Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Statistik Menarik dari Sukses Kroasia Singkirkan Brasil

Sabtu, 10 Desember 2022 | 01:35 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS
Para pemain Kroasia berlari merayakan kemenangan atas Brasil lewat adu penalti dalam perempat final Piala Dunia 2022, Jumat, 9 Desember 2022. 

Doha, Beritasatu.com - Kroasia tampil luar biasa dan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah menundukkan Brasil, 4-2, lewat adu penalti di Stadion Education City, Jumat (9/12/2022).

Pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti setelah kedua tim bermain imbang, 1-1, setelah melewati babak tambahan. Kedua tim bermain imbang tanpa gol setelah bermain 90 menit. Pada babak tambahan Brasil unggul lebih dulu melalui gol Neymar. Namun Kroasia menyamakan kedudukan melalui gol Bruno Petkovic.

Saat adu penalti, Kroasia menghasilkan skor melalui Nicola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, Mislav Orsic. Sementara Brasil hanya menghasilkan gol melalui Cesmiro dan Pedro. Penendang pertama mereka Rodrygo dan penendang keempat Marquinhos gagal.

Kedua tim sebenarnya tampil saing menyerang dan mendapat peluang namun selalu gagal membuahkan gol. Brasil memang membuat peluang mencetak gol lebih banyak namun tak juga menghasilkan gol. Brasil baru bisa mencetak gol melalui aksi Neymar pada menit ke-150.

Aksi kiper Dominik Livakovic menjadi faktor utama kegagalan Brasil menjebol gawang Kroasia sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan over time. Sepanjang pertandingan, kiper Dinamo Zagreb ini tercatat membuat 10 penyelamatan. Dia juga menjadi pahlawan saat adu penalti dengan mengagalkan tendangan Rodrygo.

Di semifinal, Krosia akan bertemu laga perempat final lainnya antara Belanda melawan Argentina yang digelar Sabtu (10/12/2022) dini hari mulai 02.00 WIB. Semifinal akan digelar pada Selasa (13/12/2022) atau Rabu dini hari mulai 02.00 WIB.

Para pemain Brasil setelah timnya kalah adu penalti melawan Kroasia pada perempat final Piala Dunia Qatar 2022 di Education City Stadium, Doha, 10 Desember 2022 WIB.

Terdapat beberapa statistik menarik dari sukses Kroasia menundukkan Brasil dan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022, yakni:

- Kroasia telah mencapai setidaknya empat besar Piala Dunia pada ketiga kesempatan mereka lolos dari babak grup (1998, 2018 dan 2022).

- Brasil telah tersingkir dari empat dari lima perempat final Piala Dunia terakhir mereka. Selain itu, Brasil tersingkir dari masing-masing dari enam pertandingan sistem gugur Piala Dunia terakhir mereka melawan negara-negara Eropa sejak kemenangan 2-0 atas Jerman di final 2002.

- Gol pembuka Neymar membuat dia menyamai rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak Brasil sepanjang masa (77). Neymar juga telah mencetak tiga gol dalam enam penampilan Piala Dunia melawan negara-negara Eropa, dengan ketiganya melawan Kroasia.

- Kroasia telah kebobolan gol pertama dalam tujuh dari sembilan pertandingan Piala Dunia terakhir mereka, dengan dua pengecualian keduanya berakhir 0-0 (melawan Maroko dan Belgia tahun ini). Namun, mereka hanya kalah satu pertandingan – 4-2 melawan Prancis di final 2018.

- Ini adalah sukses keempat kiper Kroasia, Dominik Livakovic, menahan tendangan penalti di Piala Dunia 2022 ini. Sebelumnya, dia juga tiga kali menggagalkan tendangan dari jarak 12 meter ini dalam adu penalti melawan Jepang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Livescore


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI