Logo BeritaSatu

Piala Dunia 2022: Fakta Menarik Jelang Serbia vs Swiss

Jumat, 2 Desember 2022 | 16:58 WIB
Oleh : JAS

Doha, Beritasatu.com - Swiss akan bertemu Serbia dalam pertandingan terakhir babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022, dini hari mulai pukul 02.00 WIB.

Dengan sudah mengemas tiga poin, Swiss terlihat berada dalam posisi lebih baik sebagai pendamping Brasil dari Grup G ke babak 16 besar.

Advertisement

Sebaliknya Serbia hanya memiliki satu pilihan agar bisa lolos ke babak knockout, yakni mengalahkan Swiss dalam laga ini.

Jika mendapatkan hasil seri, maka itu hanya akan mempersulit Serbia, kecuali Kamerun menumbangkan Brasil dalam laga Grup G lainnya. Andai ini yang terjadi maka siapa pendamping Brasil akan ditentukan oleh selisih gol.

Swiss dan Serbia yang bersama Kamerun wajib menang jika ingin terus dalam putaran final Piala Dunia 2022, hanya pernah sekali berhadapan sebelum ini pada penyisihan grup Piala Dunia 2018.

Pertandingan itu masih membekas dalam ingatan penggemar kedua negara yang mereka anggap sebagai pertandingan bernuansa sangat politis.

Ketika itu, gelandang Swiss Granit Xhaka yang lahir di Basel dari orang tua etnis Albania yang berasal dari Kosovo, merayakan golnya kala melawan Serbia dengan membuat simbol elang berkepala dua dengan tangannya yang merupakan simbol kaum nasionalis Albania seperti tertera dalam bendera Albania.

Xherdan Shaqiri yang lahir di Kosovo yang mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008, juga menciptakan gol untuk Swiss.

Dia meniru selebrasi Xhaka saat Swiss menang 2-1 dalam pertemuan fase grup itu. Mereka berdua membuat marah tim Serbia dan mendesak badan sepak bola dunia FIFA agar mendenda kedua pemain atas perilaku tidak sportif.

Shaqiri yang tidak bermain saat Swiss menyerah 0-1 kepada Brazil pada laga kedua Grup G karena cedera otot diperkirakan bakal kembali melawan Serbia.

Tapi dia buru-buru mengatakan Swiss berada di Qatar untuk bermain sepak bola, bukan untuk mengulangi peristiwa empat tahun silam itu.

Kontroversi atas Kosovo telah merasuki Serbia dalam Piala Dunia 2022. Ini terjadi karena Serbia mendesak FIFA menyelidiki federasi sepak bola Swiss setelah sebuah bendera Kosovo terlihat tergantung di ruang ganti ketika mereka kala menghadapi Brasil.

Federasi Sepak Bola Kosovo yang menjadi anggota badan sepak bola Eropa UEFA dan FIFA pada 2016, mengecam perilaku agresif yang dilakukan Serbia itu.

Ini adalah bumbu lain yang akan menghidupkan kesengitan pertandingan antara dua tim yang berorientasi menyerang ini tapi memiliki kultur sepak bola berbeda. Berikut beberapa fakta menarik menjelang pertemuan Serbia melawan Swiss:

- Swiss mengalahkan Serbia dalam satu-satunya pertemuan antara kedua belah pihak sebelum ini ketika bertemu dalam babak yang sama pada Piala Dunia 2018.

- Aleksandar Mitrovic membuka skor lebih awal untuk Serbia pada pertandingan itu sebelum Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri mencetak gol pada babak kedua untuk menyegel tiga poin. Ketiga pemain akan kembali saling berhadapan Sabtu dini hari nanti.

- Tim terbawah Serbia memperoleh dua poin dan berada di bawah Swiss yang menduduki peringkat kedua klasemen Grup G. Mereka harus menang agar bisa ke babak 16 besar.

- Serbia tidak pernah lolos ke babak knockout.

- Swiss ingin mencapai babak 16 besar ketiga kalinya berturut-turut dan hanya membutuhkan hasil imbang jika Kamerun tak mengalahkan Brasil.

- Swiss tidak pernah kalah dalam pertandingan terakhir fase grupnya dalam empat Piala Dunia terakhir mereka.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA/AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pakar: Cegah Stunting dengan Pemberian Protein Hewani

Pakar: Cegah Stunting dengan Pemberian Protein Hewani

LIFESTYLE | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE