Logo BeritaSatu

Brasil Unggul 4-0 atas Korea Selatan di Babak Pertama

Selasa, 6 Desember 2022 | 02:50 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Doha, Beritasatu.com - Brasil untuk sementara unggul 4-0 atas Korea Selatan (Korsel) pada babak pertama putaran 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Gol yang membawa pasukan Tite unggul dilesakkan Vinícius Junior pada menit ketujuh, penalti Neymar (13), Richarlison (29), serta Lucas Paquetá (36). Keunggulan dengan skor telak di babak pertama ini membuat Brasil berada di atas angin untuk menantang Kroasia di perempat final.

Advertisement

Brasil sudah menurunkan penyerang mereka Neymar sebagai andalan di lini depan. Pemain Paris Saint-Germain itu telah pulih dari cedera setelah sempat absen dalam dua pertandingan penyisihan grup. Dia akan berperan menjadi salah satu trio penopang ujung tombak tunggal, Richarlison, bersama Vinicius Junior dan Raphinha.

Marquinhos dan Thiago Silva berduet menjaga jantung pertahanan. Mereka akan didampingi Danilo di kanan serta Eder Militao di kiri. Sementara posisi kiper tetap dipercayakan kepada Alisson. Casemiro dan Lucas Paqueta berduet di depan empat pemain belakang.

Sementara di kubu Korea Selatan, pelatih Paulo Bento juga menerapkan formasi 4-2-3-1. Dia mempercayakan Cho Gue-Sung sebagai striker tunggal di lini depan.

Cho akan ditopang trio Hwang Hee-Chan, Lee Jae-Sung, dan Son Heung-Min. Hwang In-Beom dan Jung Woo-Young berduet di depan empat pemain belakang yang diisi Kim Moon-Hwan, Kim Min-Jae, Kim Young-Gwon, dan Kim Jin-Su. Keempat bek ini mengawal kiper Kim Seung-gyu.

Brasil langsung unggul di menit-menit awal tepatnya menit ketujuh melalui aksi Vinicius Junior. Gol pertama Brasil berawal dari aksi Raphinha yang menyerang dari sayap kiri lalu menyodorkan umpan menyusur tanah ke depan gawang. Richarlison berupaya menyambut namun bola lepas. Bola kemudian diterima Vinicius Junior yang dengan mudah menaklukkan kiper dan menjebol gawang Korsel.

Sementara gol kedua tercipta berkat penalti Neymar. Wasit menunjuk titik putih setelah Richarlison dijatuhkan Woo-Young Jung di kotak berbahaya. Neymar mengeksekusi bola dengan tendangan tidak keras namun berhasil mengecoh kiper Kim Seung-gyu. Brasil pun unggul 2-0 saat pertandingan baru berjalan 13 menit.

Korsel menekan Brasil pada menit ke-26. Hee-Chan Hwang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tepat ke arah gawang. Namun kiper Alisson Becker mampu mengamankannya.

Brasil hanya butuh waktu 13 menit untuk menambah keunggulan menjadi 3-0. Kali ini gol dicetak Richarlison. Gol berawal dari aksi Richarlison yang mengontrol bola dengan aksi akrobatiknya di depan pemain Korsel.

Dia kemudian memberikan bola kepada Raphinha yang kemudian melanjutkannya ke Casemiro. Umpan Casemiro inilah yang dimanfaatkan Richarlison untuk merobek gawang Korsel dengan kaki kiri.

Brasil menambah keunggulan menjadi 4-0 melalui gol yang dilesakkan Lucas Paqueta pada menit ke-37.

Berawal dari serangan balik. Bola dikuasai Vinicius Junior untuk menusuk sisi kanan pertahanan Korsel. Dia kemudian memberikan umpan lambung. Bola kemudian disambar Lucas Paqueta dengan tendangan voli yang berhasil menembus gawang Korsel untuk keempat kalinya malam itu.

Korsel terlihat tak berdaya menahan aksi-aksi pemain Brasil yang memainkan umpan-umpan merapat nan akurat. Brasil nyaris menambah gol melalui aksi Paqueta di pengsujung babak pertama. Namun aksinya digagalkan kiper. Skor 4-0 untuk keunggulan Brasil bertahan hingga babak pertama usai.

Susunan pemain:

Brasil (4-2-3-1): 1 Alisson; 2 Danilo, 4 Marquinhos, 3 Thiago Silva, 14 Eder Militao; 5 Casemiro 7 Lucas Paqueta; 11 Raphinha, 10 Neymar, 20 Vinicius Junior; 9 Richarlison.

Korea Selatan (4-2-3-1): 1 Kim Seung-gyu; 15 Kim Moon-Hwan, 4 Kim Min-Jae, 19 Kim Young-Gwon, 3 Kim Jin-Su; 6 Hwang In-Beom, 5 Jung Woo-Young; 11 Hwang Hee-Chan, 10 Lee Jae-Sung, 7 Son Heung-Min; 9 Cho Gue-Sung.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Sportinglife

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Undian Semifinal Copa del Rey: Madrid vs Barcelona, Osasuna vs Bilbao

Hasil undian semifinal Copa del Rey 2022/2023 yang digelar Senin (30/1/2023) malam WIB mempertemukan Real Madrid dengan Barcelona.

BOLA | 31 Januari 2023

Valencia Pecat Pelatih Gennaro Gattuso

Gattuso total sudah memimpin Valencia dalam 22 pertandingan di semua kompetisi dan meraih hsil yang dibilang tidak memuaskan.

BOLA | 31 Januari 2023

Undian Putaran 5 Piala FA: MU vs West Ham, Bristol vs Man City

Satu-satunya pertemuan dua tim Liga Inggris (Premier League) di putaran kelima Piala FA terjadi antara Manchester United dan West Ham United.

BOLA | 31 Januari 2023

Menpora Tak Ingin Arema FC Bubar

Rencana Arema FC untuk membubarkan diri dilatarbelakangi kerusuhan yang terjadi di kantor Arema FC pada Minggu (29/1/2023).

BOLA | 31 Januari 2023

Timnas Indonesia Siapkan Dua Laga Persahabatan FIFA, Siapa Lawannya?

Seluruh pertandingan persahabatan FIFA Match Day Timnas Indonesia diupayakan berlangsung di Indonesia meski terbuka main di luar negeri.

BOLA | 31 Januari 2023

Everton Tunjuk Sean Dyche Jadi Pelatih Baru

Everton telah resmi menunjuk Sean Dyche sebagai pelatih baru dengan kontrak berdurasi dua setengah tahun hingga Juni 2025.

BOLA | 31 Januari 2023

Menpora Dukung Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano Berlatih di Hungaria

Menpora Zainudin Amali mendukung dua pesepak bola belia Muhammad Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano berlatih di Hungaria.

BOLA | 31 Januari 2023

Gabung Dewa United, Egy Maulana: Semoga Lebih Baik

Egy Maulana Vikri resmi diperkenalkan oleh Dewa United pada Senin (30/1/2023), setelah beberapa hari berada di Indonesia.

BOLA | 30 Januari 2023

Soal Kelanjutan Kompetisi Liga 2, Ini Kata Menpora

Menpora menegaskan sikap pemerintah terhadap pelaksanaan kompetisi di Indonesia hanya membantu memfasilitasi, bukan melakukan intervensi.

BOLA | 30 Januari 2023

Terima Kunjungan Klub dan APPI, Menpora: Liga 2 Belum Bisa Dilanjutkan

Dalam pertemuan Menpora Zainudin Amali dengan perwakilan klub Liga 2 dan APPI, adalah Liga 2 belum dapat dimulai kembali.

BOLA | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PPP Ungkap Kebiasaan Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

PPP Ungkap Kebiasaan Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE