Logo BeritaSatu

Tajam di Piala Dunia 2022, Cody Gakpo Makin Diburu

Rabu, 30 November 2022 | 05:22 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Al Khor, Beritasatu.com - Penyerang Belanda, Cody Gakpo, kian diburu klub-klub elite dunia setelah menunjukkan ketajamannya di Piala Dunia 2022.

Talenta berusia 23 tahun itu mencuri perhatian penikmat sepak bola karena selalu sukses mencetak gol untuk Belanda dalam tiga pertandingan fase penyisihan Grup A.

Advertisement

Jebolan akademi PSV Eindhoven itu melakoni debut untuk Tim Oranye pada Euro 2020 tahun lalu, tetapi kala itu dia hanya tampil sebagai pemain pengganti dalam laga melawan Makedonia Utara dan hanya tampil selama 11 menit ditambah tiga menit waktu tambahan.

Setelah Euro 2020, Cody Gakpo semakin bersinar di level klub ketika secara keseluruhan dia mencetak 21 gol dalam 47 laga dalam semua kompetisi untuk PSV pada musim 2021-2022.

Sinar Gakpo kian terang ketika membawa bekal 13 gol dalam 24 penampilan bersama PSV yang praktis menjamin tempatnya dalam skuad akhir Belanda untuk Piala Dunia 2022.

Setelah hanya menjadi pemain pengganti dalam turnamen bergengsi perdananya, Gakpo membuktikan perkembangannya dengan meraih kepercayaan pelatih kepala Louis van Gaal untuk selalu diturunkan sebagai 11 pemain pertama Belanda dalam tiap pertandingan penyisihan Grup A.

Gakpo membayar lunas kepercayaan itu dengan selalu menyarangkan bola ke gawang Senegal, Ekuador, dan Qatar secara berurutan dalam kurun waktu 10 hari.

Van Gaal awalnya menempatkan Gakpo sebagai gelandang serang utama dalam skema 3-5-2 yang diterapkannya untuk Belanda dalam laga pertama mereka di Grup A melawan Senegal.

Meski menempati posisi di belakang dua penyerang, Gakpo justru menjadi pemecah kebuntuan ketika lolos dari radar pertahanan Senegal sembari mendahului kiper Edouard Mendy untuk menanduk bola umpan lambung kiriman Frenkie de Jong.

Gol itu jadi pembuktian ketajaman Gakpo di muka gawang yang memaksa Van Gaal memberi tempat kepada Gakpo sebagai satu dari dua penyerang dalam formasi 3-5-2 yang terus diterapkannya selama fase grup.

Menerima peran berbeda rupanya tak jadi masalah bagi Gakpo yang dalam pertandingan kedua hanya membutuhkan enam menit untuk menggetarkan jala gawang Ekuador.

​​​​​Gakpo sekali lagi membayar lunas kepercayaan Van Gaal ketika dengan cermat dia menaburi garam pada luka yang sudah diderita tuan rumah Qatar dengan mencetak gol ketiganya dalam tiga pertandingan beruntun.

"Dia punya segalanya untuk menjadi pemain hebat, terutama karena pikiran dia sangat terbuka untuk menerima masukan-masukan baru," kata Van Gaal dalam jumpa pers setelah Belanda menang 2-0 atas Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Selasa.

"Dia baru bermain secara rutin untuk PSV selama 2-3 tahun terakhir dan dia selalu memainkan posisi dari sisi kiri lini depan bukannya posisi nomor 10. Tapi untuk saya dia harus memainkan peranan itu, dan saya yakin dia akan menganggap saya pelatih bagus dan berterima kasih atas kesempatan itu," kata dia.

Piala Dunia 2022 masih menyisakan lebih dari separuh bulan untuk dimainkan, termasuk salah satunya laga babak 16 besar yang akan dilakoni Belanda sebagai juara Grup A menghadapi runner-up Grup B.

Terlepas dari sejauh apa pun Gakpo bisa membantu Belanda melangkah dalam Piala Dunia 2022, yang jelas dia akan semakin diburu oleh klub-klub elit Eropa setelah perhelatan ini rampung.

Liverpool, Arsenal, dan Manchester United adalah tiga tim yang santer memburu Gakpo, sementara itu lewat penampilannya di Qatar, PSV bisa saja menaikkan banderol sang talenta yang sebelumnya berada pada angka 40-45 juta euro.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: MARCA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Dia Daftar Calon Tetap Ketum, Waketum, dan Anggota Exco PSSI 2023-2027

Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI akhirnya resmi mengumumkan daftar calon tetap ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (exco) periode 2023-2027.

BOLA | 6 Februari 2023

Tak Dapat Izin, PSIS vs Persebaya di Stadion Jatidiri Harus Ditunda

Pertandingan antara PSIS Semarang melawan Persebaya Surabaya yang dijadwalkan, Rabu (7/2/2023) harus ditunda.

BOLA | 6 Februari 2023

Lagi, Striker Madrid Vinicius Jr Jadi Korban Perlakuan Rasis

Suporter Mallorca terdengar menyebut Vinicius Jr dengan panggilan monyet dalam video yang diterbitkan oleh perusahaan streaming DAZN di media sosial.

BOLA | 6 Februari 2023

Kocak, Skuad Persib Unggah Video Sindiran Balik ke PSS Sleman

Pelatih Persib Luis Milla duduk di bangku sopir dan di sampingnya ada Ciro Alves, Victor Igbonefo, Mark Klok, dan David da Silva merayakan kemenangan atas PSS Sleman.

BOLA | 6 Februari 2023

PSG Mulai Bahas Kontrak Baru Lionel Messi

Messi yang akan menjadi pemain bebas transfer di akhir musim ini telah dikaitkan dengan kepindahan ke sejumlah klub dalam beberapa bulan terakhir

BOLA | 6 Februari 2023

FIFA Cek Kesiapan Lapangan di Surabaya untuk Piala Dunia U-20

FIFA mengecek kondisi lapangan di Stadion Gelora 10 November, lalu dilanjutkan ke lapangan Thor, kemudian ke stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

BOLA | 6 Februari 2023

Harry Kane Kini Jadi Pemain Tersubur Tottenham Hotspur

Harry Kane kini menjadi pemain tersubur Tottenham Hotspur dengan torehan 267 gol, menyalip torehan gol Jimmy Greaves.

BOLA | 6 Februari 2023

Inter Menangi Derby Milan, Inzaghi: Kami Tampil Sempurna

Sundulan kapten Inter Milan, Lautaro Martinez di babak pertama menyebabkan kekalahan keempat beruntun bagi I Rossoneri di San Siro.

BOLA | 6 Februari 2023

Man City Dikalahkan Tottenham, Guardiola: Kami Tidak Pikirkan Gelar Juara

Kekalahan ini membuat Manchester City gagal memanfaatkan kesempatan untuk memangkas jarak dengan Arsenal yang sehari sebelumnya juga ditaklukkan Everton.

BOLA | 6 Februari 2023

Gebuk Sevilla, Barcelona Jauhi Kejaran Real Madrid

Tiga gol Barcelona di laga ini dicetak Jordi Alba pada menit ke-58, gol Gavi pada menit ke-70, dan ditutup oleh gol Raphinha pada menit ke-79.

BOLA | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hati-hati, Susu Formula Jadi Faktor Pencetus Diabetes Anak

Hati-hati, Susu Formula Jadi Faktor Pencetus Diabetes Anak

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE