Logo BeritaSatu

Portugal Ungguli Swiss 2-0 pada Babak Pertama

Rabu, 7 Desember 2022 | 02:47 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Lusail, Beritasatu.com - Portugal untuk sementara unggul 2-0 atas Swiss dalam babak pertama partai 16 besar Piala Dunia 2022, di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Gol yang membawa Portugal unggul dicetak Gancalo Ramos dan sundulan Pepe.

Cristiano Ronaldo hanya menjadi cadangan dalam pertandingan ini. Posisi pemain yang kini tidak mempunyai klub itu digantikan Goncalo Ramos dalam formasi 4-3-3. Portugal Bruno Fernandes dan Joao Felix sebagai pendamping Goncalo Ramos di barisan depan.

Advertisement

Sementara di lapangan tengah, pelatih Fernando Santos menurunkan Otávio, William Carvalho, dan Bernardo Silva. Pepe dan Ruben Dias menggalang pertahanan didampingi Diogo Dalot di kanan serta Raphael Guerreiro di kiri. Para bek ini akan mengawal kiper Diogo Costa.

Sementara di kubu Swiss, pelatih Murat Yakin mengusung formasi 4-2-3-1. Dia mempercayakan posisi striker kepada Breel Embolo. Penyerang Monaco itu didukung trio Xherdan Shaqiri, Djibril Sow, dan Ruben Vargas.

Dua gelandang Remo Freuler dan Granit Xhaka berposisi di depan empat bek yang terdiri dari Edimilson Fernandes, Fabian Schar, Manuel Akanji, dan Ricardo Rodríguez. Posisi kiper tetap dipercayakan kepada Yann Sommer.

Penguasaan yang lebih dominan akhirnya membuahkan hasil bagi Portugal. Pasukan Fernando Santos mencetak gol yang membawa mereka memimpin pada menit ke-17. Gol dilesakkan Goncalo Ramos.

Gol berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Portugal. Joao Felix kemudian menguasai bola dan memberikan umpan. Bola kemudian dimanfaatkan Goncalo Ramos dengan melepaskan tendangan kiri dan bersarang di gawang Swiss yang dijaga Yann Sommer.

Goncalo Ramos kembali mendapat peluang beberapa saat kemudian. Mendapat sodoran dari Joao Felix, Ramos kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun bola tendangannya berhasil ditangkap Yann Sommer sambil menjatuhkan diri.

Swiss memiliki peluang ketika mendapat tendangan bebas menit ke-30. Tendangan Xherdan Shaqiri mengarah ke pojok gawang seharusnya menjadi gol jika saja tak ditepis Diego Costa.

Portugal menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-33 melalui sundulan Pepe. Gol berawal sepak pojok yang didapat Portugal.

Sepak pojok ini diambil oleh Bruno Fernandes. Bola tendangan gelandang Manchester United kemudian ditanduk bek Pepe yang ikut maju mengantisipasi sepak pojok. Bola pun menghunjam keras ke gawang tanpa mampu diantisipasi Yann Sommer.

Swiss mengancam gawang Portugal melalui Remo Freuler. Bola umpan Edimilson Fernandes dari sisi kanan ditepis Diego Cosata dan melambung. Namun sundulan Freuler gagal membuahkan gol.

Menit ke-43, Portugal kembali mendapat peluang melalui Goncalo Ramos. Striker Benfica ini melepaskan tendangan setelah mendapat umpan Bruno Fernandes. Swiss batal kebobolan untuk ketiga kalinya berkat kerja keras Yann Sommer yang menepis bola.

Susunan pemain:

Portugal (4-3-3): 22 Diogo Costa; 2 Diogo Dalot, 3 Pepe, 4 Rúben Dias, 5 Raphael Guerreiro; 25 Otávio, 14 William Carvalho, 10 Bernardo Silva; 8 Bruno Fernandes, 26 Goncalo Ramos, 11 Joao Felix

Swiss (4-2-3-1): 1 Yann Sommer; 2 Edimilson Fernandes, 22 Fabian Schar, 5 Manuel Akanji, 13 Ricardo Rodríguez; 8 Remo Freuler, 10 Granit Xhaka; 23 Xherdan Shaqiri, 15 Djibril Sow, 17 Ruben Vargas; 7 Breel Embolo



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Sportinglife

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ladeni Frankfurt, Bayern Muenchen Hanya Petik Hasil Imbang

Bayern Muenchen kembali hanya memetik hasil imbang ketika menjamu Eintracht Frankfurt, dalam kompetisi Liga Jerman di Stadion Allianz Arena

BOLA | 29 Januari 2023

Piala FA: Koneksi Brasil Bawa Manchester United ke 16 Besar

Gol yang dicetak duo Brasil, Casemiro dan Fred, membawa Manchester United melaju ke babak 16 besar Piala FA setelah menundukkan Reading 3-1.

BOLA | 29 Januari 2023

Gol Pedri Bawa Barcelona Taklukkan Girona

Gol di menit 61 yang dicetak Pedri melanjutkan catatan delapan kemenangan beruntun Barcelona.

BOLA | 29 Januari 2023

Bus Persis Dilempari Batu Oknum Suporter, Persita Minta Maaf

Dalam tayangan video yang beredar di media sosial, terlihat adanya segelintir oknum yang melakukan pelemparan batu ke arah bus Persis Solo usai melawan Persita.

BOLA | 28 Januari 2023

Paul Pogba dan Dusan Vlahovic Pulih, Allegri Ingin Turunkan Lawan Monza

Pemain gelandang Paul Pogba dan striker Dusan Vlahovic akan siap untuk pertandingan kandang Liga Italia Serie A, saat Juventus lawan Monza pada hari Minggu.

BOLA | 29 Januari 2023

Babak Pertama, Girona vs Barcelona Masih Tanpa Gol

Meski unggul jauh dalam penguasaan bola, Barcelona kesulitan untuk mencetak gol ke gawang Girona.

BOLA | 28 Januari 2023

PSSI dan CFA Jajaki Kerja Sama Pengembangan Sepak Bola

PSSI mendapat kunjungan dari perwakilan Asosiasi Sepak Bola China (CFA) menjajaki kerja sama pengembangan sepak bola.

BOLA | 29 Januari 2023

Xavi Senang Alonso Teken Kontrak Baru Setahun Lagi di Barcelona

Marcos Alonso tiba di Camp Nou pada bulan September sebagai agen bebas setelah meninggalkan Chelsea.

BOLA | 29 Januari 2023

Lagi, Giliran Bus Persis Solo Dilempari Batu oleh Oknum Suporter

Aksi pelemparan ini terjadi selepas Persis Solo melakoni laga melawan Persita di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (28/1/2023) sore.

BOLA | 28 Januari 2023

Persita Main Tanpa Gol Lawan 10 Pemain Persis Solo

Persita yang dominan gagal menaklukkan Persis Solo yang sempat bermain dengan 10 pemain setelah Muhammad Abduh Lestaluhu diusir wasit.

BOLA | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

EKONOMI | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE