Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Piala Dunia 2022: Adu Penalti, Kroasia Kalahkan Jepang 3-1

Selasa, 6 Desember 2022 | 00:44 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW
Kiper Kroasia Dominik Livakovic menahan tendangan penalti pemain Jepang Takumi Minamino.

Jakarta, Beritasatu.com – Kroasia mengalahkan Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, di Stadion Al Janoub, Senin (5/12/2022). Kroasia menang 3-1 dalam adu penalti.

Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1 hingga babak tambahan.

Kroasia pun memastikan ke perempat final. Di babak delapan besar, mereka akan bertemu pemenang antara Brasil dan Korea Selatan.

Kroasia harus berterima kasih kepada kiper Dominik Livakovic, yang menahan tiga tendangan penalti. Tiga tendangan penalti itu dari Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida. Dia hanya gagal mencegah tendangan Takuma Asano.

Tiga gol Kroasia dari adu penalti dihasilkan oleh Nikola Vlasic, Marcelo Brozovic, dan Mario Pasalic. Satu tendangan yang gagal masuk ke gawang Jepang adalah dari Marko Livaja.

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

Dalam waktu normal, Kroasia menyamakan kedudukan lewat Ivan Perisic yang mencetak gol lewat sundulan yang bersarang di sisi kiri gawang Jepang pada menit ke-55.

Perisic menyamakan gol Jepang yang sebelumnya dicetak Dazen Maeda pada menit ke-43.

Gol berawal dari tendangan sudut. Sempat terjadi sedikit kemelut, dan bola jatuh ke kaki Maeda yang langsung menyepak ke gawang Kroasia. Wasit sempat mengecek adanya peluang offside, tetapi bersih, Wasit tetap mengesahkan gol itu.

Pertarungan tim dari Asia dan Eropa tersebut berjalan dalam tempo cepat dari awal laga. Jepang yang mengejutkan dengan menjuarai Grup E, mampu mengimbangi Kroasia, finalis Piala Dunia 2018.

Jual beli serangan dilakukan kedua tim. Kiper Jepang Shuichi Gonda mendapat ujian pertama saat pertandingan berjalan delapan menit.

Jepang tidak tinggal diam. Samurai Biru juga memberi tekanan lewat sisi kanan yang diisi Ritsu Doan, yang kali ini menjadi starter.

Kiper Kroasia Dominik Livakovic merayakan kemenangan atas Jepang bersama rekan-rekannya.

Junya Ito juga sering mengeksploitasi lini kiri pertahanan Kroasia. Sayangnya, umpan silangnya tidak mampu dimanfaatkan rekan-rekannya.

Kiper Shuichi Gonda harus bekerja keras untuk mengamankan gawangnya, setelah pertandingan berjalan 20 menit. Beberapa kali dia mendapat ujian berat dari para pemain Kroasia, seperti Ivan Perisic.

Pada babak kedua, pertandingan bertambah seru. Untuk menyegarkan amunisi, kedua tim melakukan pergantian pemain.

Tempo permainan tetap cepat, meski tidak secepat babak pertama. Baik Jepang maupun Kroasia, beberapa kali saling menyerang. Kiper kedua tim harus berjuang keras mengamankan gawang mereka, seperti yang dilakukan Gonda ketika menghalau tendangan keras Luka Modric.

Penendang penalti:

Jepang:
Takumi Minamino (Gagal)
Kaoru Mitoma (Gagal)
Takuma Asano (Gol)
Maya Yoshida (Gagal)

Kroasia:
Nikola Vlasic (Gol)
Marcelo Brozovic (Gol)
Marko Livaja (Gagal)
Mario Pasalic (Gol)

Susunan pemain Jepang vs Kroasia:

Jepang 3-4-3: Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Yuto Nagatomo; Ritsu Doan, Dazen Maeda, Daichi Kamada.

Kroasia 4-3-3: Dominik Livakovic; Borna Barisic, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Ivan Perisic, Bruno Petkovic, Andrej Kramaric.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI