Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Drama Grup E: Gol Kontroversial Jepang Buat Jerman Menangis

Jumat, 2 Desember 2022 | 05:35 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH
Gelandang Jepang, Ao Tanaka mencetak gol penentu kemenangan atas Spanyol.

Doha, Beritasatu.com – Pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022 yang begitu menentukan berakhir dramatis dan di luar dugaan. Adalah Jepang, pembuat kejutan besar di Grup E dengan menumbangkan raksasa Jerman dan terakhir, Spanyol.

Pertandingan terakhir melawan Spanyol menjadi penentu langkah Jepang lolos ke babak 16 besar. Sempat tertinggal terlebih dahulu setelah gawang dibobol Alvaro Morata di menit 11, Jepang mampu membalas dua gol di babak kedua.

Meski penguasaan bola didominasi Tim Matador, Jepang mampu memaksimalkan peluang yang didapat. Daya juang tinggi Jepang membuahkan hasil setelah Ritsu Doan mencetak gol penyeimbang. Tembakan dengan kaki kiri Doan dari luar kotak 16 bersarang ke arah sudut kanan atas gawang Spanyol.

Gol penyeimbang itu meningkatkan kepercayaan diri pemain.

Tiga menit berselang Jepang secara mengejutkan membalikkan skor menjadi 2-1. Ini setelah Ao Tanaka di depan mulut gawang meneruskan assist Kaoru Mitoma. Wasit harus meminta bantuan VAR untuk melihat keabsahan gol tersebut lantaran bola assist Mitoma sempat terlihat sudah keluar.

Selebrasi pemain Jepang usai memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Namun VAR menyatakan gol Tanaka sah meski tayangan ulang memperlihatkan bola sudah keluar. Jepang unggul 2-1 dan mampu dipertahankan sampai laga berakhir.

Tayangan ulang memperlihatkan bola telah keluar sebelum Kaoru Mitoma memberikan assist untuk gol Ao Tanaka.

Gol Tanaka ini yang kemudian membuat Jerman menangis. Ya, Jerman yang ditempat lain menghadapi Kosta Rika harus menerima kenyataan pahit tersingkir.

Meski menang 4-2 atas Kosta Rika, kemenangan itu menjadi percuma lantaran Jepang secara mengejutkan menumbangkan Spanyol.

Ekspresi kiper Jerman, Manuel Neuer.

Jerman harus puas berada di peringkat ketiga Grup E, hanya kalah agregat gol dari Spanyol. Ini berarti untuk kedua kalinya Jerman gagal lolos dari dafase grup di turnamen besar.

Meski demikian Jepang memang layak lolos melihat perjuangan mereka yang begitu luar biasa sepanjang babak grup. Setelah sukses menumbankan Jerman 2-1 di laga pembuka, Jepang kembali harus membumi setelah dikalahkan Kosta Rika 0-1. Namun mereka mampu bangkit dan membuat kejutan lagi dengan mengalahkan Spanyol.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI