Logo BeritaSatu

Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:14 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Doha, Beritasatu.com - Ada yang berbeda dalam pertandingan Piala Dunia 2022 antara Kosta Rika melawan Jerman. Laga seru yang berakhir 4-2 untuk kemenangan Jerman itu dipimpin wasit perempuan yakni Stephanie Frappart.

Penampilan Stéphanie Frappart menjadi wasit ini menorehkan sejarah karena untuk pertama kalinya pertandingan Piala Dunia dipimpin perempuan. Stéphanie Frappart menjadi pengadil di tengah lapangan didampingi dua asisten yang juga perempuan yakni Neuza Back dari Brasil dan Karen Díaz Mediasal asal Meksiko .

Advertisement

Laga ini juga menorehkan sejarah karena menjadi pertandingan pertama Piala Dunia yang dipimpin petugas pertandingan yang semuanya wanita.

“Saya dengan tulus menghargai kesempatan luar biasa yang diberikan kepada saya untuk menjadi wasit pertandingan hari ini. Saya juga ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan mereka untuk mempercayai saya, bahkan sebagai seorang wanita. Ini benar-benar suatu kehormatan,” ujar Stéphanie Frappart dalam unggahannya usia memimpin pertandingan Kosta Rika melawan Jerman.

Stéphanie Frappart telah masuk dalam Daftar Wasit Internasional FIFA sejak 2009, dan telah menjadi wasit beberapa pertandingan tingkat tinggi. Dia menjadi wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan besar pria Eropa dan pertandingan Ligue 1 Prancis. Kedua momen itu terjadi pada 2019

Stéphanie Frappart juga menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions UEFA pada tahun 2020. Pada tahun 2021, Frappart menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan kualifikasi Piala Dunia pria.

Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia
Wasit asal Pracis Stephanie Frappart (tengah), bersama asisten Karen Diaz (kiri) dari Meksiko dan Neuza Back asal Brasil saat memimpin pertandingan Piala Dunia 2022 antara Kosta Rika melawan Jerman di Stadion AL Bayt, Al Khor, 1 Desember 2022.

Frappart dibesarkan di Herblay-sur-Seine dan mulai menjadi wasit pertandingan remaja pada usia 13 tahun. Pada saat dia berusia 18 tahun, dia sudah menjadi wasit pertandingan nasional U-19.

Pada tahun 2011, Frappart mulai menjadi wasit pertandingan di Championnat National, divisi ketiga sepak bola pria di Prancis. Tiga tahun kemudian, Frappart menjadi wasit wanita pertama di Ligue 2, kasta kedua sepak bola pria profesional di Prancis. Dia juga menjadi wasit di Piala Dunia Wanita FIFA 2015 di Kanada.

Pada 3 Desember 2018, Frappart ditunjuk untuk memimpin Piala Dunia Wanita FIFA 2019 di Prancis. Setelah babak 16 besar berakhir, diumumkan bahwa Frappart telah terpilih sebagai salah satu dari 11 ofisial yang akan dipertahankan selama sisa turnamen. Frappart kemudian ditunjuk sebagai wasit final turnamen itu pada 7 Juli 2019 antara Amerika Serikat dan Belanda.

Pada April 2019, diumumkan bahwa dia akan menjadi wasit wanita pertama di Ligue 1. Pertandingan pertama yang dipimpinnya adalah antara SC Amiens dan RC Strasbourg pada 28 April 2019.

Frappart juga ditunjuk sebagai wasit Piala Super UEFA 2019 antara Liverpool dan Chelsea pada 2 Agustus 2019. Saat itu dia pun menorehkan sejarah menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan utama pria Eropa.

Pada 2 Desember 2020, dia menjadi wasit wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan Liga Champions UEFA, antara Juventus dan Dynamo Kyiv. Maret 2021, Frappart memimpin leg kedua pertandingan Liga Champions Wanita UEFA antara Atlético Madrid dan Chelsea. Pada Maret 2021 itu, ia juga menjadi wanita pertama yang memimpin kualifikasi Piala Dunia FIFA, dalam pertandingan antara Belanda dan Latvia.

Stéphanie Frappart menjadi wasit Final Coupe de France 2022 antara Nice dan Nantes pada 7 Mei 2022. Sekitar dua pekan kemudian, dia terpilih sebagai wasit di Piala Dunia FIFA 2022. Dan sejarah kembali ditorehkannya pada 1 Desember 2022 ketika dia menjadi wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan Piala Dunia FIFA putra antara Kosta Rika dan Jerman.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: MARCA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lolos ke Final Piala Liga Inggris, Newcastle Akhiri Penantian 47 Tahun

Pencapaian ke final Piala Liga Inggris diraih Newcastle United setelah mengalahkan Southampton 2-1 pada final leg kedua di St. James Park, Rabu (1/2/2023).

BOLA | 1 Februari 2023

Liga 1: Persebaya Waspadai Tiga Pemain Borneo FC

Pelatih Persebaya Aji Santoso menginstruksikan pemainnya untuk tidak menanggap remeh Borneo FC dalam laga di Stadion Joko Samudro Gresik, Jumat, (3/2/2023).

BOLA | 1 Februari 2023

Jadi Pemain Termahal di Inggris, Siapa sih Enzo Fernandez?

Chelsea memboyong Enzo Fernandez dari Benfica dengan nilai transfer fantastis, £106,7 juta (121 juta Euro), Selasa (31/1/2023).

BOLA | 1 Februari 2023

Hasil Evaluasi, Shin Tae-yong Diminta Bekerja Lebih Baik Lagi

Di sepanjang tahun 2022 hingga awal tahun 2023, Shin Tae-yong sudah menakhodai timnas di berbagai kompetisi tingkat ASEAN dan Asia.

BOLA | 1 Februari 2023

Buat Assist dalam Debut di Persib, Bule: Ini untuk Bobotoh

Di laga debutnya bersama Persib, Bule - sapaan akrab Rezaldi Hehanussa - langsung menyumbangkan satu assist untuk gol David da Silva.

BOLA | 1 Februari 2023

Gara-gara Salah Dokumen, Hakim Ziyech Batal Dipinjam PSG

Sayangnya, setelah tenggat waktu berlalu, diketahui bahwa Chelsea telah memberikan dokumen yang salah dan transfer Hakim Ziyech tidak selesai tepat waktu

BOLA | 1 Februari 2023

MU Pinjam Marcel Sabitzer dari Bayern Muenchen

Marcel Sabitzer, pemain internasional Austria berusia 28 tahun itu telah setuju untuk bergabung dengan tim Erik ten Hag hingga akhir musim.

BOLA | 1 Februari 2023

Pecah Rekor, Chelsea Akhirnya Dapatkan Enzo Fernandez

Enzo kini menjadi pemain termahal dalam sejarah sepak bola Inggris, melampaui £100 juta yang dibayarkan Manchester City untuk Jack Grealish pada 2021.

BOLA | 1 Februari 2023

Arsenal Angkut Jorginho dari Chelsea

Arsenal membeli Jorginho yang telah mencatatkan 143 penampilan di Liga Inggris  dengan nilai transfer sebesar 12 juta pound.

BOLA | 1 Februari 2023

Union Berlin Melenggang ke Perempat Final Piala Jerman

Sempat tertinggal terlebih dahulu, Unio Berlin berhasil membalas dua gol ke gawang Wolfsburg lewat gol Robin Knoche dan Kevin Behrens.

BOLA | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Titi DJ Operasi Plastik di Korsel, Netizen: Lebih Suka Wajah Lama

Titi DJ Operasi Plastik di Korsel, Netizen: Lebih Suka Wajah Lama

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE