Logo BeritaSatu

Drama Grup E: Gol Kontroversial Jepang Buat Jerman Menangis

Jumat, 2 Desember 2022 | 05:35 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Doha, Beritasatu.com – Pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022 yang begitu menentukan berakhir dramatis dan di luar dugaan. Adalah Jepang, pembuat kejutan besar di Grup E dengan menumbangkan raksasa Jerman dan terakhir, Spanyol.

Pertandingan terakhir melawan Spanyol menjadi penentu langkah Jepang lolos ke babak 16 besar. Sempat tertinggal terlebih dahulu setelah gawang dibobol Alvaro Morata di menit 11, Jepang mampu membalas dua gol di babak kedua.

Advertisement

Meski penguasaan bola didominasi Tim Matador, Jepang mampu memaksimalkan peluang yang didapat. Daya juang tinggi Jepang membuahkan hasil setelah Ritsu Doan mencetak gol penyeimbang. Tembakan dengan kaki kiri Doan dari luar kotak 16 bersarang ke arah sudut kanan atas gawang Spanyol.

Gol penyeimbang itu meningkatkan kepercayaan diri pemain.

Tiga menit berselang Jepang secara mengejutkan membalikkan skor menjadi 2-1. Ini setelah Ao Tanaka di depan mulut gawang meneruskan assist Kaoru Mitoma. Wasit harus meminta bantuan VAR untuk melihat keabsahan gol tersebut lantaran bola assist Mitoma sempat terlihat sudah keluar.

Drama Grup E: Gol Kontroversial Jepang Buat Jerman Menangis
Selebrasi pemain Jepang usai memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Namun VAR menyatakan gol Tanaka sah meski tayangan ulang memperlihatkan bola sudah keluar. Jepang unggul 2-1 dan mampu dipertahankan sampai laga berakhir.

Drama Grup E: Gol Kontroversial Jepang Buat Jerman Menangis
Tayangan ulang memperlihatkan bola telah keluar sebelum Kaoru Mitoma memberikan assist untuk gol Ao Tanaka.

Gol Tanaka ini yang kemudian membuat Jerman menangis. Ya, Jerman yang ditempat lain menghadapi Kosta Rika harus menerima kenyataan pahit tersingkir.

Meski menang 4-2 atas Kosta Rika, kemenangan itu menjadi percuma lantaran Jepang secara mengejutkan menumbangkan Spanyol.

Drama Grup E: Gol Kontroversial Jepang Buat Jerman Menangis
Ekspresi kiper Jerman, Manuel Neuer.

Jerman harus puas berada di peringkat ketiga Grup E, hanya kalah agregat gol dari Spanyol. Ini berarti untuk kedua kalinya Jerman gagal lolos dari dafase grup di turnamen besar.

Meski demikian Jepang memang layak lolos melihat perjuangan mereka yang begitu luar biasa sepanjang babak grup. Setelah sukses menumbankan Jerman 2-1 di laga pembuka, Jepang kembali harus membumi setelah dikalahkan Kosta Rika 0-1. Namun mereka mampu bangkit dan membuat kejutan lagi dengan mengalahkan Spanyol.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gabung Dewa United, Egy Maulana: Semoga Lebih Baik

Egy Maulana Vikri resmi diperkenalkan oleh Dewa United pada Senin (30/1/2023), setelah beberapa hari berada di Indonesia.

BOLA | 30 Januari 2023

Soal Kelanjutan Kompetisi Liga 2, Ini Kata Menpora

Menpora menegaskan sikap pemerintah terhadap pelaksanaan kompetisi di Indonesia hanya membantu memfasilitasi, bukan melakukan intervensi.

BOLA | 30 Januari 2023

Terima Kunjungan Klub dan APPI, Menpora: Liga 2 Belum Bisa Dilanjutkan

Dalam pertemuan Menpora Zainudin Amali dengan perwakilan klub Liga 2 dan APPI, adalah Liga 2 belum dapat dimulai kembali.

BOLA | 30 Januari 2023

Menpora: Lanjutan Liga 2 Harus Tunggu KLB PSSI Digelar

Menpora menyebut bahwa kelanjutan kompetisi Liga 2 belum bisa berjalan hingga Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) digelar.

BOLA | 30 Januari 2023

Liga Inggris: Chelsea Tawar Enzo Fernandez Rp 1,9 Triliun

Chelsea kembali dalam persaingan untuk menggaet Enzo Fernandez dan siap mengeluarkan dana 120 juta euro (Rp 1,9 triliun).  

BOLA | 30 Januari 2023

Klopp: Pelatih Lain Sudah Dipecat Jika Timnya Seperti Liverpool Saat Ini

Arsitek Liverpool Juergen Klopp menyatakan pelatih lain pasti sudah dipecat jika tim asuhannya tampil buruk seperti mereka saat ini.

BOLA | 30 Januari 2023

Madura United Kalah 3 Laga Beruntun, Pelatih Ingin Mundur

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, mengajukan niat mengundurkan diri setelah Laskar Sape Kerrap menelan tiga kekalahan berturut-turut.

BOLA | 30 Januari 2023

Mitoma, Pemain Jepang yang Hentikan Liverpool di Piala FA

Mitoma, pemain sayap Brighton asal Jepang membuat gol kemenangan timnya sehingga menyingkirkan Liverpool dari ajang Piala FA.

BOLA | 30 Januari 2023

Fan Injak-injak Kostum Cristiano Ronaldo, Ini Faktanya

Setelah Al Nassr tersingkir dari Piala Super Arab Saudi, beredar video yang menunjukkan dua fan menginjak-injak jersey Cristiano Ronaldo.

BOLA | 30 Januari 2023

Manajemen Pertimbangkan untuk Bubarkan Arema FC

Arema FC bubar, Manajemen Arema FC mempertimbangkan untuk membubarkan klub yang berbasis di Malang itu jika memang dianggap tidak kondusif.

BOLA | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Barbie Kumalasari Dukung Penyelenggaraan Siaran Digital

Barbie Kumalasari Dukung Penyelenggaraan Siaran Digital

LIFESTYLE | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE