Logo BeritaSatu

Terkonfirmasi, Gol Pertama ke Gawang Uruguay Bukan Milik Cristiano Ronaldo

Selasa, 29 November 2022 | 19:44 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol pertama Portugal saat laga melawan Uruguay, di Stadion Lusail, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB. Teknologi sensor Adidas yang tertanam di dalam bola yang digunakan dalam pertandingan mengonfirmasi hal tersebut meskipun Ronaldo mengaku memberikan sentuhan terakhir.

Pada pertandingan keduanya Portugal mengalahkan Uruguay 2-0. Gol pertama Portugal menjadi perbincangan publik sepak bola. Pasalnya secara sekilas Ronaldo menyundul bola umpan dari Bruno Fernandes.

Advertisement

Mantan pemain MU, Real Madrid dan Juventus ini pun melakukan selebrasi seolah-olah dia telah mencetak gol. Bahkan awalnya FIFA menulis pencetak gol adalah Ronaldo. Namun tak berapa lama disebutkan melalui pengeras suara di Lusail Stadium bahwa pencetak gol adalah Bruno.

Seperti dikutip Daily Mail, seusai pertandingan Ronaldo mengirim pesan kepada Piers Morgan, mengatakan bahwa gol itu seharusnya menjadi miliknya.

Piers Morgan adalah jurnalis dan presenter televisi di Inggris yang bekerja sebagai penyunting untuk situs Daily Mail, Mail Online. Morgan jugalah yang dipercaya Ronaldo untuk mewawancarainya terkait masalah di Manchester United sebelum Piala Dunia 2022. Wawancara tersebut membuat heboh manajemen MU hingga pemutusan kontrak pemain dengan sebutan CR-7 ini.

Meskipun demikian, teknologi Adidas membuktikan sebaliknya. Mereka memiliki sensor di dalam bola sepak yang digunakan dalam pertandingan dan tahu bahwa kepala Ronaldo tidak menyentuh bola.

FIFA sudah tepat menganugerahkan gol tersebut kepada Fernandes meski striker dengan segudang rekor itu yakin dirinyalah yang seharusnya mendapatkannya.

Sekarang Adidas telah memberikan bukti yang jelas bahwa mantan rekan setimnya di MU itu memang pantas dipuji.

Adidas menggunakan teknologi pada bola untuk mengetahui apakah Bruno Fernandes mencetak gol melawan Uruguay.

Terkonfirmasi, Gol Pertama ke Gawang Uruguay Bukan Milik Cristiano Ronaldo
Sundulan Cristiano Ronaldo menyambut umpan silang Bruno Fernandes saat laga Portugal mengalahkan Uruguay 2-0, di Lusail Stadium, Selasa, 29 November 2022 dini hari WIB.

Pernyataan Adidas berbunyi, “Dalam pertandingan antara Portugal dan Uruguay, menggunakan connected ball technology yang ditempatkan di dalam bola resmi Adidas Al Rihla, kami dapat secara definitif menunjukkan tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam laga tersebut”.

Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan pihak Adidas sangat akurat dalam analisisnya.

Dengan mata telanjang, sepertinya kepala Ronaldo menjentikkan bola ke gawang dengan sempurna di babak kedua untuk memecahkan kebuntuan. Dia berlari dan merayakan seolah-olah telah mencetak gol keduanya di Piala Dunia 2022 ini.
Pemeriksaan lebih dekat menunjukkan tidak ada variasi dalam lintasan bola alias tidak ada perubahan arah bola.

Terkonfirmasi, Gol Pertama ke Gawang Uruguay Bukan Milik Cristiano Ronaldo
Teknologi sensor pada bola Adidas menunjukkan bahwa sundulan Cristiano Ronaldo tidak menyentuh bola.

Pendapat publik sepak bola terbagi atas siapa yang sebenarnya mencetak gol, apakah CR-7 atau Bruno. Namun data Adidas memberikan jawaban yang jelas.

Dalam grafis yang disertakan menunjukkan adanya lonjakan pada citra sensor ketika umpan silang dilepaskan Bruno dan kembali terjadi lonjakan signifikan saat bola menyentuh tanah, tetapi sama sekali tidak ada lonjakan saat bola melewati kepala Ronaldo. Ini menunjukkan bahwa Ronaldo sama sekali tidak melakukan kontak.

Terkonfirmasi, Gol Pertama ke Gawang Uruguay Bukan Milik Cristiano Ronaldo
Sundulan Cristiano Ronaldo tidak mengenai bola.

Sementara itu Bruno Fernandes, yang menambah gol kedua dari titik penalti dalam laga tersebut, bahkan mengira gol pembuka adalah milik Ronaldo.

“Saya tidak berpikir itu benar-benar penting siapa yang mencetak gol pada saat ini. Perasaan saya saat itu Cristiano yang menyentuh bola. Saya mengoper bola kepadanya. Tapi yang terpenting adalah kami menang malam ini melawan lawan yang sangat tangguh,” kata Bruno.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketum PSSI dan Shin Tae-yong Mohon Persija-Persib Lepas Pemain ke Timnas U-20

Ada empat pemain Persija dan tiga pemain Persib yang belum bergabung dengan timnas U-20 pada TC persiapan Piala Asia U-20 2023.

BOLA | 8 Februari 2023

Lawan Leeds, Manchester United Menanti Gol Perdana Weghorst

Manchester United akan menjamu Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris, di Stadion Old Trafford, Kamis (9/2/2023) dini hari mulai pukul 03.00 WIB.

BOLA | 8 Februari 2023

Sinyal Kalah Telak dari Erick Thohir, LaNyalla: Lihat Nanti

Pada Januari 2023, Erick Thohir diklaim sudah mengantongi 60 voters dari total 87 voters yang memiliki haK suara di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

BOLA | 8 Februari 2023

Meski Bersaing dengan Erick Thohir, La Nyalla Yakin Jadi Ketum PSSI

La Nyalla Mattalitti yakin terpilih menjadi Ketua Umum PSSI kendati harus bersaing dengan Erick Thohir.

BOLA | 8 Februari 2023

Kylian Mbappe Bakal Hengkang jika PSG Dihentikan Bayern Muenchen

Bintang PSG, Kylian Mbappe, dikabarkan bakal meminta hengkang jika klub Prancis itu tersisih oleh Bayern Muenchen di Liga Champions.

BOLA | 8 Februari 2023

Liga Italia: 2 Gol Vlahovic Bantu Juventus Naik ke Posisi 10

Dusan Vlahovic mencetak dua gol dan mengantar Juventus melibas tuan rumah Salernitana, 3-0, dalam lanjutan kompetisi Serie A Liga Italia.

BOLA | 8 Februari 2023

Tekuk Wrexham, Sheffield United Tantang Spurs di 16 Besar Piala FA

Klub divisi Championship, Sheffield United, akan menantang Tottenham Hotspur di 16 besar Piala FA setelah menaklukkan Wrexham, Rabu (8/2/2023) dini hari WIB.

BOLA | 8 Februari 2023

Tekuk Kampiun Amerika Selatan, Juara Asia ke Final Piala Dunia Antarklub

Juara Asia, Al Hilal, membuat kejutan dengan menaklukkan kampiun Amerika Selatan, Flamengo, 3-2, dan memastikan tiket final Piala Dunia Antarklub.

BOLA | 8 Februari 2023

Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

Berakhirnya kerja sama Javier Rocha dengan Arema FC lebih cepat ini setelah melalui berbagai pertimbangan

BOLA | 7 Februari 2023

Putra Ronaldinho Segera Gabung Barcelona

Bulan lalu, telah dilaporkan bahwa Joao Mendes, putra Ronaldinho telah tiba di Barcelona dan sedang menjalani uji coba dengan tim Juvenil A klub.

BOLA | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sopir Fortuner Berpelat Polisi Lakukan 2 Pelanggaran soal TNKB

Sopir Fortuner Berpelat Polisi Lakukan 2 Pelanggaran soal TNKB

MEGAPOLITAN | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE