - Kejutan kembali terjadi di Piala Dunia 2022 ketika Maroko mengalahkan Belgia, 2-0, pada partai penyisihan Grup F, di Stadion Al Thumama, Minggu (27/11/2022). Gol kemenangan Maroko dilesakkan dua pemain pengganti Abdelhamid Sabiri pada menit ke-73 dan Zakaria Aboukhlal di pengujung babak kedua.

Berkat kemenangan ini peluang Maroko ke babak 16 besar kian terbuka. Dengan koleksi 4 poin mereka kini memimpin klasemen Grup F. Belgia bertengger di posisi kedua dengan raihan 3 poin.

Advertisement

Kemenangan Maroko atas Belgia menjadi kejutan ketiga di Piala Dunia 2022 setelah Arab Saudi mengalahkan Argentina dan Jepang mempermalukan juara empat kali, Jerman. Pergantian pemain yang dilakukan pelatih Walid Regragui menjadi salah satu kunci keberhasilan Maroko meraih tiga poin.

Abdelhamid Sabiri dan Zakaria Aboukhlal yang menjadi pencetak gol Maroko masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti pada babak kedua. Abdelhamid Sabiri menggantikan Selim Amallah dan Zakaria Aboukhlal menggantikan Youssef En-Nesyri.

Ada beberapa fakta menarik dalam kemenangan Maroko atas Belgia ini yaitu:

- Gol pembuka Abdelhamid Sabiri adalah gol tendangan bebas langsung pertama Maroko di Piala Dunia. Gol pemain gelandang Sampdoria itu juga menjadi gol tendangan bebas langsung pertama oleh negara mana pun di Piala Dunia 2022.

- Belgia kalah tujuh kali dari 19 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi (menang 9, seri 3), kekalahan sebanyak yang mereka derita dari gabungan 74 pertandingan sebelumnya (menang 57, seri 10).

- Kemenangan Maroko atas Belgia merupakan kemenangan pertama mereka dalam lima pertandingan di Piala Dunia (seri 2, kalah 2). Sementara itu, untuk pertama kalinya mereka mencatatkan clean sheet berturut-turut di Piala Dunia sejak 1986. Pada pertandingan pertama di Piala Dunia 2022, Maroko bermain 0-0 melawan Kroasia.

- Belgia adalah tim ketiga yang kalah dalam pertandingan ke-50 mereka di Piala Dunia, setelah Inggris pada 2002 (vs Brasil) dan Spanyol pada 2010 (Swiss), meskipun yang terakhir memenangkan turnamen tahun itu.

- Belgia hanya mencetak lebih sedikit gol setelah dua pertandingan di Piala Dunia sebelumnya (tidak ada pada tahun 1930) - mereka telah mencetak delapan gol dalam dua pertandingan pertama mereka pada tahun 2018.

- Terdapat enam pemain di kubu Belgia yang telah bermain lebih dari 100 kali membela negaranya. Mereka adalah Toby Alderweireld (126), Jan Vertonghen (144), Axel Witsel (129), Romelu Lukaku (103), Eden Hazard (125), Dries Martens (108).

- Kiper Thibaut Courtois hanya butuh satu partai lagi untuk menggenapkan jumlah pertandingannya untuk Timnas Belgia menjadi 100. Melawan Maroko adalah pertandingan ke-99 untuk negaranya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Livescore

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tandang ke Tottenham, Manchester City Harus Menang

Manchester City harus memaksimalkan lawatannya ke kandang Tottenham untuk memperpendek jarak dengan Arsenal di klasemen Liga Inggris.

BOLA | 5 Februari 2023

Piala Dunia Antarklub 2023: Al Ahly Tantang Real Madrid di Semifinal

Al Ahly melenggang ke semifinal Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Seattle Sounders 1-0 di perempat final.

BOLA | 5 Februari 2023

Sergio Ramos Akui Lionel Messi Pemain Terbaik Dunia

Setelah dua musim bersama pemain Argentina itu sebagai rekan setimnya, Sergio Ramos kini melihat Lionel Messi dari sudut pandang baru.

BOLA | 5 Februari 2023

Barcelona vs Sevilla: Xavi Siap Pecahkan Rekor Pep Guardiola

Jika menang tanpa kebobolan, Barcelona bersama Xavi akan mengalahkan rekor tim  2011/12 yang hanya kebobolan dua gol dalam sepuluh pertandingan kandang di liga.

BOLA | 5 Februari 2023

Duh, Ternyata Casemiro Sepanjang Karier Pakai Nama Salah di Jersey

Casemiro mengungkapkan awal pemakaian nama ini dengan dibumbui sedikit takhayul ketika masih mengawali kariernya di Sao Paulo.

BOLA | 5 Februari 2023

Roma vs Empoli: I Giallorossi Menang Lewat Dua Gol Cepat

Dua gol Roma tercipta ketika laga belum genap 10 menit yakni lewat Roger Ibanez di menit 2 dan Tamy Abraham di menit 6.

BOLA | 5 Februari 2023

Ligue 1: Hakimi dan Messi Bawa PSG Kalahkan Toulouse

Branco van de Boomen membuat Toulouse unggul sebelum dibalas PSG dua gol lewat Achraf Hakimi di menit 38 dan Lionel Messi di menit 58.

BOLA | 5 Februari 2023

Sakit, Ezra Walian Terancam Absen Bela Persib Lawan PSS

Striker Ezra Walian terancam absen membela Persib Bandung dalam pertandingan menjamu PSS karena sakit.

BOLA | 5 Februari 2023

Liverpool Kalah Telak di Wolves, Ini Hasil Liga Inggris Sabtu

Liverpool menelan kekalahan untuk ketujuh kalinya di Liga Inggris musim ini saat menyerah 0-3 kepada tuan rumah Wolverhampton Wanderers.

BOLA | 5 Februari 2023

Tundukkan Palace, Manchester United Terus Hidupkan Asa Juara

Manchester United menundukkan tamunya Crystal Palace, 2-1, pada lanjutan Liga Inggris, di Stadion Old Trafford.

BOLA | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE