Logo BeritaSatu
Perempat Final Piala Dunia 2022

Kurang dari Seminggu Kiper Kroasia Dominik Livakovic Jadi Pahlawan 2 Kali

Sabtu, 10 Desember 2022 | 03:45 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kiper Kroasia Dominik Livakovic lagi-lagi menjadi pahlawan kemenangan Kroasia pada babak perempat final Piala Dunia 2022. Belum genap seminggu, kiper 27 tahun ini berhasil menggagalkan penalti dalam dua laga penentuan di babak 16 besar dan perempat final.

Setelah tampil gemilang pada adu penalti melawan Jepang di babak 16 besar, Livakovic mengulanginya saat Kroasia bertemu Brasil, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Advertisement
Kurang dari Seminggu Kiper Kroasia Dominik Livakovic Jadi Pahlawan 2 Kali
Dominik Livakovic.

Kroasia sukses menggulingkan Brasil, tim favorit juara sekaligus peringkat 1 FIFA, sehingga melenggang ke semifinal.

Jutaan pasang mata yang menyaksikan laga Kroasia vs Brasil jelas melihat kepahlawanan Livakovic saat menggagalkan tendangan penalti Rodrygo.

Namun sejatinya Livakovic sebelum itu telah berkali-kali menggagalkan tendangan para penyerang Brasil yang membombardir gawangnya di babak pertama dan kedua.

Laga perempat final yang digelar di Stadion Education City ini memainkan babak tambahan karena kedudukan seri 0-0 sampai selesainya waktu normal. Pada menit ke-105, Neymar akhirnya membawa Brasil unggul dengan gol khas Samba, kecepatan melalui operan pendek.

Tim asuhan Adenor Leonardo Bacchi alias Tite ini sepertinya akan melenggang ke semifinal karena hingga 3 menit sebelum peluit akhir dibunyikan kedudukan masih 1-0. Namun semangat juang pasukan kotak-kotak merah putih di bawah kepemimpinan Luca Modric tak menyerah.

Menit ke-117 striker Kroasia Bruno Petkovic berhasil menyamakan kedudukan sehingga pertandingan harus disudahi dengan adu penalti.

Kurang dari Seminggu Kiper Kroasia Dominik Livakovic Jadi Pahlawan 2 Kali
Penyelamatan Dominik Livakovic.

Sejak awal laga hingga waktu perpanjangan, kedua tim berimbang dalam penguasaan bola maupun operan. Meski demikian Brasil unggul jauh dalam hal serangan dan tendangan tepat sasaran.

Brasil melakukan 19 upaya membuat gol berbanding hanya 9 upaya Kroasia. Sedangkan tendangan pemain Kroasia tepat mengarah gawang lawan hanya 1. Sebaliknya, Brasil membombardir 11 tendangan meski hanya satu yang membuahkan gol.

Di sinilah kepahlawanan kiper Livakovic terlihat signifikan. Data statistik menunjukkan ia melakukan 11 penyelamatan. Jumlah ini adalah penyelamatan terbanyak dalam satu laga di Piala Dunia 2022 sejauh ini. Akurasi passing-nya mencapai 81,25%.

Kurang dari Seminggu Kiper Kroasia Dominik Livakovic Jadi Pahlawan 2 Kali
Menghadang tendangan Neymar.

Sebelumnya, Dominik Livakovic menjadi pahlawan Kroasia merebut tiket perempat final Piala Dunia 2022 dengan menggagalkan tiga penalti pemain Jepang, Senin (5/12/2022). Penjaga gawang klub Dinamo Zagreb itu mengaku senang mengikuti jejak pendahulunya, Danijel Subasic.

Subasic adalah pahlawan penalti Kroasia di Piala Dunia 2018 Rusia. Kala itu Kroasia menang adu penalti melawan tuan rumah Rusia dan Denmark.

"Itulah yang kami lakukan di Kroasia. Anda bisa melihatnya empat tahun lalu. Saya melanjutkan tradisi pendahulu saya dan saya meletakkannya pada analisis yang kami lakukan terhadap para penendang penalti," katanya.

Hingga perempat final ini, Kroasia menyamai rekor Jerman dalam hal menjadi tim dengan kemenanganan terbanyak melalui adu penalti. Jerman maupun Kroasia memenangi empat kali adu penalti di Piala Dunia. Tim lainnya adalah Argetina yang memenangi empat dari lima adu penalti.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Undian Semifinal Copa del Rey: Madrid vs Barcelona, Osasuna vs Bilbao

Hasil undian semifinal Copa del Rey 2022/2023 yang digelar Senin (30/1/2023) malam WIB mempertemukan Real Madrid dengan Barcelona.

BOLA | 31 Januari 2023

Valencia Pecat Pelatih Gennaro Gattuso

Gattuso total sudah memimpin Valencia dalam 22 pertandingan di semua kompetisi dan meraih hsil yang dibilang tidak memuaskan.

BOLA | 31 Januari 2023

Undian Putaran 5 Piala FA: MU vs West Ham, Bristol vs Man City

Satu-satunya pertemuan dua tim Liga Inggris (Premier League) di putaran kelima Piala FA terjadi antara Manchester United dan West Ham United.

BOLA | 31 Januari 2023

Menpora Tak Ingin Arema FC Bubar

Rencana Arema FC untuk membubarkan diri dilatarbelakangi kerusuhan yang terjadi di kantor Arema FC pada Minggu (29/1/2023).

BOLA | 31 Januari 2023

Timnas Indonesia Siapkan Dua Laga Persahabatan FIFA, Siapa Lawannya?

Seluruh pertandingan persahabatan FIFA Match Day Timnas Indonesia diupayakan berlangsung di Indonesia meski terbuka main di luar negeri.

BOLA | 31 Januari 2023

Everton Tunjuk Sean Dyche Jadi Pelatih Baru

Everton telah resmi menunjuk Sean Dyche sebagai pelatih baru dengan kontrak berdurasi dua setengah tahun hingga Juni 2025.

BOLA | 31 Januari 2023

Menpora Dukung Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano Berlatih di Hungaria

Menpora Zainudin Amali mendukung dua pesepak bola belia Muhammad Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano berlatih di Hungaria.

BOLA | 31 Januari 2023

Gabung Dewa United, Egy Maulana: Semoga Lebih Baik

Egy Maulana Vikri resmi diperkenalkan oleh Dewa United pada Senin (30/1/2023), setelah beberapa hari berada di Indonesia.

BOLA | 30 Januari 2023

Soal Kelanjutan Kompetisi Liga 2, Ini Kata Menpora

Menpora menegaskan sikap pemerintah terhadap pelaksanaan kompetisi di Indonesia hanya membantu memfasilitasi, bukan melakukan intervensi.

BOLA | 30 Januari 2023

Terima Kunjungan Klub dan APPI, Menpora: Liga 2 Belum Bisa Dilanjutkan

Dalam pertemuan Menpora Zainudin Amali dengan perwakilan klub Liga 2 dan APPI, adalah Liga 2 belum dapat dimulai kembali.

BOLA | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2023, Sektor Properti Masih Andalan Pertumbuhan Ekonomi

2023, Sektor Properti Masih Andalan Pertumbuhan Ekonomi

EKONOMI | 16 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE