Logo BeritaSatu

Piala Dunia 2022: Tekuk Qatar, Belanda Juara Grup A

Selasa, 29 November 2022 | 23:54 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Al Khor, Beritasatu.com - Belanda menahbiskan diri sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022 setelah dalam partai penyisihan terakhir menundukkan Qatar, 2-0, di Stadion Al Bayt, Al Khor, Selasa 29/11/2022). Gol-gol Belanda dicetak Cody Gakpo pada menit ke-27 dan Frenkie De Jong (49).

Belanda menjadi juara Grup A dengan koleksi 7 poin. Posisi runner-up Grup A ditempati Senegal yang dalam pertandingan serentak menundukkan Ekuador dengan skor 2-1. Senegal bertengger di posisi kedua grup dengan raihan enam poin.

Advertisement

Sebagai juara Grup A, Belanda akan menghadapi runner-up Grup B pada babak 16 besar. Sementara runner-up Grup A, Senegal akan bertemu juara Grup B. Grup B berisi Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales dan akan menyelesaikan babak penyisihan dalam pertandingan Rabu dini hari mulai pukul 2.

Sebelum bertemu Belanda, Qatar sudah dipastikan tersisih setelah kalah lawan Kosta Rika dan Senegal. Namun tuan rumah ingin menghindari rasa malu lebih besar jika kembali kalah dalam partai ini. Namun ambisi mereka gagal terwujud. Qatar kalah dalam seluruh pertandingan di babak penyisihan grup.

Pelatih Belanda, Louis van Gaal, menurunkan formasi 3-4-1-2 dengan mengandalkan Cody Gakpo dan Memphis Depay di barisan depan. Sementara Qatar mengusung formasi 5-3-2 dengan menduetkan Almoez Ali dan Akram Afif di lini serang.

Kedua tim menciptakan tendangan ke arah gawang pada menit-menit awal pertandingan ini. Hassan Al Haidos melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tepat ke mulut gawang. Namun tendangan pemain nomor punggung 10 itu dapat ditangkap dengan baik oleh kiper Andries Noppert.

Berikutnya giliran Belanda yang melakukan hal serupa. Daley Blind melepaskan tendangan tepat ke arah gawang. Namun upayanya berhasil diredam kiper Meshaal Barsham.

Pada menit ke-14, Memphis Depay berpeluang mencetak gol. Dia mendapat umpan di depan gawang namun tendangannya melenceng dari gawang.

Belanda akhirnya memimpin berkat gol yang dilesakkan Cody Gakpo pada menit ke-27. Gol berawal dari aksi membawa bola Memphis Depay. Bola kemudian dialirkan kepada Davy Klaassen. Dia kemudian memberikan bola kepada Cody Gakpo yang sukses memperdaya kiper Qatar dengan tendangan kaki kanan.

Tak berapa lama, giliran Qatar yang menekan Belanda. Lewat serangan balik, Ismael Mohammad melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun dapat ditangkat dengan baik oleh Andries Noppert.

Meski menjadi underdog, Qatar beberapa kali merepotkan lini pertahanan Belanda. Tim asukan Felix Sanchez ini kerap membahayakan gawang Belanda melalui serangan balik.

Belanda kembali mendapat peluang pada menit ke-41. Cody Gakpo mendapat umpan tepat di depan gawang namun tendangannya melambung. Dia juga telah terperangkap offside.

Hingga wasit Bakary Papa Gassama dari Gambia menuip peluit panjang tanda babak pertama usai, Belanda tetap unggul 1-0.

Belanda langsung menggebrak pada babak kedua melalui gol Frenkie De Jong menit ke-49. Gol berawal aksi Denzel Dumfries dari sayap kanan yang memberikan bola ke belakang yang disambut Davy Klaassen.

Dia kemudian mengirimkan bola ke tiang jauh. Bola disambut tendangan Memphis Depay namun berhasil diblok kiper Qatar. Bola muntah ini kemudian langsung diserobot Frenkie De Jong yang lebih cepat menendang bola dibanding bek Qatar. Tendangan gelandang Barcelona ini membawa Belanda unggul 2-0.

Belanda sebenarnya kembali menjebol gawang Qatar pada menit ke-68 melalui aksi Steven Berghuis setelah memanfaatkan umpan Vincent Janssen. Namun gol ini dianulir setelah wasit melihat VAR. Gol ini tidak sah karena Cody Gakpo melakukan handsball sebelum memberikan bola kepada Vincent Janssen.

Qatar kembali memiliki peluang menit ke-80. Mohammed Muntari berhasil merangsek pertahanan dari sisi kiri dan melepaskan tendangan ke gawang. Namun aksinya gagal membuahkan gol lantaran bola tendangannya diblok dengan kaki oleh Andries Noppert.

Saat injury time, Belanda kembali nyaris mencetak gol. Namun tendangan Steven Berghuis dari sisi kanan mengenai mistar gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga pertandingan usai. Belanda akan memainkan partai 16 besar pada 3 Desember di Stadion Internasional Khalifa.

Susunan pemain Belanda vs Qatar:

Netherlands (3-4-1-2): 23 Andries Noppert; 2 Jurrien Maduro, 4 Virgil van Dijk, 5 Nathan Aké; 22 Denzel Dumfries, 15 Marten de Roon (20 Teun Koopmeiners 83), 21 Frenkie de Jong, 17 Daley Blind; 14 Davy Klaassen (11 Steven Berghuis 66); 8 Cody Gakpo (19 Wout Weghorst 83), 10 Memphis Depay (18 Vincent Janssen 66).

Qatar (5-3-2): 22 Meshaal Barsham; 17 Ismail Mohammad (13 Musab Kheder 85), 2 Pedro Miguel, 16 Boualem Khoukhi, 3 Abdelkarim Hassan, 14 Homam Ahmed; 10 Hassan Al Haydos (8 Ali Asad 64), 23 Assim Madibo (12 Karim Boudiaf 64), 6 Abdulaziz Hatim (7 Ahmed Alaaeldin 85); 19 Almoez Ali (9 Mohammed Muntari 64), 11 Akram Afif.

Stadion: Al Bayt, Al Khor
Wasit: Bakary Papa Gassama (Gambia)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Sportinglife

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Preview Milan vs Sassuolo: Saatnya Rossoneri Bangkit

Preview Milan vs Sassuolo, setelah hasil buruk itu, saatnya bagi Milan untuk bangkit di Liga Italia. Milan akan menghadapi Sassuolo di San Siro.

BOLA | 29 Januari 2023

Dembele Terancam Absen Bela Barcelona Saat Lawan MU

Barcelona terancam tampil tanpa diperkuat Ousmane Dembele melawan Manchester United, 16 Februari mendatang karena cedera.

BOLA | 29 Januari 2023

Jelang Lawan Monza, Kubu Juventus Dapat Angin Segar

Setelah ditimpa masalah sanksi pemotongan 15 poin yang membuat mereka terpuruk di posisi 11 klasemen, Juventus seolah mendapat angin segar.

BOLA | 29 Januari 2023

Bus Persis Solo Dilempar Batu, Gibran: Harus Tindak Tegas

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelemparan batu oleh oknum suporter Persita Tangerang pada bus Persis Solo.

BOLA | 29 Januari 2023

Tekuk Cremonese, Inter Geser AC Milan dari Posisi Kedua Klasemen Serie A

Inter Milan menggeser AC Milan dari posisi kedua klasemen Serie A Liga Italia setelah menang tipis atas Cremonese, 2-1.

BOLA | 29 Januari 2023

Ladeni Frankfurt, Bayern Muenchen Hanya Petik Hasil Imbang

Bayern Muenchen kembali hanya memetik hasil imbang ketika menjamu Eintracht Frankfurt, dalam kompetisi Liga Jerman di Stadion Allianz Arena

BOLA | 29 Januari 2023

Piala FA: Koneksi Brasil Bawa Manchester United ke 16 Besar

Gol yang dicetak duo Brasil, Casemiro dan Fred, membawa Manchester United melaju ke babak 16 besar Piala FA setelah menundukkan Reading 3-1.

BOLA | 29 Januari 2023

Gol Pedri Bawa Barcelona Taklukkan Girona

Gol di menit 61 yang dicetak Pedri melanjutkan catatan delapan kemenangan beruntun Barcelona.

BOLA | 29 Januari 2023

Bus Persis Dilempari Batu Oknum Suporter, Persita Minta Maaf

Dalam tayangan video yang beredar di media sosial, terlihat adanya segelintir oknum yang melakukan pelemparan batu ke arah bus Persis Solo usai melawan Persita.

BOLA | 28 Januari 2023

Paul Pogba dan Dusan Vlahovic Pulih, Allegri Ingin Turunkan Lawan Monza

Pemain gelandang Paul Pogba dan striker Dusan Vlahovic akan siap untuk pertandingan kandang Liga Italia Serie A, saat Juventus lawan Monza pada hari Minggu.

BOLA | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Kabupaten Agam Sumatra Barat

Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Kabupaten Agam Sumatra Barat

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE