Logo BeritaSatu

Piala Dunia 2022: 3 Tim Pastikan Tiket 16 Besar, 2 Tersingkir

Selasa, 29 November 2022 | 10:04 WIB
Oleh : JAS

Doha, Beritasatu.com - Prancis, Brasil, dan Portugal menjadi tiga tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan menyisakan satu pertandingan lagi setelah memenangkan laga kedua mereka masing-masing.

Sebaliknya, tuan rumah Qatar dan Kanada menjadi dua tim yang tersisih apa pun hasil pertandingan terakhir mereka masing-masing setelah keduanya kalah dalam dua pertandingan pertama fase grup.

Advertisement

Prancis, Brasil, dan Portugal masing-masing memuncaki Grup D, Grup G dan Grup H setelah mengumpulkan enam poin usai memenangkan dua pertandingan pertama grupnya masing-masing.

Ketiga tim kini bisa leluasa melakukan rotasi pemainnya pada pertandingan ketiganya dalam rangkaian pertandingan terakhir fase grup mulai Senin sore pukul 17.00 WIB nanti.

Dalam rangkaian pertandingan kedua masing-masing ini juga terjadi kejutan dan heroisme.

Kejutan terjadi ketika Maroko menjungkalkan peringkat kedua dunia, Belgia, dengan dua gol tanpa balas.

Sedangkan heroisme tercipta manakala Argentina, Ghana, Iran, Kosta Rika, Australia, dan Senegal sama-sama melakukan pembalikan luar biasa dengan memenangkan pertandingan kedua.

Piala Dunia 2022: 3 Tim Pastikan Tiket 16 Besar, 2 Tersingkir
Gelandang Meksiko Hector Herrera dan penyerang Argentina Lionel Messi memperebutkan bola selama pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 26 November 2022.

Keenam tim terjungkal pada pertandingan pertama sehingga kemenangan dalam laga kedua ini menghidupkan asa lolos ke babak knockout.

Lima grup lainnya masih harus menentukan siapa di antara mereka yang bisa memuncaki grupnya masing-masing.

Kondisi masing-masing grup

Di Grup A, Belanda, Ekuador dan Senegal ketat bersaing menjadi dua tim yang mewakili grup ini ke babak 16 besar. Belanda dan Ekuador cukup mendapatkan hasil seri agar bisa lolos ke babak knockout, sedangkan Senegal mutlak memenangkan pertandingan terakhirnya.

Skenario relatif sama terjadi di Grup B di mana Inggris sedikit lebih baik ketimbang Iran, Amerika Serikat dan apalagi Wales.

Inggris cukup mendapatkan seri dari pertandingan terakhir melawan Wales. Sebaliknya tiga tim lainnya wajib menang agar bisa lolos ke babak 16 besar.

Situasi paling pelik dihadapi Wales yang diwajibkan menang empat gol sambil berharap pertandingan Iran melawan Amerika Serikat berakhir seri.

Situasi sama dengan Grup B terjadi di Grup C. Polandia memuncaki grup ini dengan empat poin, disusul Argentina dan Arab Saudi dengan tiga poin.

Tetapi Polandia dalam bahaya besar karena lawan terakhirnya adalah Argentina yang diwajibkan memenangkan laga terakhirnya agar lolos ke 16 besar.

Semua dalam grup ini masih berpeluang ke 16 besar dengan situasi paling pelik dihadapi Meksiko yang selain diharuskan mengalahkan Arab Saudi juga dipaksa tergantung kepada hasil pertandingan Polandia vs Argentina.

Jika Polandia dan Argentina seri, dan Meksiko mengalahkan Arab Saudi, maka Polandia dan Argentina lolos karena keduanya unggul selisih gol dari Meksiko.

Pun dengan Saudi, mereka diwajibkan mengalahkan Meksiko agar lolos ke babak knockout

Di Grup D, Australia yang mengemas tiga poin dan Denmark serta Tunisia yang sama-sama mengumpulkan satu poin, bertarung menjadi pendamping Prancis ke babak enam belas besar.

Di Grup E, Spanyol yang memimpin dengan 4 poin masih belum aman walau cukup mendapatkan seri dari pertandingan terakhirnya melawan Jepang. Jepang, Kosta Rika dan Jerman masih berpeluang lolos ke 16 besar.

Di Grup F, Kroasia, Maroko dan Belgia menjadi tiga tim yang berpeluang ke 16 besar. Kroasia dan Maroko cukup mendapatkan hasil seri dari pertandingan terakhirnya masing-masing melawan Belgia dan Kanada. Ini pekerjaan teramat sulit karena Belgia dan Kanada akan berusaha sekeras mungkin dengan alasan berbeda. Belgia harus menang agar lolos, sedangkan Kanada ingin pulang dengan kepala tegak.

Di Grup G, Swiss, Kamerun dan Serbia masih berpeluang menjadi pendamping Brasil ke babak knockout. Ketiga tim diwajibkan menang. Namun Swiss cukup seri melawan Serbia, dengan catatan pertandingan Brasil lawan Kamerun berakhir seri atau dimenangkan Brasil.

Situasi sama terjadi di Grup G di mana Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay sama-sama berpeluang mendampingi Portugal ke 16 besar. Ghana cukup mendapatkan seri melawan Uruguay, dengan catatan Korea Selatan juga seri atau dikalahkan Portugal.

Ringkasan rangkaian pertandingan kedua

Berikut ringkasan 16 pertandingan dalam rangkaian pertandingan kedua dalam fase grup selama empat hari terakhir.

Piala Dunia 2022: 3 Tim Pastikan Tiket 16 Besar, 2 Tersingkir
Selebrasi Timnas Senegal.

GRUP A

Qatar vs Senegal 1-3
Qatar menjadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022 setelah dibantai Senegal 1-3 lewat gol Boulaye Dia, Famara Diedhiou dan Bamba Dieng, sedangkan Qatar membalas satu gol melalui Mohammed Muntari.
Hasil ini membuat Senegal yang dikalahkan Belanda dalam pertandingan pertama, menjaga asa ke 16 besar.

Belanda vs Ekuador 1-1
Belanda gagal membungkus kemenangan yang bisa memastikan mereka ke 16 besar setelah gol Cody Gakpo disamakan Enner Valencia sehingga kedua tim bermain seri 1-1.

GRUP B

Inggris vs Amerika Serikat 0-0
Inggris dibuat frustrasi oleh Amerika Serikat sehingga laga kedua antara kedua tim berakhir imbang 0-0.
Inggris gagal lolos cepat ke 16 besar dan mesti mendapatkan minimal hasil seri melawan Wales dalam laga terakhir, sedangkan AS wajib menang dari Iran dalam pertandingan terakhir fase grup ini.

Iran vs Wales 2-0
Dua gol pada waktu tambahan babak kedua membawa Iran bangkit dari pembantaian 2-6 Inggris dalam laga pertama, dengan menaklukkan Wales 2-0 pada lanjutan pertandingan keduanya di Grup B
Iran mendapatkan dua gol dari Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian, sehingga asa ke 16 besar pun terpelihara.

Piala Dunia 2022: 3 Tim Pastikan Tiket 16 Besar, 2 Tersingkir
Pemain Polandia, Piotr Zielinski (20), merayakan gol ke gawang Arab Saudi.

GRUP C

Polandia vs Arab Saudi 2-0
Polandia menjungkalkan kejutan terbesar Piala Dunai 2022, Arab Saudi, dengan 2-0 berkat gol-gol Piotr Zielinski dan Robert Lewandowski.
Ini adalah gol pertama Lewandowski dalam ajang Piala Dunia.

Argentina vs Meksiko 2-0
Gol Lionel Messi dan pemain pengganti Enzo Fernandez membawa Argentina menaklukkan Meksiko 2-0 yang sekaligus menghidupkan peluang Albiceleste lolos ke babak knockout setelah ditumbangkan Arab Saudi 1-2 dalam pertandingan pertama.
Argentina tampil jauh lebih klinis dibandingkan dengan saat menghadapi Saudi sehingga mendapatkan kembali performa yang membuat mereka favorit kuat juara dunia.

GRUP D

Australia vs Tunisia 1-0
Australia juga bangkit setelah dibantai Prancis 1-4 dalam pertandingan pertama, dengan menang tipis 1-0 atas Tunisia dalam pertandingan keduanya di Grup D berkat gol Mitchell Duke.
Ini juga kemenangan pertama putaran final Piala Dunia Socceroos dalam 12 tahun terakhir yang juga menjaga asa lolos ke babak knockout.

Prancis vs Denmark 2-1
Kylian Mbappe mencetak dua gol yang membawa juara bertahan Prancis mengalahkan Denmark 2-1 dan sekaligus menjadikan Prancis tim pertama yang lolos ke 16 besar Piala Dunia.
Mereka memimpin berkat gol Mbappe saat laga masuk satu jam. Tak lama kemudian Andreas Christensen menyamakan kedudukan sebelum Mbappe kembali mencetak gol pada menit ke-86 setelah meneruskan umpan silang Antoine Griezmann.

Piala Dunia 2022: 3 Tim Pastikan Tiket 16 Besar, 2 Tersingkir
Penyerang Kosta Rika, Joel Campbell (kiri), berebut bola dengan gelandang Jepang Wataru Endo (tengah) dan Ritsu Doan.

GRUP E

Kosta Rika vs Jepang 1-0
Kosta Rika juga segera melupakan kekalahan memalukan 0-7 dari Spanyol pada laga pertama dengan bangkit menumbangkan kejutan besar lainnya dalam Piala Dunia ini, Jepang, yang mereka kalahkan 1-0 berkat gol Keysher Fuller pada menit ke-81.
Kosta Rika pun masih memiliki harapan lolos ke babak knockout

Spanyol vs Jerman
Gol menit-menit terakhir Niclas Fullkrug menyelamatkan Jerman dari kekalahan melawan Spanyol sehingga laga kedua Grup E ini berakhir imbang 1-1.
Spanyol unggul terlebih dahulu lewat gol Alvaro Morata pada babak kedua yang baru disamakan Jerpan pada menit ke-83 dari gol Fullkrug.

GRUP F

Kroasia vs Kanada 4-1
Kroasia membukukan kemenangan penting untuk memastikan peluang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar tetap terbuka ketika dua gol Andrej Kramaric menginspirasi kemenangan 4-1 dan sekaligus menyingkirkan Kanada dalam pertandingan kedua Grup F.
Tim besutan Zlatko Dalic sempat dikejutkan oleh gol Alphonso Davies pada menit kedua. Namun Kramaric menyamakan kedudukan dan kemudian disusul Marko Livaja.
Pada babak kedua Kramaric dan Lovro Majer memastikan Kroasia memetik kemenangan pertamanya dalam turnamen ini setelah imbang tanpa gol melawan Maroko dalam laga pertama.

Maroko vs Belgia 2-0
Maroko menjadi tim ketiga yang membuat kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan peringkat kedua FIFA Belgia dengan skor 2-0.
Gol Maroko lahir pada menit ke-73 melalui tendangan bebas Abdelhamid Sabiri dan sepakan terukur Zakaria Aboukhlal pada menit 90+2.

GRUP G

Kamerun vs Serbia 3-3
Drama enam gol membuat laga Kamerun versus Serbia imbang 3-3.
Pertandingan berjalan sengit dengan Kamerun unggul terlebih dahulu berkat gol Jean-Charles Castelletto yang dibalas Serbia oleh dua gol yang dilesakkan Strahinja Pavlovic dan Sergej Milinkovic-Savic.
Serbia di atas angin ketika Aleksandar Mitrovic mengubah kedudukan 3-3, namun Vincent Aboubakar dan Eric Maxim Choupo-Moting datang menyelamatkan Kamerun dari kekalahan.

Piala Dunia 2022: 3 Tim Pastikan Tiket 16 Besar, 2 Tersingkir
Bek Brasil Casemiro melakukan selebrasi gol ke gawang Swiss.

Brasil vs Swiss 1-0
Brasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Swiss 1-0 berkat gol semata wayang Casemiro usai memanfaatkan umpan Rodrygo.

GRUP H

Ghana vs Korea Selatan 3-2
Ghana sukses mengatasi Korea Selatan dengan tiga gol yang dibalas dua gol oleh Korea dalam laga kedua mereka di Grup H.
Ghana unggul 2-0 berkat Mohammed Salisu dan Mohammed Kudus, namun Korea Selatan menyamakan kedudukan lewat dua gol Cho Gue-sung. Kudus menjadi pahlawan kemenangan Ghana berkat golnya pada menit ke-68.

Portugal vs Uruguay 2-0
Portugal menjadi tim ketiga yang memastikan lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Uruguay 2-0 berkat dua gol Bruno Fernandes . Mereka menyusul Prancis dan Brasil lolos ke babak knockout.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA/FIFA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Asnawi Mangkualam Resmi Gabung Klub Liga 2 Korea Jeonnam Dragons

Asnawi Mangkualam diangkut Jeonnam Dragons karena dinilai memiliki kecepatan dan teknik yang bagus.

BOLA | 27 Januari 2023

Inter Milan Bidik Firmino Gantikan Lukaku

Presiden Inter Milan Steven Zhang mempertimbangkan untuk tidak meneruskan opsi permanen Lukaku dan berpaling ke Firmino sebagai alternatif.

BOLA | 28 Januari 2023

Shin Tae-yong Panggil 30 Pemain Ikuti Pelatnas Timnas U-20, Ini Daftarnya

Rencananya pemusatan latihan Timnas U-20 akan digelar pada 1-28 Februari di Jakarta sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023.

BOLA | 27 Januari 2023

Sean Dyche Jadi Kandidat Kuat Pelatih Baru Everton

Nama Sean Dyche mencuat setelah kandidat kuat sebelumnya yakni Marcelo Bielsa yang telah melakukan pembicaraan akhirnya menolak tawaran melatih Everton.

BOLA | 28 Januari 2023

Legenda Juventus Edgar Davids Akui Atmosfer Sepak Bola Indonesia Luar Biasa

Edgar Davids datang ke Indonesia untuk meramaikan acara Juventus Village yang digelar di Lippo Mall Kemang, dari 27 hingga 29 Januari 2023 mendatang.

BOLA | 27 Januari 2023

Maju Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Ingin Jadikan Sepak Bola Sarana Persatuan

Menurut Erick Thohir, sepak bola sangat potensial menjadi sarana persatuan asalkan bisa dikelola dengan baik sehingga bisa memberikan kegembiraan.

BOLA | 27 Januari 2023

Bus Arema FC Dilempari Batu, Asisten Pelatih dan Dua Pemain Terluka

Asisten pelatih Arema FC Kuncoro mengalami luka pada bagian lutut dan dua pemain Adilson Maringa serta Achmad Figo mengalami luka di bagian tangan.

BOLA | 27 Januari 2023

Pelatih Yakin The Minions Bisa Kembali ke Performa Puncak

Herry IP sangat bahwa The Minions bisa bangkit dari masalah cedera dan kembali menampilkan performa terbaik mereka pada turnamen mendatang.

BOLA | 27 Januari 2023

Pep Guardiola: Mikel Arteta Nyaris Jadi Pelatih Manchester City

Pep Guardiola mengungkapkan Mikel Arteta sebenarnya akan melatih Manchester City namun dia tak sabar dan akhirnya menangani Arsenal.

BOLA | 27 Januari 2023

AC Milan Akan Kembalikan Sergino Dest, Barcelona Ketakutan

Klub Italia, AC Milan, kemungkinan bakal melepas bek Sergino Dest ke Barcelona dan membuat raksasa Spanyol itu ketakutan. 

BOLA | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Band Wali Rilis Lagu Berbahasa Sunda Kumaha Aing

Band Wali Rilis Lagu Berbahasa Sunda Kumaha Aing

LIFESTYLE | 49 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE