Logo BeritaSatu

Statistik Menarik dari Lolosnya Jepang ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Jumat, 2 Desember 2022 | 16:12 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Doha, Beritasatu.com – Timnas Jepang kembali membuat kejutan besar di Piala Dunia 2022. Setelah menumbangkan Jerman di laga pembuka, kini "Samurai Biru" menaklukkan Spanyol 2-1 pada laga ketiga Grup E di Stadion Khalifa, Jumat (2/12/2022).

Kemenangan ini memastikan Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup. Sedangkan meski kalah, Spanyol tetap lolos sebagai runner-up grup. Kemenangan diraih dengan tidak mudah oleh Jepang.

Advertisement

Di babak pertama mereka kesulitan mengembangkan permainan karena dominasi penguasaan bola dari Spanyol. Jepang terlebih dahulu tertinggal setelah Alvaro Morata mencetak gol di menit 11. Keunggulan Spanyol bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, kendali permainan masih dikuasai Spanyol. Jepang hanya mengandalkan serangan balik. Momentum didapatkan Jepang di menit 48 setelah Ritsu Doan mencetak gol penyeimbang.

Tembakan dengan kaki kiri Doan dari luar kotak 16 bersarang ke arah sudut kanan atas gawang Spanyol. Skor menjadi imbang 1-1. Gol penyeimbang itu meningkatkan kepercayaan diri pemain.

Tiga menit berselang Jepang secara mengejutkan membalikkan skor menjadi 2-1. Ini setelah Ao Tanaka di depan mulut gawang meneruskan assist Kaoru Mitoma. Wasit harus meminta bantuan VAR untuk melihat keabsahan gol tersebut lantaran bola assist Mitoma sempat terlihat sudah keluar. Namun VAR menyatakan gol Tanaka sah. Jepang unggul 2-1.

Keunggulan Jepang bertahan hingga pertandingan usai meski dalam sisa waktu pertandingan Spanyol terus menyerang. Hasil ini membuat Jepang menjadi juara grup dan bersama Spanyol melaju ke 16 besar. Terdapat beberapa statistik menarik dari lolosnya Jepang ke babak 16 besar yakn:

- Jepang maju ke babak sistem gugur di turnamen Piala Dunia berturut-turut untuk pertama kalinya. Pada Piala Dunia 2018, Jepang juga melaju ke 16 besar setelah menjadi runner-up Grup H di bawah Kolombia. Mereka menyisihkan Senegal dan Polandia saat itu.

- Pada Piala Dunia 2018, Jepang menghadapi Belgia pada babak 16 besar. Mereka terhenti setelah menyerah kepada Belgia, 2-3.

- Spanyol kalah dalam pertandingan penyisihan grup terakhir mereka (tidak termasuk penyisihan grup kedua) di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1982 (1-0 vs Irlandia Utara), setelah memenangkan delapan dari sembilan pertandingan sebelumnya (seri 1).

- Tiga dari empat gol terakhir Jepang di Piala Dunia dicetak oleh pemain pengganti, sebanyak yang mereka cetak melalui pemain pengganti dalam 20 gol pertama mereka.

- Alvaro Morata mencetak gol kesembilannya hanya dalam 13 penampilan di turnamen besar untuk Spanyol (Piala Dunia dan Euro), hanya David Villa (13 dari 16 aplikasi) yang mencetak lebih banyak gol seperti itu.

- Morata juga menjadi pemain kedua yang mencetak gol pada tiga penampilan Piala Dunia pertamanya untuk Spanyol, setelah Telmo Zarra pada tahun 1950, mencetak gol internasional ke-30 melawan Jepang (cap ke-60).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Livescore

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fantastis, Syekh Tamim dari Qatar Siap Beli Manchester United Rp 82,36 T

Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad al-Thani, yang menyatakan ketertarikan untuk membeli Manchester United.

BOLA | 9 Februari 2023

Ketum PSSI dan Shin Tae-yong Mohon Persija-Persib Lepas Pemain ke Timnas U-20

Ada empat pemain Persija dan tiga pemain Persib yang belum bergabung dengan timnas U-20 pada TC persiapan Piala Asia U-20 2023.

BOLA | 8 Februari 2023

Lawan Leeds, Manchester United Menanti Gol Perdana Weghorst

Manchester United akan menjamu Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris, di Stadion Old Trafford, Kamis (9/2/2023) dini hari mulai pukul 03.00 WIB.

BOLA | 8 Februari 2023

Sinyal Kalah Telak dari Erick Thohir, LaNyalla: Lihat Nanti

Pada Januari 2023, Erick Thohir diklaim sudah mengantongi 60 voters dari total 87 voters yang memiliki haK suara di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

BOLA | 8 Februari 2023

Meski Bersaing dengan Erick Thohir, La Nyalla Yakin Jadi Ketum PSSI

La Nyalla Mattalitti yakin terpilih menjadi Ketua Umum PSSI kendati harus bersaing dengan Erick Thohir.

BOLA | 8 Februari 2023

Kylian Mbappe Bakal Hengkang jika PSG Dihentikan Bayern Muenchen

Bintang PSG, Kylian Mbappe, dikabarkan bakal meminta hengkang jika klub Prancis itu tersisih oleh Bayern Muenchen di Liga Champions.

BOLA | 8 Februari 2023

Liga Italia: 2 Gol Vlahovic Bantu Juventus Naik ke Posisi 10

Dusan Vlahovic mencetak dua gol dan mengantar Juventus melibas tuan rumah Salernitana, 3-0, dalam lanjutan kompetisi Serie A Liga Italia.

BOLA | 8 Februari 2023

Tekuk Wrexham, Sheffield United Tantang Spurs di 16 Besar Piala FA

Klub divisi Championship, Sheffield United, akan menantang Tottenham Hotspur di 16 besar Piala FA setelah menaklukkan Wrexham, Rabu (8/2/2023) dini hari WIB.

BOLA | 8 Februari 2023

Tekuk Kampiun Amerika Selatan, Juara Asia ke Final Piala Dunia Antarklub

Juara Asia, Al Hilal, membuat kejutan dengan menaklukkan kampiun Amerika Selatan, Flamengo, 3-2, dan memastikan tiket final Piala Dunia Antarklub.

BOLA | 8 Februari 2023

Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

Berakhirnya kerja sama Javier Rocha dengan Arema FC lebih cepat ini setelah melalui berbagai pertimbangan

BOLA | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

Peserta BPJS Kesehatan Bisa Bayar Iuran di Outlet Pegadaian

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE