Logo BeritaSatu

VAR Bantu Periksa Adu Jotos Antarpemain di Piala Rusia

Selasa, 29 November 2022 | 12:09 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Enam kartu merah dikeluarkan wasit pada pertandingan Piala Rusia antara Zenit St Petersburg dan Spartak Moskwa, Minggu (27/11/2022). Pemicunya adalah perkelahian antarpemain dua klub Rusia tersebut.

Video keributan dua klub rival bebuyutan yang diwarnai adu jotos dan tendang itu beredar di media sosial.

Advertisement

Bentrokan diawali oleh adu mulut antara penyerang sayap Spartak, Quincy Promes (nomor punggung 10) dengan gelandang Zenit, Wilmar Barrios (5), di menit akhir babak kedua.

VAR Bantu Periksa Adu Jotos Antarpemain di Piala Rusia
Awal perkelahian, wasit sudah mencoba melerai.

Dalam tayangan ulang tampak bahwa sebelum percekcokan, Barrios melakukan pelanggaran menendang rekan Promes, Shamar Nicholson (11). Terhadap pelanggaran tersebut wasit menunjuk tendangan bebas. Promes menegur Barrios namun tak diindahkan.

Ketika peluit akhir ditiup keduanya saling dorong. Ketika itu skor sama kuat 0-0. Pemain Zenit Daler Kuzyayev (14) berusaha melerai namun bek tengah Zenit asal Brasil, Rodrigao (55), malah merengsek ikut menyerang Promes.

Striker Spartak, Shamar Nicholson akhirnya nimbrung melihat Promes dikerubuti pemain tuan rumah. Pemain asal Jamaika ini malah akhirnya berduel dengan Rodrigao.

VAR Bantu Periksa Adu Jotos Antarpemain di Piala Rusia
Dari kiri: Quincy Promes, Wilmar Barrios, wasit, Rodrigao, dan Shamar Nicholson.

Sementara itu di kelompok lain, sejumlah pemain dan ofisial saling tarik menarik. Sebagian berseteru dan sebagian lainnya berusaha melerai.

Seperti dikutip Daily Mail, pada titik inilah wasit -dapat dimengerti- kehilangan kendali penuh atas pertandingan ketika pemain di bangku cadangan maupun sejumlah anggota staf pelatih memilih untuk terlibat. The Sun menulis "Saksikan momen luar biasa wasit terjebak dalam perkelahian liar 40 orang selama pertandingan Zenit vs Spartak".

VAR Bantu Periksa Adu Jotos Antarpemain di Piala Rusia
Pemain cadangan dan ofisial ikut masuk lapangan.

Uniknya, dalam sebuah foto yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa adegan baku hantam antara Rodrigao dengan Shamar Nicholson masuk dalam tayangan VAR atau video assistance referee.

VAR Bantu Periksa Adu Jotos Antarpemain di Piala Rusia
Adu jotos Shamar Nicholson (kiri) dan Rodrigao.

VAR selama ini merupakan teknologi yang membantu asisten wasit memutuskan kejadian yang tidak terlihat mata telanjang wasit di lapangan. Keputusan yang presisi ini bukan hanya terkait posisi offside seorang pemain seperti yang ramai diperbincangkan pada pesta sepak bola Piala Dunia 2022 di Qatar.

VAR juga dapat memastikan dengan tepat apakah bola sudah masuk garis gawang atau belum. Bahkan, VAR dapat juga mengubah keputusan kartu yang dikeluarkan oleh wasit dalam sebuah pelanggaran.

Kartu kuning bisa menjadi kartu merah ketika VAR merekomendasikan sebuah pelanggaran berbahaya namun tidak terlihat jelas oleh wasit. Demikian sebaliknya.

VAR Bantu Periksa Adu Jotos Antarpemain di Piala Rusia
Wasit mengacungkan kartu merah saat perkelahian.

Dalam pertandingan Piala Rusia, VAR tampaknya berfungsi memutuskan pemain mana yang layak mendapatkan kartu merah. Foto yang beredar menunjukkan salah satu angle di mana pukulan tangan kiri Nicholson mengenai muka Rodrigao yang tengah mencengkeram kaus lawannya.

Pada laga Zenit Saint Petersburg dan Spartak Moscow di Stadion Krestovsky atau Gazprom Arena ini, baik Rodrigao maupun Nicholson mendapat hadiah kartu merah.

VAR Bantu Periksa Adu Jotos Antarpemain di Piala Rusia
Pemain cadangan dan ofisial ikut masuk lapangan.

Kartu merah lainnya dialamatkan kepada pemain Zenit lainnya yakni Malcom Oliveira, dan Wílmar Barrios. Sementara untuk pemain Spartak pada striker Aleksandr Sobolev dan kiper Aleksandr Selikhov.

Tidak sedikit netizen yang menyesalkan insiden baku hantam tersebut. Salah satu komentar "Adegan menyedihkan di negara yang memiliki stadion terbaik di Eropa dalam semua aspek -aksesibilitas, kenyamanan fisik dan visual dari sektor mana pun, keamanan, ruang ganti, bilik media, food court, panduan dengan tanda dan peta, dll".

Keributan berlangsung satu menit penuh sebelum ketegangan akhirnya mereda dan pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti karena berakhir 0-0 setelah 90 menit.

Kiper Zenit asal Brasil, Ivan, menjadi pahlawan, dengan menyelamatkan dua tendangan penalti Spartak sehingga membuat tim tuan rumah menang 4-2.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Preview Milan vs Sassuolo: Saatnya Rossoneri Bangkit

Preview Milan vs Sassuolo, setelah hasil buruk itu, saatnya bagi Milan untuk bangkit di Liga Italia. Milan akan menghadapi Sassuolo di San Siro.

BOLA | 29 Januari 2023

Dembele Terancam Absen Bela Barcelona Saat Lawan MU

Barcelona terancam tampil tanpa diperkuat Ousmane Dembele melawan Manchester United, 16 Februari mendatang karena cedera.

BOLA | 29 Januari 2023

Jelang Lawan Monza, Kubu Juventus Dapat Angin Segar

Setelah ditimpa masalah sanksi pemotongan 15 poin yang membuat mereka terpuruk di posisi 11 klasemen, Juventus seolah mendapat angin segar.

BOLA | 29 Januari 2023

Bus Persis Solo Dilempar Batu, Gibran: Harus Tindak Tegas

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelemparan batu oleh oknum suporter Persita Tangerang pada bus Persis Solo.

BOLA | 29 Januari 2023

Tekuk Cremonese, Inter Geser AC Milan dari Posisi Kedua Klasemen Serie A

Inter Milan menggeser AC Milan dari posisi kedua klasemen Serie A Liga Italia setelah menang tipis atas Cremonese, 2-1.

BOLA | 29 Januari 2023

Ladeni Frankfurt, Bayern Muenchen Hanya Petik Hasil Imbang

Bayern Muenchen kembali hanya memetik hasil imbang ketika menjamu Eintracht Frankfurt, dalam kompetisi Liga Jerman di Stadion Allianz Arena

BOLA | 29 Januari 2023

Piala FA: Koneksi Brasil Bawa Manchester United ke 16 Besar

Gol yang dicetak duo Brasil, Casemiro dan Fred, membawa Manchester United melaju ke babak 16 besar Piala FA setelah menundukkan Reading 3-1.

BOLA | 29 Januari 2023

Gol Pedri Bawa Barcelona Taklukkan Girona

Gol di menit 61 yang dicetak Pedri melanjutkan catatan delapan kemenangan beruntun Barcelona.

BOLA | 29 Januari 2023

Bus Persis Dilempari Batu Oknum Suporter, Persita Minta Maaf

Dalam tayangan video yang beredar di media sosial, terlihat adanya segelintir oknum yang melakukan pelemparan batu ke arah bus Persis Solo usai melawan Persita.

BOLA | 28 Januari 2023

Paul Pogba dan Dusan Vlahovic Pulih, Allegri Ingin Turunkan Lawan Monza

Pemain gelandang Paul Pogba dan striker Dusan Vlahovic akan siap untuk pertandingan kandang Liga Italia Serie A, saat Juventus lawan Monza pada hari Minggu.

BOLA | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Demand Naik, Pasar Mobil Listrik Butuh Lebih Banyak Model

Demand Naik, Pasar Mobil Listrik Butuh Lebih Banyak Model

OTOMOTIF | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE