Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

PSSI Optimistis Proses Pindah Federasi Sandy Walsh-Jordi Amat Tuntas Pekan Depan

Selasa, 29 November 2022 | 21:20 WIB
Oleh : CAH
Pesepak bola Sandy Walsh (kanan) dan Jordi Amat (kiri) memegang Bendera Merah Putih usai membacakan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Kantor Wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta, Kamis, 17 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - PSSI optimistis proses pindah federasi dua pemain naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh akan tuntas pada pekan depan.

"Kami memberangkatkan staf ke Qatar untuk mempercepat prosesnya," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Menurut Yunus, Qatar menjadi tujuan karena sebagian besar staf FIFA yang terkait urusan itu ada di Doha, berkenaan dengan pelaksanaan Piala Dunia 2022.

Jika semua berjalan sesuai rencana, maka Jordi Amat dan Sandy Walsh yang sudah berganti federasi dipastikan dapat memperkuat tim nasional Indonesia di Piala AFF 2022.

Keduanya dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022 di Bali mulai 28 November 2022.

Sandy Walsh dan Jordi Amat harus berganti federasi agar dapat tampil bersama timnas Indonesia di turnamen dan laga internasional yang diakui oleh FIFA.

Sandy Walsh, yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda, wajib berganti federasi dari KNVB ke PSSI, sementara Jordi Amat (Spanyol) dari RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol).

Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai melakukan pengambilan sumpah janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Jakarta, 17 November 2022.

Jordi Amat (30 tahun) dan Sandy Walsh (27 tahun) merupakan pesepak bola berposisi bek keturunan Indonesia yang lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Di turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad "Garuda".



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI