Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Jelang Portugal vs Swiss: Meremehkan Ronaldo Akan Jadi Petaka

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:24 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH
Cristiano Ronaldo

Doha, Beritasatu.com - Cristiano Ronaldo sejauh ini belum bersinar di Piala Dunia 2022. Pemain berusia 37 tahun yang belum memiliki klub ini baru mencetak satu gol. Namun menganggap kekuatan Ronaldo telah memudar akan menjadi petaka buat Swiss, calon lawan Portugal di babak 16 besar.

Peringatan ini disampaikan gelandang Swiss, Xherdan Shaqiri.

"Anda tidak bisa mengabaikan Cristiano, dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia bersama dengan (Lionel) Messi," kata Shaqiri kepada wartawan usai latihan pada Minggu (4/12/2022).

"Orang ini bisa mencetak gol setiap saat, setiap menit. Dia memiliki pengalaman dan semua orang tahu betapa pentingnya dia untuk Portugal dan timnya," tambah mantan penyerang Liverpool dan Bayern Munich itu.

Shaqiri yang kini bermain di Major League Soccer bersama Chicago Fire mengatakan terlepas dari ancaman Ronaldo, masih banyak sumber bahaya lain dari Portugal.

"Kami juga harus mengenal pemain lain karena bukan hanya Ronaldo, mereka memiliki pemain yang sangat bagus, pemain muda yang bisa membuat perbedaan besar dan kami harus memberikan performa yang sangat bagus karena itu ini babak gugur dan apapun bisa terjadi dan kami menantikannya," katanya.

Menurut Shaqiri kunci kekuatan Swiss adalah bermain secara kolektif.

"Kuncinya adalah memiliki performa spesial dari seluruh tim. Tidak ada Cristiano di tim kami, kami harus memiliki seluruh tim untuk sukses. Jika semua orang bersatu, semua orang mencapai level performa tertinggi mereka, saya yakin kita memiliki kesempatan untuk pergi," katanya.

Swiss dan Portugal sudah dua kali bertemu di Nations League pada bulan Juni. Pertemuan pertama berakhir dengan kemenangan Portugal 4-0 di Lisbon, dua gol di antaranya dicetak Ronaldo. Sepekan kemudian Swiss membalas dengan kemenangan 1-0 di Jenewa.

Meski demikian Shaqiri menilai dua pertemuan terakhir itu bukanlah ukuran untuk laga 16 besar Piala Dunia 2022 nanti.

"Kami tahu Portugal, kami telah melawan mereka berkali-kali dalam pertandingan persahabatan, di Nations League, kami kalah beberapa kali, kami menang beberapa kali, bagi saya semuanya terbuka, ini adalah pertandingan sistem gugur tetapi kami tahu mereka akan menjadi tim yang bagus. Kami membutuhkan penampilan yang sangat besar, penampilan yang spesial jika kami akan lolos," tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Khaleej Times


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI