Logo BeritaSatu

Tragis, Uruguay Gagal ke 16 Besar Meski Tekuk Ghana

Jumat, 2 Desember 2022 | 23:59 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Al Wakrah, Beritasatu.com - Uruguay gagal melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022 meski menundukkan Ghana, 2-0, dalam partai terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022), di Stadion Al Janoub, Al Wakrah.

Kedua gol Uruguay diborong Giorgian de Arrascaeta yang dicetak pada menit ke-26 dan 32. Namun kemenangan ini menjadi tak berarti karena dalam pertandingan lain Grup H, Korea Selatan menaklukkan Portugal 2-1.

Advertisement

Hasil ini membuat Korea Selatan menempati posisi kedua klasemen akhir grup dengan raihan 4 poin sama dengan Uruguay namun unggul produktivitas gol. Sementara Ghana menempati posisi juru kunci dengan koleksi nilai 3.

Portugal menjadi juara grup dengan raihan 6 poin dan akan menghadapi runner-up Grup G di babak 16 besar. Sementara Korea Selatan bertengger di posisi kedua dengan koleksi 4 poin dan bakal bertemu juara Grup G yang berisi Brasil, Kamerun, Swiss, dan Serbia. Grup G baru akan menyelesaikan pertandingan terakhir penyisihan pada Sabtu (3/12/2022) dini hari mulai 02.00.

Kegagalan Uruguay ini tergolong tragis karena hingga pertandingan nyaris usai mereka masih dianggap lolos ke 16 besar. Namun gol pemain Korea Selatan Hwang Hee-chan saat injury time ke gawang Portugal membuat harapan mereka lolos pupus.

Uruguay memasang striker Luis Suarez dan Darwin Nunez didampingi Facundo Pellistri yang menjadi andalan di barisan penyerang dalam formasi 4-3-3. Mereka ditopang tiga pemain tengah Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, dan Giorgian de Arrascaeta.

Giménez dan Sebastián Coates berduel mengawal jantung pertahanan dan didampingi Guillermo Varela di kanan serta Mathías Olivera di kiri. Mereka mengawal kiper Sergio Rochet.

Sementara di kubu Ghana, pelatih Otto Addo mengusung formasi 4-2-3-1. Dia memasang Inaki Williams sebagai ujung ombak tunggal didukung Mohammed Kudus, André Ayew, dan Jordan Ayew.

Gelandang Thomas Partey dan Salis Abdul Samed berduet di depan empat pemain belakang yang diisi Alidu Seidu, Daniel Amartey, Mohammed Salisu, dan Baba Rahman. Ati Zigi masih dipercaya menempati posisi penjaga gawang.

Ghana mendapat hadiah penalti pada menit ke-21, pelanggaran yang dilakukan kiper Uruguay Sergio Rochet kepada Mohammed Kudus. Wasit sempat meminta bantuan VAR untuk penalti ini. Hadiah penalti akhirnya diberikan kepada Ghana.

Andre Ayew mengeksekusi penalti ini. Namun bola hasil tendangannya berhasil diblok Sergio Rochet.

Menit ke-23, giliran Uruguay yang mendapat peluang. Berawal dari aksi Suarez merangsek lini pertahanan dan memberi umpan kepada rekannya. Bola disambut Darwin Nunez namun tendangan pemain Liverpool ini diblok.

Tiga menit kemudian, Uruguay memimpin berkat gol yang dicetak gelandang Giorgian de Arrascaeta.

Gol berawal dari upaya Luis Suarez merangsek pertahanan Ghana. Dia kemudian memberikan umpan kepada Giorgian De Arrascaeta. Bola umpan mantan penyerang Atletico Madrid itu disambut dengan sundulan oleh Giorgian De Arrascaeta dan menjebol gawang Ghana.

Uruguay menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-32. Gol kedua tim Amerika Selatan ini kembali dicetak Giorgian De Arrascaeta. Skenario gol kedua ini sangat mirip dengan gol pertama.

Berawal dari aksi Luis Suarez menerobos pertahanan Ghana. Dia kemudian memberikan umpan kepada Giorgian De Arrascaeta. Bola sodoran mantan penyerang Barcelona itu disambut dengan tendangan voli oleh Giorgian De Arrascaeta dan dan merangsek gawang Ghana.

Uruguay nyaris menambah keunggulan di pengujung babak pertama. Namun sundulan Jose Gimenez menyambut umpan silang Giorgian De Arrascaeta melebar dari sasaran. Skor 2-0 untuk keunggulan Uruguay bertahan hingga babak usai.

Memasuki babak kedua, pelatih Ghana Otto Addo mengganti dua pemain kakak beradik Jordan dan Andre Ayew. Kedua digantikan masing-masing oleh Kamaldeen Sulemana dan Osman Bukari.

Wasit kembali meminta bantuan VAR pada menit ke-59 setelah salah satu pemain Ghana terlihat melakukan handsball. Namun setelah mengecek WAR wasit Daniel Siebert dari Jerman memutuskan tak ada penalti.

Menit ke-66, Uruguay melakukan dua pergantian pemain depan untuk menambah daya gedor. Edinson Cavani masuk menggantikan pembuat dua assist gol Uruguay Luis Suarez. Sementara Nicolás De La Cruz menggantikan Facundo Pellistri.

Ghana sebenarnya unggul dalam penguasaan bola dibanding Uruguay. Namun hingga pertandingan berakhir, pasukan yang dilatih Otto Addo ini tak mampu membuat gol balasan. Serangan demi serangan yang mereka lakukan kerap mentah sebelum masuk ke pertahanan Uruguay.

Uruguay memang memetik kemenangan 2-0 namun gagal melaju ke 16 besar.

Susunan pemain:

Ghana (4-2-3-1): 1 Ati Zigi; 26 Alidu Seidu, 18 Daniel Amartey, 4 Mohammed Salisu, 17 Baba Rahman; 5 Thomas Partey, 21 Salis Abdul Samed (8 Daniel-Kofi Kyereh 72); 20 Mohammed Kudus, 10 André Ayew (11 Osman Bukari 46), 9 Jordan Ayew (22 Kamaldeen Sulemana 45); 19 Inaki Williams (25 Antoine Semenyo 72)

Uruguay (4-3-3): 23 Sergio Rochet; 13 Guillermo Varela, 2 Giménez, 19 Sebastián Coates, 16 Mathías Olivera; 15 Federico Valverde, 6 Rodrigo Bentancur (5 Matías Vecino 34), 10 Giorgian de Arrascaeta; 8 Facundo Pellistri (7 Nicolás De La Cruz 66), 9 Luis Suárez (21 Edinson Cavani 66), 11 Darwin Nunez



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Sportinglife

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Liga 1: Persib Angkut 22 Pemain Hadapi Bali United

Laga Persib melawan Bali United dijadwalkan akan dimainkan di Stadion Maguwoharjo Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (10/2/2023) besok pukul 17.00 WIB.

BOLA | 9 Februari 2023

Martinez, Courtois atau Bounou, Siapa Kiper Terbaik Dunia?

Pemenang penghargaan kiper terbaik dunia FIFA ini akan diberikan pada upacara penghargaan FIFA di Paris akhir bulan ini.

BOLA | 9 Februari 2023

Benzema Kemungkinan Akan Main di Final Piala Dunia Antarklub

Final Piala Dunia Antarklub antara Real Madrid menghadapi Al Hilal dari Arab Saudi akan digelar di Rabat pada Sabtu (11/2/2023).

BOLA | 9 Februari 2023

Ini Opsi Pep Guardiola jika Tinggalkan Manchester City

Pep Guardiola dipastikan akan hengkang jika Manchester City terkena sanksi karena sejumlah pelanggaran.

BOLA | 9 Februari 2023

Undian Putaran Kelima Piala FA: MU vs West Ham, Bristol vs Man City

Tim Premier League lainnya, Tottenham Hotspur akan bertandang ke markas Sheffield United di Bramall Lane pada putaran kelima Piala FA.

BOLA | 9 Februari 2023

Pelatih Legendaris Kroasia Miroslav Blazevic Tutup Usia

Miroslav Blazevic yang mengawali karier kepelatihan di tahun 1968 ini pernah membawa Kroasia finis di peringkat ketiga Piala Dunia 1998.

BOLA | 9 Februari 2023

Real Madrid ke Final Piala Dunia Antarklub, Ancelotti Masih Belum Puas

Manajer klub Real Madrid Carlo Ancelotti masih belum puas dengan penampilan para pemainnya yang baru saja lolos ke babak final Piala Dunia Antarklub.

BOLA | 9 Februari 2023

PSSI Optimistis Timnas U-20 Bisa Berprestasi di Piala Asia U-20

Timnas U-20 terus mematangkan persiapan jelang main di ajang Piala Asia U-20 yang akan berlangsung pada awal Maret 2023 di Uzbekistan.

BOLA | 9 Februari 2023

Liga Inggris, Jadon Sancho Selamatkan MU dari Kekalahan

Jadon Sancho mencetak gol pertamanya sejak September tahun lalu untuk menyelamatkan Manchester United (MU) dari Leeds United di ajang Liga Inggris.

BOLA | 9 Februari 2023

Tanpa Mbappe, PSG Disingkirkan Marseille di Piala Prancis

PSG mengalami nasib menyedihkan di awal tahun setelah langkah mereka terhenti dari babak 16 besar ajang Piala Prancis.

BOLA | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Konser Westlife di ICE BSD

Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Konser Westlife di ICE BSD

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE