Logo BeritaSatu

Piala Dunia 2022: Taklukkan Prancis, Tunisia Tetap Gagal ke 16 Besar

Kamis, 1 Desember 2022 | 00:01 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Doha, Beritasatu.com - Tunisia gagal melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022 meski sukses menundukkan Prancis, 1-0, dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup D, di Stadion Education City, Rabu (30/11/2022).

Gol yang membawa Tunisia memetik tiga poin dicetak Wahbi Khazri pada menit ke-58. Prancis sempat mencetak gol di pengujung pertandingan lewat gol Antoine Griezmann. Namun gol ini dianulir wasit setelah melihat VAR.

Advertisement

Meski menang Tunisia gagal melangkah lebih lanjut karena dalam pertandingan lain di Grup D, Australia menundukkan Denmark, 1-0.

Hasil ini membuat Australia menempati posisi kedua klasemen akhir Grup D dengan raihan enam poin sama dengan Prancis yang menjadi juara grup. Sementara Tunisia hanya menempati posisi ketiga dengan koleksi 4 poin. Denmark berada di posisi juru kunci dengan 1 poin. Prancis dan Australia pun lolos ke 16 besar, sementara Tunisia dan Denmark tersisih.

Sebagai juara Grup D, Prancis akan bertemu runner-up Grup C pada babak 16 besar. Sementara Australia akan bertemu juara Grup C yang diisi Argentina, Polandia, Saudi Arabia, dan Meksiko. Grup C baru akan menyelesaikan babak penyisihan pada Kamis (1/12/2022) dini hari mulai 02.00 WIB.

Saat ini Polandia masih memimpin Grup C dengan raihan 4 poin. Mereka unggul 1 poin atas Argentina dan Saudi Arabia. Sementara Meksiko menempati posisi juru kunci dengan koleksi satu poin. Dalam pertaningan terakhir penyisihan, Polandia akan bertemu Argentina, sedangkan Arab Saudi berduel dengan Meksiko.

Sebelum bertemu Tunisia, Prancis telah memastikan tiket 16 besar Piala Dunia 2022, setelah menang dalam dua pertandingan awal melawan Australia dan Denmark. Mereka pun hanya menurunkan pemain lapis kedua.

Prancis menyimpan beberapa pemain andalannya di lini depan seperti Kylian Mbappe, Olivier Giroud, dan Antoine Griezmann.

Melawan Tunisia, pelatih Didier Deschamps menurunkan Randal Kolo Muani sebagai striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1. Muani ditopang trio Matteo Guendouzi, Jordan Veretout, dan Kingsley Coman. Sementara di posisi kiper yang biasanya diisi Hugo Lloris kali ini digantikan Steve Mandanda.

Sementara di kubu Tunisia, pelatih Jalel Kadri menampilkan formasi 3-4-2-1 dengan mengandalkan Wahbi Khazri sebagai striker tunggal. Dia ditopang duet Anis Ben Slimane dan Mohamed Ali Ben Romdhane.

Tunisia menjebol gawang Prancis pada menit ke-9 melalui aksi Nader Ghandri menyambut tendangan bebas. Namun wasit Matthew Conger dari Selandia Baru menganulir gol tersebut karena Nader Ghandri dianggap offside.

Prancis memiliki peluang pada menit ke-26. Gelandang Youssouf Fofana merangsek ke pertahanan Tunisia lalu mengalirkan ke Kingsley Coman di sisi kiri. Pemain Bayern Muenchen itu lalu melepaskan tendangan kaki kiri dari kotak penalti namun melenceng dari sasaran.

Tak lama kemudian Tunisia kembali mengancam gawang Prancis. Anis Ben Slimane yang sudah ada di depan gawang menyambut umpan Aissa Laidouni dengan sundulan. Namun bola ditangkap dengan baik oleh Steve Mandanda.

Tunisia kembali menekan Prancis pada menit ke-35. Wahbi Khazri melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Namun tendangannya bisa diredam dengan tangan oleh Mandanda. Bola muntah dari Mandanda segera dibuang pemain belakang Prancis. Hingga babak pertama usai kedudukan tetap imbang 0-0.

Tunisia membuka babak kedua dengan peluang yang didapat gelandang Aissa Laidouni. Dia berhasil menaklukkan bek Youssouf Fofana dan melepaskan tendangan ke arah gawang. Namun bola melesat di atas mistar.

Tunisia mengakhiri kebuntuan pada menit ke-58 berkat aksi Wahbi Khazri. Gol berawal dari aksi Wahbi Khazri yang membawa bola dari tengah lapangan. Dia kemudian berhasil merangsek masuk ke pertahanan Prancis.

Dia masih berhasil menyentuh bola dengan kakinya sambil terjatuh. Bola yang bergulir tek terlalu deras tak berhasil dicegah kiper Mandanda melesak ke gawangnya. Wahbi Khazri tak bisa merayakan golnya karena tergeletak kesakitan. Setelah pertandingan dimulai kembali, Wahbi Khazri kemudian ditarik keluar dan digantikan Issam Jebali.

Prancis memasukkan tiga pemain yakni Adrien Rabiot, William Saliba, dan Kylian Mbappe setelah kebobolan tepatnya pada menit ke-63. Mereka masing-masing menggantikan Jordan Veretout, Raphael Varane, dan Kingsley Coman. Les Blues juga memasukkan Antoine Griezmann menggantikan Youssouf Fofana.

Masuknya pemain baru memang menggelorakan serangan Prancis. Mereka sempat memiliki peluang melalui Ousmane Dembele. Namun tandangannya mampu diamankan Aymen Dahmen.

Prancis terus menggempur pertahanan Tunisia dan membuat beberapa peluang. Namun hingga pertandingan usai, upaya Les Blues menjebol gawang Tunis gagal terwujud. Antoine Griezmann memang menjebol gawang Tunisia di pengujung laga. Namun gol ini dianulir wasit setelah melihat VAR.

Susunan pemain Tunisia vs Prancis:

Tunisia (3-4-2-1): 16 Aymen Dahmen; 4 Yassine Meriah, 5 Nader Ghandri, 3 Montassar Talbi; 21 Wajdi Kechrida, 17 Ellyes Skhiri, 14 Aissa Laidouni, 12 Ali Maâloul; 25 Anis Ben Slimane (24 Ali Abdi 83), 15 Mohamed Ali Ben Romdhane (18 Ghailan Chaalali 74); 10 Wahbi Khazri (9 Issam Jebali 59).

Prancis: (4-3-3): 16 Steve Mandanda; 3 Axel Disasi, 4 Raphael Varane (17 William Saliba 63), 24 Ibrahima Konaté, 25 Eduardo Camavinga; 13 Youssouf Fofana (7 Antoine Griezmann 73), 8 Aurelien Tchouameni, 15 Jordan Veretout (14 Adrien Rabiot 63); 6 Matteo Guendouzi (11 Ousmane Dembélé 79), 12 Randal Kolo Muani, 20 Kingsley Coman (10 Kylian Mbappe 63)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Persib vs PSS: David da Silva Incar Gawang "Super Elang Jawa"

Striker Persib, David da Silva sudah mencetak 16 gol sejauh ini dan memimpin perburuan top skor.

BOLA | 5 Februari 2023

Liga Italia: Lawan Inter, Milan Lagi Tumpul di Depan dan Rapuh di Pertahanan

Derbi Milan di Liga Italia tersaji di Stadion San Siro, Senin (6/2/2023). Milan saat ini lagi tumpul di depan, dan rapuh di pertahanan.

BOLA | 5 Februari 2023

Tandang ke Tottenham, Manchester City Harus Menang

Manchester City harus memaksimalkan lawatannya ke kandang Tottenham untuk memperpendek jarak dengan Arsenal di klasemen Liga Inggris.

BOLA | 5 Februari 2023

Piala Dunia Antarklub 2023: Al Ahly Tantang Real Madrid di Semifinal

Al Ahly melenggang ke semifinal Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Seattle Sounders 1-0 di perempat final.

BOLA | 5 Februari 2023

Sergio Ramos Akui Lionel Messi Pemain Terbaik Dunia

Setelah dua musim bersama pemain Argentina itu sebagai rekan setimnya, Sergio Ramos kini melihat Lionel Messi dari sudut pandang baru.

BOLA | 5 Februari 2023

Barcelona vs Sevilla: Xavi Siap Pecahkan Rekor Pep Guardiola

Jika menang tanpa kebobolan, Barcelona bersama Xavi akan mengalahkan rekor tim  2011/12 yang hanya kebobolan dua gol dalam sepuluh pertandingan kandang di liga.

BOLA | 5 Februari 2023

Duh, Ternyata Casemiro Sepanjang Karier Pakai Nama Salah di Jersey

Casemiro mengungkapkan awal pemakaian nama ini dengan dibumbui sedikit takhayul ketika masih mengawali kariernya di Sao Paulo.

BOLA | 5 Februari 2023

Roma vs Empoli: I Giallorossi Menang Lewat Dua Gol Cepat

Dua gol Roma tercipta ketika laga belum genap 10 menit yakni lewat Roger Ibanez di menit 2 dan Tamy Abraham di menit 6.

BOLA | 5 Februari 2023

Ligue 1: Hakimi dan Messi Bawa PSG Kalahkan Toulouse

Branco van de Boomen membuat Toulouse unggul sebelum dibalas PSG dua gol lewat Achraf Hakimi di menit 38 dan Lionel Messi di menit 58.

BOLA | 5 Februari 2023

Sakit, Ezra Walian Terancam Absen Bela Persib Lawan PSS

Striker Ezra Walian terancam absen membela Persib Bandung dalam pertandingan menjamu PSS karena sakit.

BOLA | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu Muda di Jambi Jadi Tersangka Pelecehan Anak, Sudah Ada 17 Korban

Ibu Muda di Jambi Jadi Tersangka Pelecehan Anak, Sudah Ada 17 Korban

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE