Logo BeritaSatu

Ini Pesohor yang Percaya Ronaldo Bikin Gol ke Gawang Uruguay

Selasa, 29 November 2022 | 21:58 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Portugal mempecundangi Uruguay 2-0 di Grup H, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. FIFA jelas mengesahkan kedua gol tersebut dicetak oleh gelandang serang Selecao Das Quinas, Bruno Fernandes.

Namun demikian penggemar Timnas Portugal dan fans Cristiano Ronaldo masih banyak yang sangsi, siapa sebenarnya pencetak gol pertama meski FIFA sudah jelas menyebut sebagai gol Bruno.

Advertisement
Ini Pesohor yang Percaya Ronaldo Bikin Gol ke Gawang Uruguay
Sundulan Cristiano Ronaldo.

Momen yang menjadi polemik itu terjadi pada menit ke-54. Bola lambung umpan silang Bruno Fernandes dari sisi kanan pertahanan Uruguay disambut Ronaldo yang terbang tinggi. Ronaldo sepertinya tipis menyundul bola.

Komentator siaran langsung pertandingan meneriakkan Ronaldo sebagai pencetak gol. Papan skor resmi juga sempat menulis Ronaldo sebagai pencetak gol. Belakangan, nama pencetak gol yang diumumkan di stadion adalah Bruno Fernandes.

Lantas mengapa masih ada yang sangsi gol tersebut milik Bruno dan percaya bahwa gol tersebut milik Ronaldo?

Barangkali ada beragam jawaban bergantung pada bagaimana masing-masing individu mendapatkan kesan dari tayangan pertandingan. Yang jelas sehabis melakukan sundulan, Cristiano Ronaldo berlari melakukan selebrasi seolah dialah sang pencetak gol.

Ini Pesohor yang Percaya Ronaldo Bikin Gol ke Gawang Uruguay
Sundulan menyambut umpan silang Bruno Fernandes.

Pada akhir pertandingan, pemain yang baru saja diputus kontrak oleh Manchester United ini juga berbicara kepada ofisial pertandingan bahwa kepalanya menyentuh bola.

Seperti dikutip Daily Mail, seusai pertandingan Ronaldo pun mengirim pesan kepada Piers Morgan, mengatakan bahwa gol itu seharusnya menjadi miliknya.

Piers Morgan adalah jurnalis dan presenter televisi di Inggris yang bekerja sebagai penyunting untuk situs Daily Mail, Mail Online. Morgan jugalah yang dipercaya Ronaldo untuk mewawancarainya terkait masalah di Manchester United sebelum Piala Dunia 2022. Wawancara tersebut membuat heboh manajemen MU hingga pemutusan kontrak pemain dengan sebutan CR-7 ini.

Apa yang dilakukan Ronaldo ini sangat mungkin mempengaruhi opini publik sehingga mereka sangsi siapa sebenarnya pencetak gol. Selain Piers Morgan yang percaya kepala Ronaldo menyentuh bola, terdapat sejumlah pesohor yang berpendapat gol tersebut dicetak CR-7.

Mantan striker Timnas Inggris Gary Lineker mencuit, “Sejujurnya, saya akan mengklaimnya”. Pemain yang sudah membela The Three Lions sebanyak 80 kali dan mencetak 48 gol ini percaya gol tersebut milik CR-7.

Pemain kriket Inggris, Chris Woakes, juga berkomentar positif mengenai bola yang masuk ke gawang yang dijaga kiper Sergio Rochet itu. “Apa yang dikatakan snicko tentang gol 'Ronaldo' itu? Saya beranggapan itu (sentuhan) halus,” cuit Woakes.

Snicko yang dimaksud adalah istilah dalam televisi pada pertandingan kriket yang berguna menganalisis suara dan video secara grafis saat bola bersentuhan dengan alat pemukul.

Pada tayangan ulang proses gol, memang terlihat bahwa bola tidak berbelok arah oleh karena sundulan. Putaran bola pun tidak berubah. Artinya, Ronaldo baru saja melewatkan kontak dengan bola. Namun beberapa foto kantor berita memperlihatkan bola sepertinya menyentuh ujung rambut Ronaldo.

Fabrizio Romano pun mengunggah komentar, “Cristiano Ronaldo. 119 gol bersama Timnas Portugal.”

Nama Fabrizio Romano tidak asing bagi penggemar sepak bola Eropa. Ia adalah jurnalis di The Guardian dan mengisi siniar bertemakan bursa transfer bertajuk "Here We Go". Unggahannya itu mengacu pada gol Ronaldo yang hingga pertandingan melawan Uruguay kemarin baru sampai pada 118 gol.

Dengan demikian sundulan kontroversial ke gawang Uruguay dianggap Romano sebagai gol milik Ronaldo. Cuitan Romano di Twitter itu mendapatkan 113.500 like dan lebih dari 5.150 komentar setelah sekitar 18 jam diunggah.

Ini Pesohor yang Percaya Ronaldo Bikin Gol ke Gawang Uruguay
Teknologi sensor pada bola Adidas menunjukkan bahwa sundulan Cristiano Ronaldo tidak menyentuh bola.

Kebanyakan komentar yang menyanggah bahwa gol tersebut milik Ronaldo. Sebagian netizen menyertakan video di mana jelas terlihat alur bola tidak berubah oleh gerakan kepala Ronaldo.

Di bagian lain, Adidas menggunakan teknologi pada bola untuk mengetahui apakah Bruno Fernandes mencetak gol melawan Uruguay.

Adidas menyatakan bahwa dalam pertandingan Piala Dunia Qatar digunakan bola resmi Adidas, Al Rihla. Di dalamnya terdapat connected ball technology. "Kami dapat secara definitif menunjukkan bahwa tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam laga tersebut,” demikian Adidas.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Belum Cetak Gol, Cody Gakpo Masih Beradaptasi di Liverpool

Cody Gakpo yang diangkut Liverpool dari PSV belum mencetak gol setelah empat penampilan untuk tim barunya.

BOLA | 29 Januari 2023

Chelsea Beli Bek Kanan Malo Gusto dari Lyon

Chelsea membeli Malo Gusto sebesar 30 juta Euro dengan kontrak hingga tahun 2030 dari Olympique Lyon.

BOLA | 29 Januari 2023

Preview Milan vs Sassuolo: Saatnya Rossoneri Bangkit

Preview Milan vs Sassuolo, setelah hasil buruk itu, saatnya bagi Milan untuk bangkit di Liga Italia. Milan akan menghadapi Sassuolo di San Siro.

BOLA | 29 Januari 2023

Dembele Terancam Absen Bela Barcelona Saat Lawan MU

Barcelona terancam tampil tanpa diperkuat Ousmane Dembele melawan Manchester United, 16 Februari mendatang karena cedera.

BOLA | 29 Januari 2023

Jelang Lawan Monza, Kubu Juventus Dapat Angin Segar

Setelah ditimpa masalah sanksi pemotongan 15 poin yang membuat mereka terpuruk di posisi 11 klasemen, Juventus seolah mendapat angin segar.

BOLA | 29 Januari 2023

Bus Persis Solo Dilempar Batu, Gibran: Harus Tindak Tegas

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelemparan batu oleh oknum suporter Persita Tangerang pada bus Persis Solo.

BOLA | 29 Januari 2023

Tekuk Cremonese, Inter Geser AC Milan dari Posisi Kedua Klasemen Serie A

Inter Milan menggeser AC Milan dari posisi kedua klasemen Serie A Liga Italia setelah menang tipis atas Cremonese, 2-1.

BOLA | 29 Januari 2023

Ladeni Frankfurt, Bayern Muenchen Hanya Petik Hasil Imbang

Bayern Muenchen kembali hanya memetik hasil imbang ketika menjamu Eintracht Frankfurt, dalam kompetisi Liga Jerman di Stadion Allianz Arena

BOLA | 29 Januari 2023

Piala FA: Koneksi Brasil Bawa Manchester United ke 16 Besar

Gol yang dicetak duo Brasil, Casemiro dan Fred, membawa Manchester United melaju ke babak 16 besar Piala FA setelah menundukkan Reading 3-1.

BOLA | 29 Januari 2023

Gol Pedri Bawa Barcelona Taklukkan Girona

Gol di menit 61 yang dicetak Pedri melanjutkan catatan delapan kemenangan beruntun Barcelona.

BOLA | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Honeymoon ke Eropa, Kiky Saputri-Khairi Sepakat Tunda Miliki Momongan

Honeymoon ke Eropa, Kiky Saputri-Khairi Sepakat Tunda Miliki Momongan

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE