Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Gagal Bawa Jerman ke 16 Besar: Hansi Flick Ogah Mundur

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:33 WIB
Oleh : JAS
Hansi Flick.

Doha, Beritasatu.com - Hansi Flick mengatakan bahwa dirinya tidak berniat untuk mundur sebagai pelatih tim nasional (timnas) Jerman setelah gagal membawa negaranya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, meski menang 4-2 atas Kosta Rika di pertandingan terakhir Grup E, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Flick mengungkapkan bahwa dia tidak berencana mundur karena masih terikat kontrak hingga Euro 2024, tetapi mengakui keputusan untuk tetap melatih Der Panzer ada di tangan Federasi Sepak Bola Jerman.

"Dari sisi saya, tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan (pekerjaan) ini," tambahnya yang dikutip AFP pada Kamis (01/12).

"Saya menikmatinya, kami memiliki pemain bagus yang datang."

Mantan pelatih Bayern Muenchen itu menyerukan adanya perubahan pada pengembangan pemain muda sepak bola Jerman dan mengatakan mereka perlu mencari cara agar bisa mengejar negara-negara lain.

"Kami memiliki pemain yang bermain dengan klub top dan kami memiliki kualitas (tetapi) saya percaya bahwa untuk masa depan sepak bola Jerman, kami perlu melakukan hal berbeda dalam latihan," kata Flick.

"Akan sangat penting untuk fokus pada generasi baru pesepak bola. Ada pemain bagus untuk masa depan, tetapi untuk 10 tahun ke depan, sangat penting bagi kami untuk membuat langkah yang tepat sekarang."

Pil pahit harus ditelan Timnas Jerman yang harus tersingkir di babak grup Piala Dunia 2022. Tim Panser harus angkat koper setelah finis di peringkat ketiiga Grup E meski pada laga terakhir grup mengalahkan Kosta Rika 4-2 di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut tidak cukup untuk membawa Tim Panser lolos ke babak 16 besar lantaran di laga lainnya, Jepang secara mengejutkan berhasil menumbangkan Spanyol.

Dengan ini Grup E diwakili Jepang dan Spanyol ke babak 16 besar. Jerman meski sama-sama memiliki poin, kalah agregat gol dari Spanyol.

Melawan Kosta Rika, Jerman berhasil menyarangkan empat gol. Dua di antaranya dicetak Kai Havertz di menit 73 dan 85. Dua gol lainnya dicetak Serge Gnabry di menit 10 dan N Fullkrug di menit 89.

Kosta Rika mampu memberikan perlawanan sengit ke Jerman. Mereka sempat menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol Yeltsin Tejeda di menit 58. Lalu berbalik unggul 2-1 setelah Juan Pablo Vargas mencetak gol lewat tendangan bebas.

Namun Jerman mampu bangkit setelah itu dengan mencetak tiga gol tambahan.

Kemenangan pantas diraih Jerman yang mendominasi penguasaan bola (65%). Selain itu Jerman melakukan 26 percobaan, 11 di antaranya mengarah ke gawang Kosta Rika. Jika saja Jerman lebih klinis memanfaatkan peluang itu, bukan mustahil mereka bisa mencetak gol lebih banyak dan lolos karena unggul jumlah agregat dari Spanyol.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA/AFP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI